Bagi Suami Isteri: Bersendau Gurau Sebelum Bercinta, Allah SWT Akan Menghadiahkan Pahala Padanya

Menikah adalah kewajiban setiap muslim laki-laki dan perempuan dihadapan bapak penghulu, ayah, dan beberapa orang lainnya yang berperan sebagai saksi. Menikah bisa melindungi insan yang tengah kasmaran dari zina yang begitu dimurkai Allah SWT. Menikah bukan hanya menyatukan dua hati antara laki-laki dan perempuan, tapi juga ada hal-hal pentingnya yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah adab sebelum bercinta.

Bagi pasangan yang sudah berkeluarga, memenuhi kebutuhan biologis menjadi hal penting. Dalam hal demikian, islam pun sudah mengaturnya dengan sedemikian rupa. Mulai dari tata caranya, waktu yang disunnahkan dan beberapa hal kecil lainnya yang harus dilakukan sebelum berhubungan intim.

Salah satunya hal yang dianjurkan sebelum berhubungan intim bagi pasangan yang sudah menikah sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW yaitu bersenda gurau. Ya, bagi mereka yang sudah menikah, dianjurkan bersenda gurau dulu sebelum berhubungan intim. Menurut Rasulullah, aktivitas yang demkian ini bisa menambah rasa cinta, kasih sayang dan keakraban diantara keduanya.

Bersenda gurau sebelum bercinta bagi pasangan yang sudah menikah bukan hanya melindungi dari bisa menambah rasa cinta, tapi juga mendapatkan pahala yang berlimpah. Bukan hanya itu, bahkan Rasulullah SAW mengatakan bahwa aktifitas ini  mampu meleburkan dosa diantara keduanya. Subhanallah.

sebelum bercinta via www.dailymoslem.com

sebelum bercinta via www.dailymoslem.com

Banyak pahala yang didapatkan dengan bersenda gurau terlebih dahulu sebelum bercinta. Apa saja pahalanya? Berikut ini jawabannya.

Dalam syariat Islam, aktivitas bercinta bagi pasangan yang sudah menikah bernilai ibadah yang mendatangakan pahala.  Bukan hanya aktivitas bercintaya saja, tapi aktivitas bersenda guraunya juga sudah dinilai ibadah. Rasulullah bersabda melalui sebuah hadist yang diriwayatkan Ibnul Qayyim,

“Sebaiknya sebelum bersetubuh hendaknya diajak bersenda-gurau dan menciumnya,sebagaimana Rasulullah saw melakukannya.”

Dijelaskan juga dalam riwayat lain bahwa pasangan yang sudah menikah dilarang melakukan hubungan intim (berjima’) tanpa didahuli dengan bersenda gurau atau perbincangan-perbincangan kecil yang akan mencambah keromantisan, bahkan Rasulullah menganjurkan juga untuk shalat sunah terlebih dulu.

Rasulullah bersabda:

“Janganlah sekali-kali ada seorang di antara kalian yang bersenggama dengan istrinya sebagaimana yang dilakukan oleh hewan. sebaiknya, di antara keduanya menggunakan suatu perantara.”

Maksud dari “perantara” yang disebutkan dalam hadist di atas adalah bersenda gurau. Rasulullah mengatakan bahwa senda gurau yang dimaksudkan yaitu seperti berbincang-bincang, bermesraan, mencium istri, saling menyentuh penuh kelembutan dan perkatan-perkataan yang indah didengar. Senda gurau tersebut dijelaskan juga dalam sebuah riwayat hadist berikut ini, Rasulullah bersabda.

“Apa yang dimaksud dengan perantara itu?” Nabi menjawab, “Yaitu mencium, dan berbicara dengan bahasa yang indah-indah.”

Subhanallah, begitu banyak pahala yang didapatkan dari aktivitas bersenda gurau tersebut, mulai dari melebur dosa keduanya sampai dengan mengangkat derajat keduanya. Rasulullah bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Aisyah:

 “Barangsiapa yang memegang tangan istri dan kemudian merayunya, maka Allah swt akan menulis baginya satu kebaikan dan melebur satu kejelekan serta mengangkat satu derajat baginya. Apabila merangkulnya, maka Allah akan menulis baginya sepuluh kebaikan dan akan melebur sepuluh kejelekan serta mengangkat sepuluh derajat baginya. Apabila menciumnya maka Allah akan menulis baginya dua puluh kebaikan dan meleburnya dua puluh kejelekan serta mengangkat dua puluh derajat baginya. Kemudian apabila bersenggama besertanya, maka hal itu lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”

Buat pasangan yang sudah siap menikah segeralah menikah, jangan sampai hubungan kalian malah jadi zina dan menambah dosa. Berkah bagi orang yang sudah menikah begitu luar biasa, pahala bagi orang yang sudah menikah begitu melimpah. Kegiatan yang dilakukan oleh orang yang sudah menikah selalu dinilai ibadah oleh Allah SWT. Subhanallah.

Leave a Reply