Biar Nggak Salah Respon, 7 Fakta Lain dari Orang Bertangan Kidal Ini Wajib Banget Kamu Tahu

Tahukah kamu kalau sebanyak 10 sampai 20 persen populasi dunia dihuni oleh orang-orang yang sering menggunakan tangan kiri atau kidal? Mereka bukan cuma menulis dengan tangan kiri, tetapi juga di hampir semua kegiatan, seperti menggunakan gawai, memasak, makan, dan memakai berbagai benda lainnya. Untuk kebanyakan orang, kebiasaan ini terbilang aneh. Tapi tentu saja, ini bukanlah penyakit yang harus kamu hindari.

Nah, agar kamu semakin mengerti kebiasaan orang-orang kidal, di bawah ini kami rangkum beberapa fakta lain dari mereka.

1. Kidal bisa diturunkan sampai ke anak-cucu.

Bisa diturunkan via time.com

Bisa diturunkan via time.com

Banyak orang beranggapan hal tersebut mempengaruhi kinerja mereka. Meski belum jelas, hampir 25 persen orang kidal diturunkan lewat faktor genetik. Sampai saat ini masih belum jelas apa penyebab pasti orang menjadi kidal, dan untuk mengatasinya pun tak bisa mengkonsumsi obat-obat tertentu. Karena ini berhubungan dengan “kebiasaan” dd dalam hidup, jadi untuk mengatasinya haruslah melakukan terapi secara teratur.

2. Kidal sangat terkait dengan kondisi ibu selama kehamilan.

Ibu hamil via www.psypost.org

Ibu hamil via www.psypost.org

Sebuah study di Inggris menjelaskan, bahwa ibu yang sedang mengandung dan mengalami stress, akan membuat anak terlahir kidal. Bukti lain pun semakin menguatkan terori tersebut. Di Swedia, sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan fakta; wanita yang mengalami stress atau depresi selama masa kehamilan cenderung melahirkan anak kidal. Selain itu, bayi dengan berat bedan rendah atau lahir dari janin yang lebih tua akan memiliki anak kidal.

3. Orang kidal memiliki resiko masalah mental.

Risiko gangguan mental via www.journeysofthezoo.com

Risiko gangguan mental via www.journeysofthezoo.com

Dari penelitian yang dilakukan Yale University pada 2013 lalu, orang dengan kebiasaan kidal memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan psikotik, seperti skizofrenia. Saat peneliti melakukan survey di sebuah Rumah Sakit Jiwa, hampir 40 persen dari mereka yang mengalami skizofrenia selalu menulis dengan tangan kiri. Bukan hanya itu, dalam studi lain, hubungan antara kidal dengan berbagai masalah mental juga nampak, seperti gangguan perhatian defisit hiperaktif dan beberapa gangguan mood.

4. Orang kidal pandai dalam bidang olahraga.

Petenis bertangan kidal via woman.thenest.com

Petenis bertangan kidal via woman.thenest.com

Orang yang cenderung menggunakan tangan kirinya memiliki keahlian dalam bidang olahraga.Hal ini diperkuat oleh Ronal Yeo, salah seorang professor dari University of Texas-Austin, yang mengatakan bahwa orang kidal selalu suka dengan aktivitas yang mengeluarkan keringat. Mereka cenderung ahli dalam berlari, melempar, dan lain sebagainya. Ronal juga menambahkan bagaimana mudahnya melatih orang-orang kidal. Dalam dunia nyata, banyak juga atlit olahraga yang bertangan kidal.

5. Orang kidal memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara.

Risiko kanker payudara via www.huffingtonpost.ca

Risiko kanker payudara via www.huffingtonpost.ca

Fakta ini memang jarang orang tahu. Kebanyakan mereka yang bertangan kidal menganggap akan hidup tanpa adanya masalah kesehatan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer pada pada 2007 silam menemukan fakta bahwa orang bertangan kidal memiliki risiko lebih tinggi terserang kanker payudara. Fasenya sendiri dimulai setelah masa menopause.

6. Orang kidal memiliki risiko alami terkena gangguan autoimun.

Autoimun viawww.dailymail.co.uk

Autoimun viawww.dailymail.co.uk

Ronal Yeo juga menambahkan, kidal bisa memicu terjadinya risiko gangguan autoimun. Meski belum dibuktikan secara logis, risiko tersebut memang bisa memicu penyakit autoinum karena adanya gen yang terganggu. Selain itu, sejumlah teori juga telah membuktikannya. Sebuah penelitan di tahun 2001 menemukan, bahwa orang kidal dua kali lebih berisiko terkena masalah usus, seperti penyakit kolitis ulserativa dan crohn daripada pengguna tangan kanan.

7. Orang dengan tangan kidal sering mengalami kesulitan tidur.

Susah tidur via io9.com

Susah tidur via io9.com

Mungkin ini juga berlaku pada pengguna tangan kanan, namun adanya periodic limb movement disorder (PLMD) dalam orang bertangan kidal membuat mereka sangat sulit tertidur. Hal ini juga berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari, dimana selalu menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan. Selain itu, banyaknya produk atau barang yang dibuat untuk orang-orang tak kidal, menjadi orang bertangan kidal lebih sulit beradaptasi.

Kidal bukanlah sebuah penyakit. Jadi kamu yang memiliki taman atau kerabat bertangan kidal, jangan selalu mencelanya ya… mereka juga sama dengan kita. Ciptaan Tuhan. Satu-satunya yang membuat kita berbeda adalah; tindaka.

Leave a Reply