Bila Ketujuh Hal Ini Sudah Kamu Siapkan, Yakinlah Pertemuanmu Dengan Calon Mertua Akan Baik-baik Saja

Ya, dalam hidup kita ini tentu saja ada momen yang sangat menegangkan. Satu diantaranya adalah bertemu dengan orang tua pacar. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dilewati, terutama kalau kamu dan pasangan berada dalam hubungan yang bisa dibilang serius. Melihat hal ini, kamu pasti akan berusaha supaya terlihat baik di depan calon mertua. Meski terkadang bikin deg-deg-ser, mau tak mau kamu harus melewatinya demi kelancaran hubungan di masa mendatang.

Nah, jangan khawatir. Agar moment ketemuanmu dengan calon mertua lancar jaya, coba deh perhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Jangan asal berkunjung, carilah waktu yang tepat untuk menemui mereka.

Cari waktu yang tepat via www.vemale.com

Cari waktu yang tepat via www.vemale.com

Agar kunjungan pertama berjalan lancar, ada baiknya untuk mempertimbangkan waktu berkunjung. Saran dari kami, sesuaikanlah waktu kunjungan. Cari waktu yang tepat dan kondusif agar nanti pembicaraan tidak terganggu dan akan terlihat akrab, serta tidak terburu-buru. Jangan berkunjung saat orang tua pacarmu ada kesibukan lain. Karena pada dasarnya, sama denganmu, orang tua si pacar juga butuh persiapan untuk bertemu orang yang sukses merebut hati anaknya.

2. Percaya diri adalah modal pertama yang wajib kamu punya.

Percaya diri via newrelationship.club

Percaya diri via newrelationship.club

Tunjukkan keinginanmu untuk mengenal orang tua pacar dengan menampilkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri ini bisa ditunjukkan dengan salam pertama yang bersahabat. Jangan sampai kaku, karena akan membuatmu terlihat sombong dan tak ingin berada di rumahnya. Hal yang paling penting adalah, jangan lupa untuk segera mengenalkan diri dengan tidak bertele-tele. Jangan terlalu lama berbicara, biarkan orang tua pacar ikut menyambutmu.

3. Tanya pacarmu, adakah hal yang tak disukai orang tuanya.

Tanyakan orang tua pacarmu via seriously-maybe.com

Tanyakan orang tua pacarmu via seriously-maybe.com

Sebelum bertemu dengan orangtuanya, pastikan kamu memiliki informasi tentang mereka. Cari tahu apa saja yang mereka suka dan tidak suka. Pengetahuan ini tentu saja sangat penting agar bisa membangun percakapan, membawa diri, dan menghindari kesalahan saat kamu bertemu dengan mereka. Dengan cara jitu ini, kamu bisa lebih mudah ‘mengatur’ pembicaraan dengan mereka sehingga hal yang tak diinginkan (mati gaya) tidak terjadi.

4. Saat moment itu tiba, jangan sembarangan dalam berpakaian.

Jangan sembarangan berpakaian via www.menslifeguide.com

Jangan sembarangan berpakaian via www.menslifeguide.com

Di dunia mana pun, tidak ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang baik. Jadi pastikan kamu menunjukkan kesan baik di awal pertemuan dengan orangtua pacar. Di sini, kesan pertama itu tak melulu pada cara memberi sapaan, atau bertutur kata, tetapi cara berpakaian pun juga harus diperhatikan. Saran kami kenakan pakaian yang sopan dan tak berlebihan. Jika memakai kemeja, kancing baju bisa dikancing sampai atas. Oh ya, pastikan juga kamu tidak memakai pakaian dengan belahan rendah ya…

5. Sesekali bawa hadiah untuk orang tua pacar.

Memberi hadiah via www.lunchclick.co

Memberi hadiah via www.lunchclick.co

Membawa hadiah saat pertama kali berkunjung memang dianggap sebagai suatu wujud keramahtamahan. Langkah ini penting saat berkunjung ke rumah orang yang ingin kamu buat terkesan. Meski demikian, jangan memilih buah tangan sembarangan. Kamu harus mencari hadiah yang mereka sukai, seperti cemilan atau mungkin hal lain yang mereka butuhkan. Namun sekali lagi kami ingatkan, jangan membawa hadiah yang berlebihan atau harganya yang terlalu mahal. Ini bisa membebani mereka. Yang paling penting bagi mereka adalah mengetahui niat baikmu.

6. Jangan langsung masuk ke tema. Kamu bisa lebih dulu membuat obrolan kecil yang akan mencairkan suasana.

Santai dulu via ca.askmen.com

Santai dulu via ca.askmen.com

Sebelum memasuki pembicaraan yang lebih berat, obrolan kecil seperti suasana jalanan atau topik berita terkini sangat diperlukan guna mencairkan suasana. Jika sudah terlihat akrab, pasti akan lebih mudah bagimu untuk menjawab rangkaian pertanyaan yang menohok. Itulah mengapa, pastikan kamu juga harus memiliki obrolan sampingan yang menarik untuk membantu melalui masa-masa canggung yang tentu saja akan banyak  muncul.

7. Mental yang matang adalah hal penting yang kadang dilupakan.

Persiapan mental via www.thebridalbox.com

Persiapan mental via www.thebridalbox.com

Kamu harus mempersiapkan mental saat bertandang ke rumah orang tua pacar. Tentu saja, ini tak terlihat seperti bertamu biasa, ada agenda khusus yang sedang kamu laksanakan. Orang tua si pacar juga pasti telah mempersiapkan banyak pertanyaan untukmu. Hal ini terbilang lumah, karena mereka akan memastikan apakah kamu sesuai dan pantas untuk anak mereka atau tidak. Jadi saran kami, kamu harus sudah siap terintimidasi. Siapkan pula mentalmu bila nyatanya orang tua si pacar tak begitu antusias atau yang lebih buruk -tidak menyukaimu. Jangan khawatir, semua pasti berlalu.

Pertemuan dengan calon mertua memang menjadi hal yang paling ditakutkan tiap orang. Rasa was-was dan khawatir selalu mengalir di tiap langkah. Namun, asal semua sudah kamu rencanakan dengan matang, maka yakinlah; semua akan baik-baik saja.

Leave a Reply