Aplikasikan 5 Tanaman Ini. Khasiatnya Dalam Meredakan Batuk Sudah Tidak Diragukan Lagi

Batuk merupakan gangguan yang terjadi pada saluran pernafasan dan merupakan suatu gejala penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan. Penanganan masing-masing orang pada batuk pun macam-macam, diantaranya mengkonsumsi obat, makan makanan tertentu, ke dokter, dan lain-lain.

Kita sering kali dihadapakan pada presepsi yang salah mengenai penyakit dan gejala penyakit, seperti saat kita terkena batuk. Dijelaskan dalam sebuah penelitian, ternyata batuk bukanlah penyakit melainkan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernafasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan.

Penyebab batuk diantaranya karena adanya lendir, makanan, debu, asap atau apapun yang menggangu reseptor batuk, yakni hidung, saluran pernafasan, bahkan telinga. Reseptor akan mengalirkannya lewat syaraf ke pusat batuk di otak. Dari pusat syaraf inilah sinyal dikirimkan pada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi sehinga terjadi batuk.

untuk mengehentikan batuk, kita sering kali langsung menentukan pilihan dengan membeli obat di apotek atau toko obat. Padahal ada beberapa cara untuk mengehentikan batuk sebelum gejala tersebut menjadi penayakit, salah satunya dengan penanganan dengan cara herbal. Dari beberapa penelitian, ditemukan bahwa banyak tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk baik itu penemuan secara tradisional maupun hasil penelitian ilmiah.

Nah, berikut ini adalah tips-tips sederhana yang bisa kamu aplikasikan untuk mengatasi batuk. Penasaran apa saja? Yuk simak baik-baik ulsannya.

1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis via ruqyahmojokerto.blogspot.com

Jeruk Nipis via ruqyahmojokerto.blogspot.com

Karena mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk nipis efektif untuk obat batuk. Kandungan asam nitrat yang terdapat dalam jeruk nipislah yang menjadikannya bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah batuk. Selain itu, kandungan asam nitrat dapat memberikan daya tubuh lebih jika mengkonsumsi jeruk nipis.

Tak hanya kaya akan vitamin C dan asam nitrat, jeruk nipis juga kaya akan kandungan flavonoid. dalam kandungan buahnya yang masak, terdapat banyak kandungan yang bermanfaat sekali untuk kesehatan, seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A & B1. Dari resep tradisional salah satu yang bisa kita lakukan dalam memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat batuk adalah dengan memeras airnya dan mencampurkannya dengan kecap lalu diminum.

2. Jahe

Jahe via www.rtpr.com

Jahe via www.rtpr.com

Mengatasi batuk dengan jahe dihubungkan dengan aktifitasnya sebagai imunomodulator. Rasa pedas yang dominan dari jahe yang efektif mencegah dan mengobati batuk berasal dari senyawa keton bernama zingeron. Jahe juga mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Manfaat pertama untuk memecehan protein dan kedua untuk memecah lemak. Keduanya membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.

Di beberapa negara termasuk Indonesia, mengkonsumsi olahan jahe merupakan salah satu cara untuk mencegah batuk. Di masyarakat barat, minuman yang berbahan dasar jahe merupakan produk yang digemar jika ingin merasakan khasiat jahe. Sementara di Jepang dan beberapa negara Asia lainnya menggunakan asinan jahe dan sirup jahe karena dianggap sangat ampuh menangkal batuk.

Di Indonesia, kita bisa mendapatkan olahan jahe sebagai penangkal batuk dalam bentuk minuman tradisional, seperti sekoteng, bandrek, dan wedang jahe. Namun jika sudah terserang batuk, kamu bisa mengolah jahe tersebut dengan cara tradisional sepereti yang sudah diwariskan oleh orangtua kita dahulu. Jika ruas jahe yang sudah dikupas dan dibersihkan kita bakar lalu diseduh air panas dan ditambahkan gula batu secukupnya. minumah saat air jahe masih hangat dan lakukan setiap pagi dan sore hingga batukkamu sembuh.

3. Kencur

Kencur via www.vemale.com

Kencur via www.vemale.com

Manfaat utama kencur adalah melancarkan saluran pernafasan. tanaman ini mengandung minyak aksiri dan alkaloid yang bisa bermanfaat sebagai stimulant. Secara turun temurun di Indonesia, kencur dipakai orang untuk menambah nafsu makan. Olahan tradisional dalam bentuk jamu juga sangat populer karena . termasuk penyegar bagi tubuh. Seperti halnya jahe, aroma dari kencur mencegah terjadinya batuk dan juga bisa digunakan sebagai obat ketika batuk sudah menyerang. Selain dibuat dalam olahan obat atau minuman, kencur bisa dipakai sebagai aroma terapi untuk relaksasi.

4. Daun Mint

Daun Mint via bonnieplants.com

Daun Mint via bonnieplants.com

Minyak aksiri yang terkandung dalam daun ini menstimulasi saluran pernafasan, meningkatkan atau mengencerkan sekresi lendir, memberikan rasa dingin, serta menurunkan permukaan paru-paru, sehingga bisa membantu memperbaiki aliran udara yang masuk.

Selan digunakan mengatasi batuk, dalam pengobatan herbal, daun mint biasanya digunakan untuk megobati sakit perut dan gangguan pencernaan. kandungan mint yang ada di dalamnya membantu meredakan syndrome usus.

Disebagian negara yang memiliki musim panas, daun mint bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman untuk menurunkan suhu tubuh. dalam kehidupan sehar-hari, dengan mengkonsumsi daun mint sebanyak 4 hingga 5 lembar bisa menyegarkan nafas juga memperbaiki sistem pencernaan.

5. Akar Manis

Akar Manis via pusakapusaka.com

Akar Manis via pusakapusaka.com

Yang terkahir tanaman yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati batuk adalah akar manis. Saat ini tanaman yang paling sering digunakan sebagai bahan obat batuk adalah akar manis. akar manis ini dijadikan oabt batuk hitam karena mengandung kandungan yang bisa mengobati batuk. Untuk mendapatkan eksrak akar manis dapat dilakukan dengan cara merebus tanamannya dan menguapkan airnya. Di negara-negara barat, pemanfaatan akar manis ini sampai menjadi sebuah permen karena kandungan likoricenya. Bahkan kini semakin berkembang dengan dibuatkannya minumannya ringan dari akar manis.

namun selain memiliki keuntungan dalam membantu penyembuhan batuk, akar manis juga memiliki dampak kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. kandungan senyawa organik aktif pada akar manis dapat menghambat enzim dan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan terutama dalam pencegahan dan pengobatan batuk. kegunaan tanaman tersebut semakin mempertegas bahwa alam sangat bermanfaat bagi manusia.

Leave a Reply