9 Tips Mudah dan Sederhana untuk Mengatasi Keluhan-keluhan di Tubuh

Beberapa keluhan rasa sakit atau perasaan tidak nyaman di tubuh sering kita alamai di kehidupan sehari-hari, seperti misalnya salah bantal yang membuat leher nyeri dan kelamaan duduk yang membuat kaki kesemutan. Selain menganggu aktifitas, beberapa keluhan di tubuh juga terkadang membuat seseorang menjadi uring-uringan sepanjang hari. Padahal sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan bila menghadapi beberapa keluhan tersebut tanpa perlu menggunaka obat.

Nah berikut ini beberapa cara sederhana untuk menghilangkan keluhan di tubuh yang bisa kamu jadikan reperensi. Yuk simak, gaes.

1. Sakit Kepala

Sakit Kepala via log.viva.co.id

Sakit Kepala via log.viva.co.id

Sakit kepala atau pusing bisa dialami siapa saja dan tentu dapat mengganggu aktifitas. Penyebab sakit kepala juga berbeda-beda ada sakit kepala yang tergolong ringan dan ada juga sakit kepala yang mengidentifikasikan suatu penyakit lain. Namun sebelum mengkonsumsi obat-obatan, banyak cara alami yang bisa dialkukan, diantaranya dengan menarik nafas secara perlahan kemudian pejamkan mata kamu. Karena memejamkan mata merupakan salah satu cara paling efektif untuk membantu meredakan rasa tegang pada otot mata yang bisa menimbulkan rasa sakit pada kepala.

Jika sakit kepala dan pusing masih terasa, ada cara alami yang bisa membantu untuk meredakannya yaitu dengan cara mengompres kepala dengan air hangat. Cara ini dipercaya dapat membantu meringankan beban otot di kepala sehingga bisa membantu mengurangi dan meredakan rasa sakit. Selain dengan mengompres, hal lain yang bisa dilakukan adalah memijit kepala dengan menggunakan telunjuk serta ibu jari, pijatlah di bagian pelipis serta pada bagian hidung. Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit yang bisa menimbulkan tekanan pada kepala dan bisa memberikan rasa nyaman dan membuat otot di kepala menjadi lebih ringan.

2. Cegukan

Cegukan via www.vemale.com

Cegukan via www.vemale.com

Cegukan bisa terjadi bila kamu makan terlalu banyak, makan terlalu cepat sehingga tersedak, makan sambil bicara sehingga banyak udara yang masuk ke tubuh, rokok dan konsumsi alkohol serta perubahan suhu perut yang tiba-tiba. Cara mengatasinya, ambil kantong pelastik dan pasang untuk menutupi mulut dan hidung, lalu tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan-lahan dalam kantong, lalu tarik nafas lagi, kemudian hembuskan lagi. Lakukan secara berulang-ulang. Hal ini bertujuan agar CO2 di dalam tubuh dapat meningkat. Kekurangan kadar karbodioksida dalam darah dapat mengakibatkan cegukan.

Cara lainnya, minum air putih secara perlahan-lahan sedikit demi sedikit. Agar hasilnya lebih maksimal, bisa dilakukan dengan menundukan kepala, sebagai alternatif kamu juga bisa melakukan tarik nafas secara perlahan lalu tahan sekitar 10 detik kemudian hembuskan seperti bernafas biasa. Lakukan sampai cegukan berhenti.

3. Salah bantal

Salah bantal via pimzzone.blogspot.com

Salah bantal via pimzzone.blogspot.com

Mungkin kamu pernah mengalami saat bangun tidur tiba-tiba bagian leher kamu terasa nyeri karena salah posisi tidur atau salah bantal. Tentu hal tersebut menggangu aktifitasmu, terlebih buat kamu yang sedang ada deadline di akantor atau ujian di kampus. Untuk mengatasinya, cobalah angkat kaki kamu kemudian tarik ibu jari kaki dan pijat dengan memutar searah atau berlawanan dengan arah jarum jam. Cara ini dipercaya ampun untuk mengobati salah bantal. Coba saja.

4. Kram Kaki

Kram Kaki via www.ibu-hamil.web.id

Kram Kaki via www.ibu-hamil.web.id

Siapa yang tidak pernah mengalami kram kaki, semua pati pernah mengalaminya. Dan rasanya benar-benar menyebalkan. Terlebih jika kram kaki datang saat sedang berenang. Hal terebut bukan hanya menyebalkan, tapi juga membahayakan. Jika kamu mengalami kram kaki, coba aplikasikan cara ini. Jika kamu mengalami kram kaki sebelah kiri, angkat tangan sebelah kanan tinggi-tinggi. Sebaliknya, ketika kaki sebelah kanan mengalami kram, angkat tangan sebelah kiri tinggi-tinggi. Dengan begitu akan terasa lebih enak dalam sekejap.

5. Kaki kesemutan

Kaki kesemutan via kenceng.blogspot.com

Kaki kesemutan via kenceng.blogspot.com

Kelamaan duduk seringkali membuat kaki kesemutan, dan itu benar-benar mengganggu sekali. Nah, jika kamu mengalami hal yang demikian, coba terapkan tips berikut ini. Ketika kaki kiri kamu menglami kesemutan, ayunkan telapak tangan kanan dengan sekuat tenaga. Begitu juga sebaliknya, ketika kaki kanan yang mengalami kesemutan, ayunkan telapak tangan kiri dengan sekuat tenaga. Cara ini dipercaya ampuh menyembuhkan kesemutan. Bolehlah dicoba.

6. Tersedak makanan

Tersedak makanan via isiulanggalau.blogspot.com

Tersedak makanan via isiulanggalau.blogspot.com

Siapa saja pasti pernah mengalami hal ini, apalagi makan dan minum sambil berbicara atau karena kaget. Jika tidak segera diatasi, tersedak juga bisa mengakibatkan kematian. Benar-benar mengerikan. Buat kamu yang tiba-tiba tersedak, ada cara mudah untuk mengatasinya, cara ini juga terbialng sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengangkat tangan di atas kepala dan makanan itu akan keluar dari kerongkongan.

7. Telinga kemasukan air

Telinga kemasukan air via www.lintasnews.com

Telinga kemasukan air via www.lintasnews.com

Ketika mandi atau berenang terkadang telinga kemasukan air dan tidak bisa keluar lagi alias airnya terperangkap di telinga. Kondisi ini membuat tak nyaman. Untuk mengatasinya, cobalah loncat-loncat di tempat, diharapkan gelembung air di telinga akan pecah dan air pun akan mengalir keluar dengan sendirinya.

8. Mata kemasukan debu

Mata kemasukan debu via obatsakit2011.blogspot.com

Mata kemasukan debu via obatsakit2011.blogspot.com

Ketika berjalan di tempat umum atau berada di tempat umum,  mata kita pasti sering kemasukan debu. Saat mata kamu kemasukan debu sebaiknya jangan dikucek-kucek, cobalah untuk memejamkan mata kemudian batuklah dengan keras, maka kotoran yang masuk akan keluar ke tepi mata. Silakan dicoba, banyak orang berhasil ketika mengaplikasikannya.

9. Sakit gigi

Sakit gigi via kesehatangigi.blogspot.com

Sakit gigi via kesehatangigi.blogspot.com

Saat mengalami sakit gigi langkah sepat yang biasa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit. Namun ada cara lainnya yang lebih alami, diantaranya dengan menggunakan es balok. Ambil sepotong kecil es balok dan letakan diantara jari telunjuk dan ibu jari, lalu pijat perlahan dibagian tersebut.

Pemijatan yang dilakukan dengan menggunakan es balok langsung menyentuh ke pusat saraf sehingga 60-90% rasa sakit yang kamu rasakan di sekitar gigi akan cepat mengilang.

Demikianlah informasi mengenai tips-tips sederhana untuk mengobati beberapa keluhan di tubuh. Semoga bermanfaat. Dan selamat mencoba. Tetap jaga kesehatan ya.

Leave a Reply