Buat yang Ngaku Anak Gunung, 6 Jenis Sepatu Trekking Ini Wajib Banget Kamu Tahu

Mendaki adalah aktifitas menyenangkan yang pastinya selalu sukses memberikan kesan tak terlupakan bagi para penikmaatnya. Ya, mendaki kini menjadi salah satu kebutuhan yang rasanya haram bila dilewatkan. Itulah mengapa, bagi seseoang yang cinta akan pendakian, setidaknya sebulan sekali pergi ke gunung untuk mendaki. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatiakan saat kamu memutuskan untuk mendaki, salah satunya adalah masalah sepatu.

Yup, sepatu adalah hal penting yang harus kamu perhatikan saat mendaki. Kamu harus pinter-pinter memilih alas kaki yang sesuai dengan medan pendakian yang akan kamu lalui. Jangan sampai kamu salah pilih sepatu ya.

Nah, biar kamu nggak salah pilih sepatu saat pendakian, berikut ini beberapa jenis sepatu yang harus kamu pilih saat pendakian yang sesuai dengan medan dan fungsinya. Yuk simak.

1. Hiking Sendal, biasa digunakan untuk trekking pendek.

Hiking Sendal via olx.co.id

Hiking Sendal via olx.co.id

Buat kamu yang mau melakukan pendakian dengan trekking santai, menggunakan hiking sendal adalah pilihan tepat. Dengan menggunakan hiking sandal, kamu akan tidak akan cepat kelelahan, sebab beban trekkingmu jauh lebih ringan. Sandal hiking ini biasa dimanfaatkan oleh para pendaki bila melakukan pendakian jarak pendek atau juga biasa dimanfaatkan sebagai sepatu cadangan ketika berada di area perkemahan. Hanya saja, sandal hiking tidak difasilitasi penyangga engkel. Dan iitu artiny, sandal tidak mampu melindungi engkel kamu saat kamu tergelincir atau terjatuh.

Solusinya, pilihlah sandal hiking yang mempunyai strap kuat agar tak cepat rusak dan kuat juga mencengkeram kakimu.

2. Trail Running Shoes, membantu gerakmu jadi lebih gesit.

Trail Running Shoes via www.outdoorgearlab.com

Trail Running Shoes via www.outdoorgearlab.com

Trail Running Shoes merupakan sepatu lari yang memang sengaja diciptakan untuk melewati berbagai jalur pendakian. Sepatu ini sangat cocok untuk pendakian dengan jalur pendakian yang pendek atau jalur pendakian antara 1 – 5 mil.

Trail Running Shoes, jenis sepatu dengan sol sepatu yang lebih keras dan kuat. Hal tersebut bermanfaat untuk melindungi kaki dari medan pendakian yang tidak bersahabat dan kondisi cuaca yang buruk. Trail Running Shoes merupakan jenis ini yang sangat membantu kaki menjangkau tanjakan. Selain nyaman digunakan untuk mendaki, bentuknya sepatunya yang simpel sangat cocok juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

3. Hiking Shoes, memberi kenyamanan pada kakimu saat pendakian.

Hiking Shoes via besthikingshoes.net

Hiking Shoes via besthikingshoes.net

Untuk pendakian jalur landai dan medan yang tidak berat, hiking shoes ini pilihan sepatu sangat tepat.  Sepatu yang satu ini memiliki kerangka sepatu gunung yang mampu memberikan kenyamanan pada kaki saat melakukan pendakian. Beberapa jalur pendakian gunung yang cocok didaki untuk model sepatu jenis ini yaitu, Gunung  Papandayan dan gunung Prau.

Hiking shoes berbahan dasar suede, nilon dan kulit. Sepatu jenis ini tetap mampu melindungi pergelangan kaki  atau engkel kamu, meskipun bantalan kakinya tak terlalu tinggi. Model sepatu jenis Hiking Shoes ini banyak sekali ditemukan di pasaran, jadi jangan sampai kamu terkecoh. Pintar-pintarlah memilih yang asli. Ya, meskipun sepatu model seperti ini banyak ditemukan di pasaran, tapi sepatu-sepatu tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

4. Mid-Weight Boot, cocok buat jalur pendakian yang berat.

Mid-Weight Boot via www.flickr.com

Mid-Weight Boot via www.flickr.com

Buat jalur pendakian berat ataupun tidak mulus, Mid-Weight Boot ini adalah jenis sepatu yang bisa kamu pilih. Hampir semua para pendaki menggunakan sepatu gunung yang memiliki model klasik seperti ini saat melakukan jalur pendakian berat. Mid-Weight Boot adalah jenis sepatu dengan kerangka model serta sol sepatu yang kuat sehingga mampu memberikan kenyamanan pada kaki saat pendakian.

Hanya saja, mungkin pergerakan kaki agak kurang fleksibe karena bantalan sepatu yang memiliki tinggi yang nanggung. Meski demikian, jarang ada keluahan tidak nyaman dari pendaki saat melakukan pendakian dengan jalur menanjak. Selain itu, Mid-Weight Boot juga sangat cocok jika dipakai untuk pendakian yang menempuh waktu berhari-hari. Bisalah dibeli.

5. Bukan Cuma Mid-Weight Boot, sepatu gunung jenis Heavy Boot ini juga cocok buat jalur pendakian berat.

Heavy Boot via www.americanfloormats.com

Heavy Boot via www.americanfloormats.com

Kalau ditinjau secara teknis dengan bantalan kaki yang tinggi, sepatu jenis Heavy Boot memiliki kerangka model sepatu yang lebih baik dibanding sepatu gunung- sepatu gunung lainnya. Bahan sepatu gunung yang terbuat dari Gore-tex ini berguna untuk melindungi kaki dari air dan memiliki udara yang cukup  sehingga kaki tidak akan mudah lembab. Sepatu jenis ini tetap bisa memberikan kenyamanan pada kaki kamu saat melalui jalur ekstrim atau jalur yang tidak mulus.

6. Mountaineering Boot, cocok digunakan buat jalur pendakian yang dipenuhi es atau salju.

Mountaineering Boot via www.pbase.com

Mountaineering Boot via www.pbase.com

Buat kamu yang akan melakukan pendakian ke puncak gunung everest atau gunung-gunung yang dipenuhi salju atau es, Mountaineering Bootlah adalah jenis sepatu yang wajib banget kamu miliki. Sepatu yang dikombinasikan dengan Crampon memang sangat pas untuk melewati jalur yang dipenuhi es dan salju. Selain itu, karena sepatu yang satu ini juga terbuat dari bahan yang mampu melindungi kaki kamu dari suhu terendah.  Hanya saja, mountaineering Boot kurang nyaman saat melawati jalaur pendakian yang panjang epatu gunung ini diciptakan untuk mendaki gunung es namun kurang nyaman ketika berjalan di trekking yang sangat panjang atau jalaur pendakian yang menempuh waktu sampai berhari-hari. Mountaineering Bootatau s terbuat dari bahan yang melindungi kaki dari suhu terendah.

Sebelum memiilih jenis sepatu gunung sebaiknya kenali dulu fungsi dari sepatu yang akan kamu beli biar kamu nggak nyesel nantinya.  Pilihlah sepatu yang kuat, nyaman dan juga melindungi keselaamtan saat melakukan pendakian. Ya, memilih sepatu gunung itu emang kaya milih jodoh,  gampang-gampang susah. Semoga inforamsi ini bermanfaat dan bisa menambah reperensi kamu dalam memilih sepatu gunung. Silakahkan dipilih sesuai dengan fungsi dan kebutuhan kamu. Dan, selamat mendaki. Tetap hati-hati, jaga kebersihan dan utamakan keselamatan ya.

Leave a Reply