Buat Kamu Guru Muda, 8 Prakarya Unik Ini Bisa Membantu Siswa Aktif di Sekolah

Guru merupakan profesi mulia yang segala kebaikannya selalu dienang. Mereka hadir bak pahlawan tanpa tanda jasa; mencerdaskan para calon penerus bangsa. Buat para guru, pasti ada banyak sekali rintangan yang menghadang, salah satunya adalah kesulitan mencari cara yang asik dan menyenangkan dalam mengajar. Saat menyampaikan materi, seorang guru tidak boleh seenaknya sendiri, dalam penyampaiannya tetap harus menganut silabus dan RPP, serta kurikulum yang berlaku.

Agar aktivitas mengajarmu makin mengasikan dan tidak membosankan, ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk membuat prakarya-prakarya unik agar para siswa tidak cepat jenuh saat belajar, apalagi kalau siswa kebanyakan anak-anak. Selain bisa menumbuhkan kreatifitas, hal tersebut juga bisa untuk mempererat hubunganmu dengan para siswa. Nah, berikut ini contoh prakarya-prakarya unik yang bisa kamu jadikan referensi saat berada di ruang kelas.

1. Tote bag serbaguna, kreasi sederhana agar siswa lebih mencintai bumi dan segala isinya.

Tote bag via thedailyseam.com

Tote bag via thedailyseam.com

Memberi pengarahan agar lebih mencintai bumi dengan cara memberi teori-teori berat atau penjelasan yang terlalu rumit dipahami soal pemanasan global (global warming), sebenarnya bukanlah ide bagus untuk diberikan kepada anak-anak. Salah satu cara terbaik agar anak-anak lebih mudah menangkap apa yang kamu arahkan tentang global warming adalah dengan cara membuat tote bag yang berbahan dasar pelastik. Selain sederhana, kamu bisa mengajak para siswamu untuk mengeksplore imajinasi-imajinasi mereka di atas tote bag tersebut, bisa dengan cara diberi gambar-gambar sesuai keinginan mereka atau bisa juga dengan cara mewarnainya. Para siswa pun akhrinya lebih mau menerima arahan-arahanmu agar lebih mencintai bumi.

2. Kegiatan sederhana “kamu ingin jadi apa?” menarik juga lho untuk coba.

Ingin jadi apa via google image

Ingin jadi apa via google image

Bicara soal cita-cita seolah tak ada habisnya, terlebih di masa anak-anak. Ya, pertanyaan “kamu ingin jadi apa?” selalu jadi aktivitas menyenangkan dan tidak boleh dilewatkan, “aku ingin jadi dokter, bu”.

Buat kamu yang berprofesi sebagai guru, pertanyaan semacam ini bisa menjadi alternatuf menarik, para siswa yang notabene-nya masih anak-anak pasti sangat senang sekali menarima pertanyaan semacam itu. Kamu juga bisa mengajak para siswa untuk menumpahkan keinginan-keinginannya dengan cara membuat karya unik, beberapa diantaranya seperti membuat poster mini yang berisi potongan kertas maupun foto-foto lucu. Bukan hanya itu, kegiatan tersebut juga melatih siswa untuk beretorika di depan umum. Dengan cara tersebut, secara tak langsung kamu juga membantu  merangsang pikiran dan kreatifitas mereka. Bisalah dicoba.

3. Jadikan cap tangan di atas kanvas sebagai hiasan untuk memperindah ruang kelas.

Cap tangan via autonetmagz.com

Cap tangan via autonetmagz.com

Kegiatan coret-coret menjadi aktivitas menyenangkan yang sangat disukai anak-anak. Tidak heran, jika kegiatan coret-coret semacam ini menjadi aktivitas yang paling dinanti-nanti. Ajaklah para siswa untuk bermain dengan warna cat yang berbeda-beda. Selain untuk merangsang indra perasanya, kamu juga bisa merangsang kreatifitas mereka di atas kanvas.

Di atas kanvas tersebut, mereka bisa menumpahkan berbagai macam gambar sesuai selera dan perasaan mereka. Selanjutnya, gambar-gambar tersebut bisa dimnafaatkan sebagai pajangan atau hiasan unik di dalam ruang kelas. Menyenangkan dan tetap bernilai edukatif, bukan?

4. Dengan jari-jari kecil, kini menghitung bukan lagi pelajaran yang mengerikan.

Menghitung via www.momndaughtersavings.com

Menghitung via www.momndaughtersavings.com

Bagi para guru, khususnya guru anak-anak, mengajari pelajaran menghitung pada anak-anak itu susah-susah gampang. Anak-anak biasanya lebih memilih bermain ketimbang belajar. Untuk menyiasatinya, ajaklah siswamu untuk turut ambil bagian dalam pembuatan prakarya jari-jari kecil tersebut. Caranya, suruh mereka untuk menggambar jari-jari mereka di atas kertas lalu mengguntingnya. Selanjutnya, tempelkan potongan tersebut di atas kertas. Gambar jari-jari kecil tersebut bisa digunakan sebagai alat untuk menghitung. Menarik bukan?

5. Manfaatkan benang wol untuk membuat string art. Siswa-siswamu pasti senang.

String art via www.kidspot.com.au

String art via www.kidspot.com.au

Agar aktifitas mengajarmu makin menyenangkan. Cobalah  ajak siswa-siswamu membuat string art dengan bahan dasar benang wol. Caranya mudah dan pastikan semua siswamu memahami cara membuatnya. Caranya diawali dengan membuat pola dari paku (pola hati, misalnya), lalu tancapkanlah di atas kayu. Setelah paku dibentuk pola hati, kaitkanlah menggunakan benang wol  ke segala penjuru sehingga terbentuklah pola hati yang unik dan lucu.

6. Manjakan siswamu dengan permainan mahkota piring plastik.

kreasi mahkota anak viawww.esqlife.com

kreasi mahkota anak viawww.esqlife.com

Anak-anak akan mudah jenuh jika terus dicekokin dengan materi-materi maupun hitung-hitungan. Untuk menyiasati hal tersebut, cobalah berikan permainan-permainan sederhana seperti permainan mahkota piring pelastik. Manjakanlah siswamu dengan macam-macam kreasi mahkota yang berbahan dasar piring pelastik. Untuk membuat mahkota piring plastik mudah sekali, sediakan piring plastik yang sudah tidak terpakai, lalu ajaklah para siswa untuk memberi gambar-gambar lucu di permukaan piring pelastik tersebut dan warnailah dengan warna-warna ceria.

7. Daripada dibuang, coba kreasikan krayon-krayon tak terpakai menjadi melted crayon.

melted crayon via www.barnaclegoose.com

melted crayon via www.barnaclegoose.com

Untuk membuat melted crayon, pertama-tama, mintalah pada siswamu untuk mengumpulkan krayon-krayon yang sudah tak terpakai. Lalu, kumpulkan krayon-krayon tersebut, potong kecil-kecil, setelah itu masukkan ke dalam cetakan. Selanjutnya, panaskan dalam microwave sebentar. Dan, jadilah melted crayon buah karya siswamu. Bentuknya yang unik dan lucu bisa diaplikasikan untuk hiasan di dalam ruang kelas.

8. Atasi kebosanan siswa dengan mengadakan pesta topeng.

Topeng anak via pinterest.com

Topeng anak via pinterest.com

Bingung mengatasi siswa yang sedang jenuh dan bosan sehingga mereka tidak mau belajar? Caranya gampang,  ajaklah melakukan aktivitas menyenangkan. Salah satunya adalah membuat topeng binatang. Biarkanlah siswamu berkreasi dengan fantasi mereka sendiri saat membuat topeng binatang. Jika pembuatan topeng sudah selasai, kamu bisa mengajak para siswamu untuk mengadakan pesta topeng dari buah karya para siswamu.

Dari semua prakarya yang sudah direkomendasikan, mana nih kira-kira yang menarik buatmu?

Leave a Reply