Apa Benar Hewan Bisa Melihat Keberadaan Makhluk Lain? Bagaimana Menurut Pandangan Islam?

Pernahkah kamu mendengar binatang seperti ayam jantan yang tiba-tiba berkokok, anjing yang tiba-tiba mengonggong atau bahkan keledai meringkik? Tahukah kamu apa yang sebenarnya terjadi pada binatang tersebut? Ya, itulah saat binatang-binatang tersebut melihat makhluk lain yang tidak dapat dilihat manusia seperti malaikat, jin dan setan. Manusia bukan satu-satunya makhluk yang diciptakan Allah SWT yang juga tinggal dan berada di dunia ini.  namun, setiap makhluk yang tidak dapat dilihat oleh manusia memiliki dunianya sendiri. Seperti alam jin adalah alam yang berdiri sendiri, iya terpisah dan berbeda dengan alam manusia. Namun keduanya hidup dalam dunia yang sama, keduanya pun memiliki kesamaan yaitu memiliki kewajiban untuk beribadah kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepda-Ku.”(QS. Asz-Dzariyat:56)

Secara bahasa, jin artinya tersembunyi, terhalang, atau tertutup. Dan manusia tidak diberikan kemampuan untuk dapat melihat makhluk ini secara langsung. Namun bagaimana dengan hewan? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa keledai dan anjing itu dapat melihat hingga di bawah sinar infra merah. Sedangkan setan sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Dengan kata lain, setan masuk dalam lingkup infra merah, karena itulah anjing dan keledai dapat melihat setan tapi tidak bisa melihat malaikat.

Dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah bersabda:

Apabila kalian mendengar anjing mengonggong dan himar (keledai) meringik, maka berlindunglah kepada Allah karena sesungguhnya mereka melihat sesuatu yang kalian tidak dapat melihatnya. “ (HR. Abu Daud)

Dan tahukah kamu saat hewan-hewan tersebut melihat sesuatu yang kasat mata, hewan-hewan itu akan bertingkah aneh, keledai dan anjing akan ketakutan melihat setan karena mereka juga memiliki insting yang luar biasa peka terhadap bahaya. Anjing biasanya akan mengonggong atau melolong, sedangkan keledai akan mengeluarkan pekikannya yang keras. Mungkin juga suara-suara itu dimaksudkan untuk memeringati pemiliknya akan kehadiran setan yang mungkin membahayakan. Atau bentuk dari ketakutan hewan yang sedang melihat kehadiran jin atau setan disekitarnta, karena sesungguhnya jin dan setan memilki bentuk yang sangat jelek.

Hewan Bisa Melihat Keberadaan Makhluk Lain via yadibagayo.blogspot.com

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya dia (pohon zaqum) adalah sebatang pohon yang kelaur dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala setan-setan.” (QS Ash Shaaffaat: 61-65)

Adapun ayam jantan memiliki kelebihan pengelihatan yang berbeda dari anjing dan keledai. Ayam jantan mampu melihat sinar ultra violet yang terpancar, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya dan sinafr ultra violet termasuk ke dalam cahaya. Oleh karena itulah kehadiran malaikat dapat dirasakan dan dilihat oleh seekor ayam jantan. Dari Abu hurairah, Rasulullah SWT bersabda:

Pernahkan kalian mendengar ayam jantan berkokok, maka mintalah karunia dari Allah, karena sesungguhnya ayam itu melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringikikan keledai berlindunglah kepada Allah dari godaan dan tipu daya setan karena keledai itu telah meihat setan.” (HR. Bukhori Muslim)

Seekor ayam memiliki kerucut retina tambahan jika dibandingkan dengan manusia yang memungkinkan unggas ini untuk melihat warna tambahan seperti sinar ultra violet. Hal ini yang dapat menambah kemampuan untuk melihat keseluruhan warna diseluruh bidang visualnya. Dan tahukan kamu, hewan seperti ayam jantan akan bersikap gembira ketika melihat datangnya malaikat dengan mengepakan kedau sayapnya dan berkokok dengan merdunya. Karena berbeda dengan jin, Allah menciptakan malaikat dengan bentuk yang baik dan indah.

Allah berfirman:

“Segala pui bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengusurs berbagai macam uruasan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat.. Allah menambahkan pada ciptaan-nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas  segala sesuatu.” (QS. Fathir:1)

Jadi, ketika kita mendengar kokokan ayam jantan pada tengah malam atau dini hari ada baiknya kita segera bangun dan berwudhu untuk melakukan ibadah shoalt tahajud. Di dalam sebuah hadist diriwayatkan: “Aku pernah bertanya kepada Aisyah tentang sholat-sholat Nabi SAW di wakktu malam. Lalu ia menjawab: ‘Apabila mendengar kokok ayam jantan, beliau bangun, lalu sholat.” (HR. Ahmad)

Masyaallah, betapa Allah SWT menciptakan makhlu-Nya untuk saling mengingatkan dalam menyembah dan beribadah hanya kepda Allah Sang Pemilik Semesta. Dan saat pagi hari ketika matahari mulai terbit seringkali terdengar juga ayam jantan berkokok, hal ini bukan hanya terjadi karena pancaran sinar matahari tetapi juga kerana melihat cayaha yang terpancar dari para malaikat Allah yang sedang sibuk membagikan rezeqi dari Allah SWT untuk semua makhluk-Nya setiap hari.

Dan tahukah kamu, meski manusia tidak bisa melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka Malaikat pun dapat dilihat manusia. Hal ini pernah terjadi, seperti dikisahkan dalam Al quran ketika nabi Ibrahim dan nabi Lut dikunjungi oleh tiga malaikat yang hendak menyampaikan kabar kepada mereka. Allah SWT berfirman:

“Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan, ‘selamat’. Ibrahim menjawab, selamatlah’,.. Maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daginh anak sapi yang dipanggang. Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut kepada mereka. Malaikat itu berkata, ‘jangana kamu takut, sesungguhnya kamu adalah (malaikat-malaikat yang diutus kepada kaum Luth.” (QS. Hud : 69 dan 70)

Itulah kekausaan tak terbatas Allah SWT dan makhluk ciptaannya. Semoga kelebihan-kelebihan berbeda yang Allah berikan kepada makhluknya dapat menjadi pembelajaran kita semua untuk senantiasa mengingat dan beribadah hanya kepda Allah Sang Maha Pencipta.

 

Leave a Reply