Bendungan Wonorejo, Obyek Wisata Keluarga di Tulungagung yang Kece Badai

Di sebelah barat Kota Tulungagung, tepatnya di kawasan lereng Gunung Wilis, sebuah bendungan dengan kapasitas tampung air bruto sebanyak 122 juta meter kubik, dan netto sebanyak 106 juta meter kubik, berdiri dengan gagahnya. Bendungan yang di resmikan oleh Megawati Soekarno Puteri ini, menjadi bendungan terbesar di seluruh Asia Tenggara. Mungkin bagi kamu yang tinggal di daerah Blitar atau Kediri tahu bendungan apa ini. Ya, bendungan ini bernama Bendungan Wonorejo.

Sebuah tempat yang berfungsi sebagai pembangkit listrik serta penyaluran air minum ke seluruh Provinsi Jawa Timur. Tercatat kapasitas pembangkit listrik pada Bendungan Wonorejo sebesar 7 mVA, dan kapasitas turbin mencapai 6,5 mW. Dikelola secara langsung oleh Perum Jasa Tirta I Pemkab Tulungagung. Selain memiliki fungsi penting bagi masyarakat Jawa Timur, Bendungan Wonorejo juga merupakan sebuah obyek wisata keluarga yang harus kamu kunjungi. Obyek wisata ini memang tak seindah tempat wisata lain di Jawa Timur, namun Bendungan Wonorejo menyimpan nuansa alam dengan keindahan panorama laut yang tersembunyi.

Bagaimana Awal Berdirinya Bendungan Wonorejo?

Foto Bendungan Wonorejo via www.youtube.com

Foto Bendungan Wonorejo via www.youtube.com

Proses pembangunan Bendungan Wonorejo memakan waktu yang tak sedikit. Di mulai pada tahun 1992 dan baru diresmikan pada tahun 2004. Dalam pembangunnya yang memakan waktu sembilan tahun itu, membuat Bendungan Wonorejo menjadi saksi sejarah tentang pergolakan yang terjadi pada masa reformasi ke masa demokrasi. Tercatat 995 keluarga yang bermukim di daerah tersebut di pindahkan ke tempat yang lebih tinggi. Ide awal pembangunan Bendungan Wonorejo bermula dari seringnya Tulungagung terkena banjir, selain itu karena kuranganya sistem irigasi pengarian pada sawah-sawah milik masyarakat Tulungagung, maka di bangunlah sebuah bendungan besar yang bisa mengaliri seluruh persawahan di Tulungagung seluas 1.200 hektar.

Apa yang istimewa di Bedungan Wonorejo?

yang istimewa di Bedungan Wonorejo via www.maringetrip.com

Yang Istimewa di Bedungan Wonorejo via www.maringetrip.com

Obyek wisata ini sangat cocok di kunjungi saat sore hari. Kamu bisa melihat pesona turunnya matahari di sebelah barat dengan di temani angin sore yang sejuk. Letak pusat pengendalian bendungan ini berada kira-kira 1 KM dari daratan, dan untuk mencapainya disediakan jembatan yang sebenarnya itu adalah penahan air yang akan masuk ke Kota Tulungagung. Kamu bisa melintasinya dengan berjalan kaki atau berkendera, sebab ukuruan jembatannya cukup luas. Sebelum sampai, di sepanjang perjalanan, kamu akan di suguhkan pemandangan pohon-pohon pinus yang rindang, serta bunyi serangga yang saling sahut menyahut seolah sedang menyambut kedatanganmu. Sesampainya di area parkir, secara langsung kamu juga akan melihat sebuah bukit yang berdiri kokoh bertuliskan: “Bendungan Wonorejo”. Hal ini akan mengingatkanmu pada sebuah bukit  bernama Hollywood. Dimana konsep gaya penempatan tulisannya hampir sama.

Dari area parkir, untuk menuju pusat pengedalian bendungan, sebaikanya berjalan kaki saja. Sebab kamu akan merasakan “tamparan” angin yang cukup kencang di sepanjang jembatan. Saat sampai di ujung, kamu bisa melihat-lihat bagaimana proses pengendalian air di bendungan ini. Selain itu, juga bisa istirahat sejenak di resort yang telah di sedikan dari pihak pengelola. Terdapat pula area kolam renang, sebuah taman bermain, serta penginapan jika kamu ingin menginap.

Apa Saja Fasilitas di Bendungan Wonorejo?

tiket masuk via sahabat11traveller.blogspot.com

Fasilitas Bendungan Wonorejo via sahabat11traveller.blogspot.com

Untuk ukuran sebuah obyek wisata keluarga, Bendungan Wonorejo memiliki fasilitas yang cukup memadai. Selain area bermain, terdapat pula area camping ground, area pemancingan, wahana speed boat atau banana boat, restoran, outwardbond. tempat pementasan seni pertunjukan, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana Akses Menuju Bendungan Wonorejo?

Akses Menuju Bendungan Wonorejo via heppyhappy.blogspot.com

Akses Menuju Bendungan Wonorejo via heppyhappy.blogspot.com

Akses untuk menuju Bendungan Wonorejo tidak terlalu sulit. Kamu bisa mengaskesnya dengan kendaraan pribadi baik itu motor atau pun mobil. Malah, di sepanjang perjalanan, kamu akan di manjakan dengan keteduhan pohon-pohon yang menutupi kawasan Bendungan Wonorejo. Jika berangkat dari Kota Blitar, kamu bisa gunakan jalur ke arah Ngantru, Ngujang, lalu akan sampai di Perempatan RS lama Tulungagung, kemudian belok ke arah barat, lurus terus, sampailah di Bendungan Wonorejo. Jika dari arah Kediri lebih dekat lewat jalur selatan. Kamu akan masuk jalur menuju Kalangbret, Mojosari terus naik kearah perbukitan, dan melewati pemandian Srabah. Untuk tiket masuknya kamu akan dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah saja per orang. Untuk biaya parkir, 2.000 rupah per kendaraan. Bagaimana? Murah bukan? Yuk ke Bendungan Wonorejo!

Leave a Reply