Apa Itu Penyakit Wahn? Apa Penyebabnya? Adakah Obatnya? Yuk Simak Ulasannya

Tahukah kamu apa itu penyakit wahn? Mungkin tak banyak orang yang tahu  wahn adalah satu penyakit yang dapat menjangkit manusia diakhir jaman. Bahkan diketahui bahwa bahaya wahn jauh lebih dasyat dibanding penyakit Aids, karena penyakit wahn ini akan mematikan hati dan dan ruh manusia sehingga menyebabkan penderitaan panjang di dunia terlebih lagi di akhirat.

Istilah wahn diungkapkan oleh Rasulullah SAW. tatkala menjelaskan kondisi umat manusia dimasa yang akan datang. Penyakit wahn ini juga menjadi penyebab utama segala keburukan dan keterpurukan umat islam sehingga mereka menjadi bulan-bulanan musuh-musuh islam. Lebih tragis lagi, Rasulullah SAW mengibaratkan umat muslim laksana makanan yang direbutkan orang-orang rakus yang kelaparan. Sebuah hadist meriwayatkan:

 “Hampir saja para umat (yang kafir dan sesat) mengerumuni kalian dari berbagai penjuru, sebagaimana mereka berkumpul menghadapi makanan dalam piring. Kemduian seseorang bertanya,‘katakanlah wahai Rasululluah, apakah kamu pada saat itu sedikti?’ Rasulullah menjawab, bahkan kalian saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dalam hati kalian Wahn. Kemudian seseorang bertanya, ‘apa itu wahn?’ Rasulullah menjawab, ‘cinta dunia dan takut mati’.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad).

Berdasarkan hadits tersebut, wahn yaitu cinta dunia dan takut mati, dan berposisi sebagai hukuman atau dampak. Namun bisa juga berposisi sebagai hal atau kondisi kaum muslimin pada saat itu.

Apa penyebab muncul penyakit Wahn? Apa Akibatnya?

Arti Wahn via www.dream.co.id

Arti Wahn via www.dream.co.id

Penyakit wahn muncul karena meraskuknya cinta kepada dunia pada hati manusia, contohnya seperti cinta berlebih kepada harta, benda, tahta, pasangan dan lain sebagainya. Cinta dunia juga berarti sangat tinggi obsesi terhadapnya, hati bergantung kepadanya, terlalu jauh mengagumi keindahan dan kemewahannya, berjalan di belakangnya, sangat rakus terhadapnya, angan-angan dan cita-cita terpusat padanya, puncak harapan ada padannya, merasa kekal di dunia, dan terus menumpuk harta kekayaannya.

Dan dampak atau akibatnya yaitu seseorang akan sibuk mengumpulkan harta dengan menempuh segala cara tanpa peduli halal atau haramnya, kikir, bahkhil, rakus, meninggalkan jihad, dan lain sebagainya. Sedangkan takut mati adalah konsekuensi bagi orang yang cinta dunia. Ya, seseorang yang sangat cinta dunia pasti ia takut menghadapi kematian yang akan menghilangkan kenikmatan-kenikmatan yang akan diimpikannya. Takut mati juga menjadikan seseorang berusaha mendapatkan kemakmuran hidup dengan segala cara, menghindari ketaatan yang beresiko kematian atau berkurang kekayaan, tidak pernah bersiap-siap untuk menghadapi kematian, tidak menyiapkan bekal kematian, tidak menyiapkan bekal kebaikan untuk kehidupan setelah kematian, teralalu larut menikamti dunia dan berusaha memuaskan syahwatnya.

Padahal mencintai dunia sama sekali tidak dibolehkan dalam ajaran islam. Bahkan hal ini merupakan musuh islam yang tergolong utama, karena paham ini merupakan warisan dari iblis yang kehadiran dan keberadaanya hanya untuk menggoda agar manusia rusak, sehingga akhirnya kelak jadi penghuni neraka bersama iblis. Naudzubillah min dzalik.

Apa Obat Penyakit Wahn?

Penyakit Wahn via yufid.tv

Penyakit Wahn via yufid.tv

Penyakit Wahn ini bisa diatasi dengan jalan bertaubat kepada Allah SWT. Dan kembali kepada tuntunan ajaran islam. Jika kita merasa penyakit ini telah menghinggapi diri, maka hendaklah melakukan langkah-langkah seperti berikut ini:

1. Meningkatkan keimanan

Meningkatkan keimanan pada Allah dan Hari Akhir sampai pada derajat yakin, Allah SWT berfirman:

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.”(QS. Al Hadid:20)

Ya, kita harus ingat bahwa sebagai manusia, kita hidup di dunia ini hanya sementara, dan kehidupan yang abadi hanya di akhirat kelak. Maka jangan sampai kita melupakan kehidupan setelah kematian yang akan kita jalani.

2. Memahami aqidah islam

Obat penyakit wahn selanjutnya adalah memahami aqidah islam yang benar. Dengan demikian, maka rasa syukur akan semakin meningkat. Dan tawadhu atau rendah hatilah, karena hal itu akan menjadi benteng dan sekaligus penghias diri. Selain memahami aqidah islam, kita juga harus menghayati konsep islam terhadap konsep kebahagiaan dunia dan akhirat. Karena sesungguhnya islam tidak mengharamkan dunia dan perhiasannya, akan tetapi menjadikannya sebagai alat untuk mencapai kehidupan dan kebahagian di akhirat.

Allah SWT. Berfirman:

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl: 96)

Yang terakhir adalah dengan cara berjihad di jalan Allah dengan segenap kemampuan yang ada. Karena orang yang berjihad telah menempuh suatu perniagaan yang tidak pernah rugi dengan Allah dan menjadi bukti ketudukan kepadaNya, serta pengorbanan untukNya. Maka, tepat sekali jika Allah menjamin hidayah bagi orang yang benar dalam jihadnya.

Allah SWT. Berfirman:

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Furqaan: 52)

Manusia pada dasaranya memang memiliki keinginan untuk menjadi orang yang kaya, mendapat gelar dan pangkat tinggi, pengaruh yang besar, usaha yang sukses dan berkembang, serta ragam pesona dunia lainnya. Namun, ada sebagian orang yang demi mencapai keinginannya rela menyalahi aturan-aturan Allah. Maka, inilah yang disebut cinta dunia seperti penyakit wahn ini. Maka, perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT agar diselamatkan dari fitnah dunia. Karena sungguh hanya kepada Allah kita berlindung dari segala sesuatu.

Leave a Reply