Buat Para Orangtua, Plisss, Jangan Tunjukan 5 Sikap Tidak Mendidik ini Pada Anak

Anak merupakan anugrah terindah yang diberikan oleh Allah SWT. Keberadaan anak menjadi impian semua pasangan yang sudah berkeluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua dalam membahagikan, megasuh dan mendidik anak. Apapun yang terbaik untuk anak, para orangtua rela melakukan.

Namun tak semua orangtua tahu bagaimana cara yang baik dan benar dalam mendidik anak. Ada yang mendidik dengan cara memanjakan, seperti menuruti segala keinginan si anak. Ada pula yang mendidik anak dengan cara kekerasan sehingga membuat si anak takut. Ternyata, bukan hanya cara kekerasan saja yang memunculkan ketakutan pada si anak. Ada juga hal-hal lainnya yang membuat si anak ketakutan. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Melihat Orangtua Bertengkar

Jangan lakukan ini via kawankumagz.com

Jangan lakukan ini via kawankumagz.com

Sebagai orangtua, usahakan untuk menghindari peretengkaran di depan anak. Bertengkar di depan anak adalah hal utama yang membuat si anak jadi ketakutan. Selain memunculkan ketakutan pada si anak, dampak buruk dari orangtua yang bertengkar di depan anak, yaitu; terekamnya sikap atau kata-kata kasar pada diri si anak, merusaka kesehatan mental dan psikologi, si anak menjadi tekanan batin, trauma, si anak menjadi sosok yang dingin dan kesepian Bertengkar di depan anak sungguh bukan cara mendidik yang baik dan benar.

2. Orangtua Marah

Sering bertengkar via www.republika.co.id

Sering bertengkar via www.republika.co.id

Orangtua yang marah entah disengaja atau tidak bisa berdampak buruk pada mental si anak sehingga membuat si anak menjadi tertekan, ketakutan dan terluka hatinya. Bahkan kebanyakan anak akan menangis ketika orangtua memarahinya. Tentu ini bukan metode yang baik dalam mendidik anak. Oleh karena itu, hindarilah mengeluarkan kata-kata bernaga tinggi, marah-marah, bersikap kasar terhadap anak. Sebab, hal tersebut bisa membuat si anak menjadi malas dekat dengan orangtuanya. Hal tersebut juga bisa membuat si anak menjadi sosok tertutup, pendiam dan murung.

3. Cuek

Jangan cuek via kamarbayiku.wordpress.com

Jangan cuek via kamarbayiku.wordpress.com

Bukan hanya saat marah, orangtua yang cuek juga bisa membuat si anak menjadi ketakutan. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa orangtua yang cuek terhadap anak berdampak buruk pada mental, pergaulan dan perkembangan psikologi si anak.

Sebaiknya perhatikanlah anak dengan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan tapi juga jangan terlalu cuek supaya anak tetap merasa dipedulikan. Orangtua yang terlalu cuek terhadap anak bisa membuat si anak terluka hatinya. Bahkan yang lebih mengerikan lagi, si anak bisa membenci orangtuannya sendiri.

4. Orangtua yang Tidak Jujur

Jujurlah via www.tribunnews.com

Jujurlah via www.tribunnews.com

Orangtua yang tidak jujur bisa membuat si anak takut dan tidak lagi percaya pada orangtuanya. Hal tersebut tentu saja berdampak buruk pada perkembangan psikologi si anak. Sifat anak yang buruk bisa terbentuk dari orangtua yang suka bohong atau tidak bisa memegang perkataannya. Dampak buruk lainnya dari orang tua yang tidak jujur, yaitu; si anak menjadi sosok yang tidak bertanggung jawab, bahkan menjadi pembohong mengikuti jejak orangtua. Kebiasaan tersebut bisa membuat anak-anak  kehilangan banyak teman dan juga kehilangan banyak kesempatan.

5. Tidak Sabaran saat Menjawab Pertanyaan Anak.

Sabarlah saat menjawab anak via www.tribunnews.com

Sabarlah saat menjawab anak via www.tribunnews.com

Ada sejumlah orangtua yang tidak terlalu peduli dengan pertumbuhan atau perkembangan  si anak, baik dalam perkembangan mental maupun fisik. Salah satunya adalah orangtua yang tidak asbaran saat menjawab pertanyaan anak. Sebagian dari mereka memilih untuk cuek dalam menanggapi pertanyaan si anak, hal  tersebut tentu bisa membunuh antusiasme dan keaktifan si anak.

Namun ada juga juga orangtua yang mau menjawab dengan sabar segala pertanyaan anak-anaknya. Hanya saja, kadang jawaban yang diberikan malah sekedarnya saja, bahkan salah. Padahal jawaban salah berdampak buruk pada perkembangan si anak. Sungguh ini bukanlah metode yang baik dalam mendidik anak.

Ada banyak sekali metode mendidik anak. Ya, seperti yang sudah diuraikan di atas bahwa kadang sejumlah orangtua tidak sadar bahwa apa yang dilakukan itu tanpa disadari bisa merusak perkembangan anak baik dari segi fisik maupun mental. Semoga informasi ini bermanfaat. Jadilah orangtua yang hebat..

Leave a Reply