Buat Kamu Si Super Sibuk, Berikut 6 Hal Bermanfaat Agar Tubuh Tetap Fit Selama 8 Jam!

Hidup di jaman sekarang memang dituntut untuk bekerja secara cepat. Segalanya pun harus sesuai dengan prosedur yang sudah diterapkan perusahaan. Kita yang sejatinya hanyalah manusia biasa terkadang harus mengikuti laju kerja yang diluar batas kemampuan. Tak jarang, tubuh sering drop dan berakhir di ruang ICU Rumah Sakit.

Nah, bagi kamu yang merasa demikian, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan agar tetap sehat meski harus mengerjakan pekerjaan yang menumpuk. Sangat cocok bagi kamu yang super-duper sibuk. Yuk, cek.

1. Agar tak tergoda memakannya, singkirkan semua junk food di meja kerjamu.

Singkirkan semua junk food via

Mungkin bagi kamu yang merasa sibuk dan tak sempat membeli makanan, sebaiknya jangan tergoda untuk memakan junk food. Tetaplah sehat alami dengan menkonsumsi makanan ringan yang bergizi ketika kamu mulai lapar. Beberapa pilihan yang baik termasuk yoghurt, salad, buah-buahan dan tentu saja air putih. BIla kamu ingin yang manis atau asin, buatlah telur dadar tanpa diberi garam.

2. Jika kamu lapar, cobalah terlebih dulu minum air putih dan tunggu 20 menit.

Minum air putih

Kita cenderung langsung makan saat perut mulai keroncongan. Nah, bila kamu sedang bekerja, cobalah untuk menghentikannya. Saat kamu mulai merasa lapar, minumlah segelas air dan tunggu 20 menit sebelum kamu memutuskan untuk makan besar. Nah, bila kamu masih merasa lapar, barulah makan. Ini juga berguna bagi kamu yang tak sempat membeli makanan ke luar kantor.

3. Makan makanan ringan setiap 2 – 3 jam.

Makan 2 - 3 jam

Hal terburuk yang sering dilakukan para pekerja adalah melewatkan sarapan. Bila kamu memang tak sempat sarapan, ada baiknya untuk memakan makanan alami dan sehat setiap 2 – 3 jam. Hal ini untuk menjaga tubuh tetap seimbang. Selain itu, kamu juga bisa lebih fokus saat bekerja. Meski demikian, makanan ringanmu juga harus sehat; bukan junk food.

4. Jangan duduk terlalu lama. Seskali gerakkanlah tubuhmu.

Gerakkan tubuh

Jangan biarkan pekerjaanmu mempengaruhi metabolisme tubuh. Cobalah bergerak sebanyak yang kamu bisa. Bangun dan lakukan peregangan setiap dua jam. Kamu bisa naik tangga, berjalan-jalan dan bernapas dalam-dalam. Hal ini bisa membuat otot tetap pada posisi yang seharusnya.

5. Perhatikan asupan gulamu!

Jaga asupan gula

Cobalah ganti asupan gulamu dengan pemanis almi. Bila kamu suka minum teh atau kopi, ada baiknya menambahkan pemanis alami daripada gula. Karena gula biasa mengandung lebih banyak zat penyebab diabetes dari pada pemanis alami. Agar lebih aman, gantilah jus atau sodamu dengan air kelapa.

6. Jaga grafik diet untuk melacak apa yang sudah kamu makan.

Jaga dietmu

Kamu bisa rutin mengecek berat badan atau kolesterolmu. Hal ini untuk membuatmu tetap dalam “track”. Artinya, kamu bisa lebih waspada saat memakan makanan yang diberikan oleh teman kerjamu. Selain itu, kamu juga bisa menolaknya dengan alasan yang tak akan membuatnya sakit hati.

Adalah dilema hidup di jaman sekarang. Di satu sisi kita harus bekerja giat, tapi di satu sisi kita harus menjaga kesehatan. Memang, hal ini tak bisa dihindari. Tapi bila kamu selalu menerapkan hidup sehat, segala hal buruk bisa segera kamu antisipasi. Dengan menerapkan 6 hal di atas, dijamin tubuhmu akan tetap fit meski dihimpit segudang kesibukan. Salam sukses!

Leave a Reply