Air Terjun Parang Ijo: Destinasi Wisata di Lereng Gunung Lawu yang Oke Punya

Obyek Wisata Air Terjun Parang Ijo berlokasi di lereng Gunung Lawu dan memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Air terjun ini memiliki jarak tempuh sekitar 20 menit dari kawasan wisata Candi Cetho. Air Terjun Parang Ijo sangat cocok dijadikan tempat refresing destinasi liburanmu yang setiap harinya kerap bergelut dengan kesibukan aktivitas kerja. Udara di sini sangat segar dan menyejukan, memberi sensasi ketenangan dan kedamaian. Air terjun Parang Ijo memiliki ketinggian sekitar 60 m yang terletak di ketinggian 1000 m dari permukaan laut dengan suhu mencapai 5 – 10 derajat celcius.

Sebelum ke Parang Ijo, Gimana Kalau Kita Kenali Sejarahnya Dulu?

Indahnya Parang Ijo via www.klikhotel.com

Indahnya Parang Ijo via www.klikhotel.com

Awalnya, Parang Ijo merupakan sebuah dusun yang di dalamnya terdapat pohon tua yang begitu besar dan dipenuhi dengan dedaunan hijau. Pohon tersebut dianggap keramat karena sulit ditebang. Hanya saja, keberadaan pohon tersebut tidak bertahan lama, dan tumbang terbawa arus  banjir besar (dikenal dengan nama Baru Klinting oleh masyarakat sekitar) menyerbu kawasan dusun. Namun pohon tersebut kembali berdiri kokoh dan mendiami tempat baru, yaitu diantara tebing (parang), hingga menciptakan aliran air yang meluncur dari atas tebing menuju lembah melalui batang-batangnya. Aliran air yang mengalir secara terus menerus menjadikan pohon semakin menghijau dan ditumbuhi lelumutan. Banjir Baru Klinting kembali melanda di tahun 1982 dan menerjang pohon diantara parang. Musnahnya pohon besar itu mengakibatkan aliran air yang mulanya melewati bebatangan pohon kini terjun langsung ke bawah tanpa perantara apapun, sampai akhirnya membentuk air terjun yang kini dikenal dengan nama Parang Ijo. Parang ijo yang berarti ‘Parang’ berwarna hijau diantara 2 tebing.

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Parang Ijo.

Fasilitas Parang Ijo via domaranitour.co.id

Fasilitas Parang Ijo via domaranitour.co.id

Di kawasan Air Terjun Parang Ijo, terdapat berbagai macam fasilitas, seperti: Flying Fox, dengan tarif Rp 20.000,-/orang, Gardu Pandang, toilet, tempat sholat, dan sarana bermain untuk anak-anak. Selain itu, juga disediakan kolam renang dangkal dan memang dikhususkan untuk anak-anak. Tarif kolam renang ini adalah Rp 4.000 saja per anak. Dikarenakan tidak adanya hotel kelas mewah, bila kamu ingin menginap, cobalah menelusuri sepanjang jalan di kawasan Parang Ijo. Ada banyak rumah warga yang memberikan fasilitas kamar untuk dijadikan tempat menginap dengan tarif yang cukup terjangkau.

Sajian Kuliner di Air Terjun Parang Ijo.

Kuliner Parang Ijo via risdiken900.blogspot.com

Kuliner Parang Ijo via risdiken900.blogspot.com

Banyak penjual makanan di kawasan ini walau menu yang di sajikan terkesan biasa, seperti mie goreng, nasi goreng, snack, minuman kemasan, dan lain sebagainya. Ya, setidaknya bisa sedikit mengobati perut kamu yang mulai keroncongan.

Bagaimana Akses Jalan ke Air Terjun Parang Ijo?

Sejuknya Parang Ijo via swetadwipa.blogspot.com

Sejuknya Parang Ijo via swetadwipa.blogspot.com

Air Terjun Parang Ijo memiliki jarak kurang lebih 2 km dari pertigaan Nglorok. Bisa  ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dengan kondisi jalan yang cukup bagus. Selain itu, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah selama dalam perjalanan ke tempat ini. Kebanyakkan pemandangan yang dilihat adalah sawah-sawah serta rerumputan hijau yang bercampur dengan hembusan angin yang sejuk.

Transportasi ke Air Terjun Parang Ijo.

Air Terjun Parang Ijo via www.tempatwisatamu.com

Air Terjun Parang Ijo via www.tempatwisatamu.com

Untuk pengguna kendaraan umum, bila dari Solo bisa langsung naik bus jurusan Tawangmangu atau Matesih, kemudian turun di Terminal Karang Pandan. Setelah itu  berganti dengan bus kecil berwarna biru dengan trayek Karang Pandan – Kerjo, lalu turun di pertigaan Nglorok. Perjalanan selanjutnya akan melalui jalanan beraspal sejauh 2 km hingga berakhir di pos pemungutan restribusi, Perjalanan ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki maupun menggunakan ojek. Tidak jauh dari pos retibusi, ada pertigaan; bila lurus, kamu akan menuju Air Terjun Jumog dan Candi Sukuh, bila belok ke kiri kamu akan menuju Candi Cetho dan Air Terjun Parang Ijo. Teruslah ikuti jalur hingga tiba di kawasan obyek wisata yang dituju.

Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo.

Tiket Masuk Parang Ijo via mblayang.com

Tiket Masuk Parang Ijo via mblayang.com

Tiket masuk ke obyek wisata ini cukup murah. Kamu akan dikenakan biaya retribusi karcis sebesar Rp. 5.000 saja untuk orang dewasa, dan Rp. 2.500 untuk anak-anak. Jadi, tak perlu mahal-mahal kan untuk menikmati pesona alam yang mampu menyejukkan mata?

Air Terjun Parang Ijo memang salah satu pesona yang dimiliki Indonesia. Situasinya yang sejuk dan damai mampu membuat kamu dan orang-orang bersamamu merasa betah. Oh, ya tetap jaga keselamatan dengan memperhatikan peraturan yang ada ya… selamat jalan-jalan.

Leave a Reply