Biarpun Cowok, 7 Tips Sederhana Merawat Diri Ini Boleh lah Dicoba

Bagi beberapa cewek, merawat kecantikan diri suatu keharusan.  Cewek belum bisa dikatakan jadi cewek kalau belum bisa tampil cantik. Jadi, nggak heran deh kalau ada beberapa cewek yang sangat peduli banget sama tampilannya, bahkan rela deh keluar duit banyak buat dapat tampilan yang sempurna. Soal merewat diri ini seolah menjadi kewajiban sejumlah cewek yang wajib banget  ditunaikan. Apalagi kalau udah ada kerutan-kerutan di wajah, bintik-bintik hitam, jerawat atau kulit yang belang. Akhirnya, mereka yang tidak rajin merawat diri terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Duhh..

Soal merawat diri, seharusnya sich bukan cuma kewajiban seorang cewek aja, tapi cowok juga. Meski cowok cenderung lebih cuek soal penampilan, tapi kan nggak ada salahnya kalau merawat diri, toh keuntungannya buat kaum cowok juga. Bukan cuma itu, cowok yang pinter ngerawat diri tuh punya nilai lebih di mata cewek. Jadi, buat para cowok, pliss, cobalah untuk sedikit meluangkan waktu  terapin tips-tips sederhana dan super simpel berikut ini. Dijamin deh hidupmu lebih cerah dan bahagia.

1. Berhentilah merokok! Sebab, merokok berdampak buruk pada kulit.

Berhentilah merokok via www.nursingshow.com

Berhentilah merokok via www.nursingshow.com

Kita semua pasti sudah tau bahaya rokok itu apa saja, salah satunya adalah merusak kulit. Saat kamu merokok, zat-zat yang terkandung dalam rokok (seperti ammonia dan nikotin) ada yang ikut terhisap dan masuk ke sirkulasi darah.

Nah, zat ammonia dan nikotin yang masuk ke dalam sirkulasi darah inilah yang menyebebkan munculnya plak-plak pada dinding pembuluh darah, sehingga lebar kaliber pembuluh kapiler mengecil, lalu merampas nutrisi dan oksigen pada kulit. Hal inilah yang memicu timbulnya keriput.

2. Kalau nggak sempat makan buah dan sayur, cobalah untuk mengkonsumsi pil multivitamin.

mengkonsumsi pil multivitamin via www.livestrong.com

mengkonsumsi pil multivitamin via www.livestrong.com

Mengkonsumsi vitamin adalah salah satu cara paling simpel buat kamu yang ingin tubuhnya tetep fit. Vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan maupun sayuran. Buat kamu yang terlalu sibuk, asupan vitamin juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi pil multivitamin. Nggak perlu khawatir, pil-pil multivitamin banyak kok dijual diapotik-apotik. Jadi buat para cowok, jangan lupa minum vitaminnya.

3. Nggak usah malu beli face lotion di supermarket.

face lotion via www.menshealth.com

face lotion via www.menshealth.com

Wajah cowok itu biasanya cepet banget berminyak atau berkeringat, cowok juga sering banget males ngebersihin wajah yang pada akhirnya malah timbul banyak jerawat. Sebenernya, kalau aja cowok mau sedikit meluangkan waktu untuk membersihkan wajah, hal-hal buruk tersebut nggak bakal terjadi kok. Salah satu cara membersihkan wajah adalah dengan menggunakan face lotion.

Face lotion bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit. Jadi dengan rajin membersihkan wajah,  wajahpun akan bersih berseri. Di supermarket, sudah banyak dijual produk-produk face lotion khusus laki-laki. Oh iya, sebelum membeli face lotion, pilih face lotion yang sesuai dengan jenis kulitmu terlebih dulu, karena tidak semua produk face lotion cocok dengan segala jenis kulit.

4. Biarpun cowok, sesekali bolehlah pake krim mata biar tetep sehat.

Pake krim mata via shaverfreak.com

Pake krim mata via shaverfreak.com

Mata adalah area yang paling cepat diserang keriput. Mata memerlukan perhatiann khusus, karena kulit di area mata sangat tipis dan sensitif. Salah satu merawat mata adalah dengan menggunaka krim mata (eyes cream). Krim mata bermafaat untuk  memberi nutrisi, melembabkan dan memperlambat keriput pada  mata. Walaupun cowok, nggak ada salahnya lah pake krim mata biar mata tetep sehat.

5. Selain  face lotion dan eyes cream, jangan lupa juga pake tabir surya ya. Biar kulit tubuh juga tetap sehat.

tabir surya via www.ranker.com

tabir surya via www.ranker.com

Tahukah kamu, paparan sinar ultraviolet salah satu penyebab terbesar terjadinya penuaan dini, lho. Sinar ultraviolet bisa merusak elastin fibers yaitu protein yang membbantu membuat kulit elastis. Jadi, salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit dari penuaan dini  adalah dengan menggunakan tabir surya rutin saat berpergian.

Meski menggunakan tabir surya itu sedikit merepotkan, tapi setidaknya dengan menggunakan tabir surya kulit tubuh bisa terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB. Tabir surya yang digunakan minimal yang ber-SPF 15. Buat para cowok, jangan lupa pada pake tabir surya ya. Biar kulitnya nggak putih sama ceweknya. Hehhe

6. Perhatikan pisau cukur yang akan kamu pakai untuk mencukur.

pisau cukur via fjb.kaskus.co.id

pisau cukur via fjb.kaskus.co.id

Kegiatan mencukur pasti akrab banget sama dunia cowok, mencukur jenggot misalnya. Sebelum membeli pisau cukur, coba deh dilihat dulu pisau cukur yang akan dibeli, pastikan beli pisau cukur yang masih tajam jangan yang sudah tumpul. Kalau pisau cukurnya tumpul, sebaiknya ganti dengan pisau cukur yang lebih tajam. Sebab, pisau cukur yang tumpul bisa menyebabkan benjolan atau peradangan yang bisa membuat wajah terluka.

7. Tidurlah yang cukup jangan sampai begadang.

Tidurlah yang cukup via thesheet.ng

Tidurlah yang cukup via thesheet.ng

Jika saran-saran diatas dirasa terlalu ribet dan merepotkan, ada cara yang lebih mudah dan simple untuk dilakukan, yaitu tidur yang cukup jangan begadang. Dengan tidur yang cukup, kekenyalan dan kelembapan kulit bisa terjaga secara alami.

Buat kamu yang susah tidur atau begadang, hal tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit, lapisan luar kulit bisa menjadi lemah. Padahal lapisan luar tersebut mempunyai 2 fungsi yang sangat penting; yaitu untuk melembabkan dan melindungi kulit dari kerusakan. Kulit yang kering karena kurangnya kelembapan bisa membuat kulit mengalami penuaan dini lebih cepat. Oleh karena itu, jangan suka pada begadang ya.

Tidak ada salahnya bagi para cowok untuk merawat diri, toh demi kesehatan diri juga.  Jangan malas-malas lah ya ngerawat diri. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan, selamat mencoba. Selama hidup sehat.

Leave a Reply