8 Tempat Wisata yang Tidak Boleh Kelewatan Kalau Kamu ke Banten

Banten adalah salah satu provinsi di Indonesia yang sebelumnya masuk ke provinsi Jawa Barat. Saat mendengar kata Banten, apa yang pertama kali melintas di pikiranmu tentang provinsi yang satu ini? Wilayah Banten yang dulu masuk dalam tataran Pasundan ini kerap dihubung-hubungkan dengan beberapa wilayah sekitarnya: seperti Jawa Barat dan Jakarta. Tahukah kamu bahwa Banten juga memiliki pesona yang tak kalah indah dengan provinsi lainnya. Di dalamnya, banyak wisata cantik yang patut untuk kamu jelajahi.

Nah, berikut ini beberapa objek wisata di Banten mulai dari pantainya uang eksotis sampai taman kotanya ciamik. Dijamin deh, berada di Banten akan membuat kamu candu dan ingin terus kembali dan kembali lagi. Yuk simak ulasannya.

1. Pantai Sambolo, tempat ciamik untuk menikmati sunset cantik.

Pantai Sambolo via www.initempatwisata.com

Pantai Sambolo via www.initempatwisata.com

Tempat asik untuk menikmati sunset di Banten ya pantai Sembolo. Pantai Sambolo berada di Jalan Raya Anyer Kilometer 135. Selain menikmati sunset, di sini kamu juga bisa bermain air di tepi pantai  dan  berenang.

Buat kamu yang lagi gegana (gelisah, galau, merana), pantai Sembolo bisa banget jadi pilihan tepat. Buat kamu yang hobby selfie, pantai ini juga punya banyak spot epic untuk berfoto.  Yuk, ah, datang ke pantai Sembolo.

Pantai Kelapa Tujuh, tempat indah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pantai Kelapa Tujuh terletak di Dsa. Suralaya, Kec. Pulau Merak, Cilegon. Meski pasirnya tak seputih pantai-pantai yang ada di Anyer, tapi pemandangannya yang cantik mampu menarik para wisatawan untuk keluaga. Tak heran jika pantai ini sering ramai dipenuhi wisatawan saat akhir pekan.

Wisata yang satu ini disebut sebagai wisata keluarga, karena sebagian besar pengunjung yang datang adalah anggota keluarga.

2. Pantai Karang Taraje, tempat asik untuk berfoto selfie.

Pantai Karang Taraje via proleevo.wordpress.com

Pantai Karang Taraje via proleevo.wordpress.com

Selain pantai Sembolo, Banten juga punya pantai Karang Taraje. Pantai ini disebut sebagai pantai yang pas untuk berfoto selfie. Banyak spot-spot cantik dan ciamik di pantai ini. Berada di sini dijamin deh akan membuatmu bahagia lahir batin.

Letaknya kira-kira 4 km dari Bayah.Untuk sampai di pantai Karang Taraje, kamu bisa melalui jalur Lebak – Banten. So, buat para pecinta selfie dan fotografi, buruan datang kesini.

3. Pantai Karang Bolong, tempat menarik untuk kamu yang ingin bersantai.

Pantai Karang Bolong via travel.detik.com

Pantai Karang Bolong via travel.detik.com

Pantai Karang Bolong ini masih ada dalam kawasan Anyer. Meski di pantai ini pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang, tapi keindahan pemandangan yang ditawarkan benar-benar membuatmu lupa dengan segala hiruk-pikuk dunia perkotaan.

Kini, kondisi pantai Karang Bolong sudah semakin rapih dan semakin tertata. So, buat kamu yang yang sedang berada atau berencana berkunjung ke Banten, jangan sampai deh melewatkan tempat asik yang satu ini.

4. Selain pantai, Banten juga punya pulau cantik, Pulau Manuk namanya.

Pulau Manuk via anakbackpacker.wordpress.com

Pulau Manuk via anakbackpacker.wordpress.com

Pulau Manuk ini terletak di kabupaten Lebak. Pulau Manuk menyuguhkan keindahan yang tiada duanya. Berada disini akan membuat segala lelah dan penatmu hilang. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan wisata Labak membuat para wisatawan tak perlu pusing-pusing untuk sampai di pulau Manuk ini.

Dinamakan pulau Manuk karena banyaknya burung-burung yang singgah di  tempat ini. Manuk dimabil dari bahasa sunda yang artinya adalah burung.  Jadi selain bisa bermain air, kamu juga bisa menyaksikan sekawanan burung-burung cantik yang tengah bersantai-santai di tempat ini. Ditambah dengan pesona langit sore yang begitu memanjakan mata. Uhh, rasanya seperti di surga.

5. Hutan Jombang Ciputat, tempat asri untuk menyegarkan pikiran.

Hutan Jombang Ciputat via jakarta.panduanwisata.id

Hutan Jombang Ciputat via jakarta.panduanwisata.id

Hutan kota Jombang berada di Ciputat, Tangerang Selatan. Tempat asri yang satu ini bener-bener surga bagi para wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran. Kenikmatan saat kamu menyusuri pepohonan hijau yang rindang, segarnya udara yang membelai lembut tubuh yang kelelahan, pasti membuatmu ogah untuk pulang.

Di sini, kamu bisa menjumpai 3000 jenis tanaman langka. Berjalan di tengah-tengahnya seolah membawamu ke dunia khayalan, seolah membawau jauh dari dunia yang memuakan. Sinar matahari yang masuk di celah-celah pepohonan menambah keepikan hutan Jombang Ciputat ini. Meski taman Jombang ini tak seluas Taman Kota lainnya, namun keasriannya mampu menyihirmu untuk terus menyusuri dan terus menyusuri keindahannya.

6. Melepas penat di Curug Gendang adalah pilihan yang briliant.

Curug Gendang via katabanten.com

Curug Gendang via katabanten.com

Curug ini terletak  di Carita, Pandeglang. Curug ini aman untuk berenang, jadi buat kamu yang ingin berenang silakan saja. Air yang jenih, udara yang segar dan pemandangannya yang menawan membuat siapapun yang datang merasa senang dan lupa atas segala permasalahan yang memuakan.

Buat kamu para pecinta fotografi alam, curug ini juga memiliki spot-spot yang mengagumkan. ini tempat yang cocok untukmu yang ingin menyatu dengan alam. Ajaklah teman-temanmu biar liburanmu lebih menyenangkan.

7. Berkunjung ke Banten jangan sampai kelupaan menyambangi Tugu Baru Cilegon.

Tugu Baru Cilegon via travelingl.blogspot.com

Tugu Baru Cilegon via travelingl.blogspot.com

Tugu Cilegon ini bisa dibilang masih baru. Meski masih baru, Tugu ini sudah dipenuhi para pengunjung yang hobby berselfie. Tugu yang terletak di Simpang Tiga, Cilegon ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata kamu yang tengah berkunjung ke Banten. Saat malam hari, pemdanangan di kawasan ini semakin terlihat ciamik dan eskotis.

8. Kamu belum disebut pergi ke Banten kalau belum menginjakan kaki di Alun-alun Serang.

Alun-alun Serang via kanglondo.wordpress.com

Alun-alun Serang via kanglondo.wordpress.com

Buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Banten, jangan sampai kamu melewatkan untuk mengunjungi alun-alun Serang. Alun-alun yang tidak pernah tidur ini merupakan salah satu tempat terbaik buat kamu yang ingin menyapa warga Banten. Sebab, disini seperti pusatnya atau tempat nongkrongnya warga Banten baik muda maupun tua. Selain bisa menyapa warga Banten, kamu juga bisa menonton komunitas parkour atau sekadar menyantap jajanan yang diperjualkan di sekitar Alun-alun Serang.

Banyak wiasta yang bisa kamu nikmati di Banten. Kamu bisa pilih mana tempat wisata yang menurutmu paling menarik dan patut untuk dieksplore. Semoga bermanfaat. Selamat liburan. Selamat bersenang-senang.

Leave a Reply