Buat Kamu yang Belum Tahu, Ini Sisi Positif dan Negatif Dari Kebiasanmu Minum Kopi

Sebenarnya kamu tidak perlu merasa bersalah tentang berapa banyak kopi yang kamu minum, karena kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun, kopi juga memiliki beberapa kelemahan yang harus kamu tahu.

Hanya untuk mengklarifikasi: Ketika kamu memesan kopi, itu berarti ada campuran yang masuk dalam kopi –seperti susu atau gula, sehingga sangat tidak sehat. Nah, dalam artikel ini kami akan memberi beberapa kelebihan dan kekurangan kopi agar kamu bisa menakar seberapa banyak kopi yang bisa kamu minum. Yuk, cek!

Pertama, kita bahas tentang kelebihan kopi.

Kopi hitam via genesistransformation.files.wordpress.com

Kopi hitam via genesistransformation.files.wordpress.com

1. Kopi mengurangi risiko diabetes sekitar 30%.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of The American Medical Association menyimpulkan bahwa orang yang minum 4 – 6 cangkir kopi per hari memiliki peluang 30% lebih rendah terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan orang yang minum 2-3 cangkir per hari. Kamu tidak perlu khawatir tentang hal buruk karena konsumsi kafein; Studi ini menemukan bahwa baik kopi biasa atau kopi tanpa kafein memiliki efek yang sama, sehingga kamu bisa aman minum kopi tanpa kafein dan mendapatkan hasil yang sama.

2. Kopi bisa mencegah berbagai jenis kanker

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa kopi bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker hati, kanker usus, kanker otak, kanker prostat (pada pria) dan kanker endometrium (pada wanita). Ada spekulasi bahwa senyawa tertentu dalam kopi mengaktifkan protein yang memperbaiki DNA dalam sel, mencegahnya menjadi kanker.

3. Kopi bisa mencegah stroke.

Studi menunjukkan bahwa minum kopi (2 – 4 cangkir sehari) bisa mengurangi risiko terkena stroke. Namun, apakah “iya” atau “tidak” kopi baik untuk jantung masih diperdebatkan, dengan penelitian yang menunjukkan hasil yang berlawanan.

4. Kopi mencegah sirosis hati.

Studi menunjukkan bahwa minum kopi tidak hanya menurunkan risiko sirosis hati, namun juga mencegah penyakit hati lainnya. Sebuah tinjauan dari beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa minum 2 cangkir ekstra kopi sehari dapat mengurangi risiko sirosis hati sebesar 43%.

5. Kopi baik untuk otak

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa kopi melindungi otak terhadap penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer, dan meningkatkan fungsi kognitif.

6. Biji kopi sarat akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

Setiap biji kopi memiliki lebih dari 1.000 fitokimia, banyak yang merupakan antioksidan. Antioksidan melawan radikal bebas berbahaya dalam tubuh dan mencegah masalah seperti penyakit jantung, penuaan kulit, kanker dan penurunan kognitif. Namun, ini bisa berfungsi bila kopi diminum dalam jumlah yang tepat, karena minum terlalu banyak menghilangkan efek antioksidan.

7. Kopi dapat mencegah batu empedu.

Sebuah studi di Amerika yang melibatkan 46.000 pria menemukan bahwa mereka yang minum 2-3 cangkir kopi sehari selama 10 tahun memiliki risiko 40% lebih rendah untuk mengembangkan batu empedu. Para peneliti percaya bahwa kafein merangsang kandung empedu, membantu flush zat yang bisa berubah menjadi batu empedu.

8. Kopi bisa meningkatkan otot saat berolahraga.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition menemukan bahwa minum secangkir kopi hitam satu jam sebelum olahraga bisa meningkatkan kinerja otot sampai 12%. Kafein juga terkait dengan tingkat adrenalin yang lebih tinggi, dan adrenalin membuat kamu fit lebih lama.

9. Kopi meningkatkan mood dan mencegah depresi.

Kafein merangsang sistem saraf pusat dan memicu pelepasan hormon bahagia seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin, yang meningkatkan suasana hati. 2 cangkir kopi sehari telah terbukti mengurangi risiko bunuh diri sebesar 50%.

Nah, sekarang kita bahas tentang sisi negatif dari kopi.

Kelemahan kopi via homeremy.com

Kelemahan kopi via homeremy.com

1. Kopi bisa membuatmu sakit kepala.

Kopi adalah diuretik, yang berarti penyebab dehidrasi tubuh. Jika kamu sering merasakan sakit kepala setelah minum kopi, pastikan kamu memeriksakannya pada dokter.

2. Kopi bisa menyebabkan keriput.

Ini adalah efek samping lain dari dehidrasi. Kulit dilembabkan agar tetap muda dan segar, sedangkan kulit kering akan menjadi keriput.

3. Kopi dapat menyebabkan osteoporosis.

Kopi menyebabkan tubuh untuk menyingkirkan kalsium melalui urine, dan akhirnya dapat menyebabkan osteoporosis. Sebuah penelitian yang melibatkan hampir 1.000 perempuan pasca-menopause menemukan bahwa minum kopi mengakibatkan kepadatan tulang yang lebih rendah.

4. Kopi dapat memicu arthritis.

Sebuah penelitian di Finlandia terhadap 19.000 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari, dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan rheumatoid arthritis. Para peneliti percaya bahwa bahan dalam kopi, kopi tanpa filter terutama, bisa memicu penyakit.

5. Kopi meninggalkan noda di gigi.

Kopi mengandung pigmen yang masuk celah-celah di enamel (lapisan putih keras pada gigi) dan dapat menyebabkan noda kuning permanen pada gigi. Karena kopi memiliki kandungan asam yang tinggi, menyikat gigi setelah kamu meminumnya bisa mengikis enamel.

6. Kopi polos bisa berakibat buruk pada kolesterol.

Biji kopi mengandung cafestol dan kahweol, dua bahan yang meningkatkan LDL (kolesterol jahat). Nah, penyaringan kopi menghilangkan senyawa ini. Itulah mengapa lebih baik untuk mengkonsumsi kopi yang sudah disaring daripada kopi polos.

7. Kopi memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Kopi adalah minuman yang sangat asam dan bisa mengiritasi lapisan lambung. Hal ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki bisul.

8. Kopi tidak cocok untuk wanita hamil dan menyusui.

Minum kopi menggiring kafein pada janin, dan bayi dalam kandungan sangat sensitif terhadap itu. Wanita hamil disarankan untuk berhenti minum kopi atau untuk mengurangi konsumsi kopi. Ibu menyusui disarankan untuk berhenti minum kopi jika bayi mereka gelisah dan mudah marah.

Nah, gimana? Sekarang udah paham ya seberapa banyak kamu harus minum kopi. Pada dasarnya minum kopi tak ada salahnya bila tidak berlebih. Segala hal yang berlebih itu tidak baik kan?

Leave a Reply