8 Spot keren di Sumatera Selatan yang Akan Buatmu Candu

Sumatera Selatan dengan ibukota provinsi Palembang bagaikan kemolekan mutiara di tengah Samudra. Keindahan alam tiada tara dan kekayaan budaya yang tiada dua seolah mejadi magnet bagi siapapun untuk menyambanginya. Rasa rindu akan menghinggapi hati siapapun yang pernah menginjakan kaki di bumi Sriwijaya.

Kekayaan sumber daya alam luar biasa seperti minyak, batubara, dan gas alam serta keindahan alam yang menjadi magnet bagi para wisatawan secara langsung mampu meningkatkan tingkat ekonomi dan sosial masyarakat Sumatera Selatan. Pengakuan akan ekonomi terlihat dari ditunjuknya Sumatera Selatan sebagai penyelenggara berbagai event kelas dunia dan regional, salah satunya kesuksesan penyelenggaraan seagames 2011.  Sumatera Selatan sungguh mengagumkan.

Nah, berikut ini  8 spot keren di Sumatera Selatan yang akan membuat kamu semakin yakin bahwa Sumatera Selatan itu mengagumkan. Simak terus ya.

1. Gunung Dempo, Gunung dengan Hamparan Perkembunan Tehnya Bak Karpet Hijau.

Gunung Dempo via senapati.net

Gunung Dempo via senapati.net

Keindahan alam bagaikan lukisan surga seolah Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakannya. Itulah kesan yang didapat dari Pagaralam dengan keagungan gunung Demponya yang tegak menantang. Hamparan perkebunan teh bagai karpet hijau menghampar di kaki gunung Dempo merupakan bukti kesuburan tanah Sriwijaya. Gunung Dempo yang memiliki ketinggian sekitar 3159 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Jika terpesona dengan keindahan yang ada di dalamnya silahkan datang, asal jangan merusak dan tetap jaga kebersihan sekitar.

2. Merelaksasikan Badan di Air Terjun Tujuh Kenangan.

Air Terjun Tujuh Kenangan via zyeo.wordpress.com

Air Terjun Tujuh Kenangan via zyeo.wordpress.com

Selesai mendaki Gunung dempo yang memiliki pesona mengagumkan, jangan langsung pulang. Singgahlah dulu sejenak untuk merasakan sensasi  yang diberikan oleh air terjun Tujuh Kenangan. Air Terjun Tujuh Kenangan berada di bawah kaki Gunung Dempo, tepatnya di Dsa. Dempo Makmur, Kec. Dempo Utara, Pagaralam, Sumatera Selatan. Hal menarik  dari Air tejun Tujuh Kenangan ini yaitu adanya kolam yang bisa dimanfaatkan untuk berendam dan juga perosotan yang terbuat dari batuan alam yang tak berhenti dialiri air. Dan yang lebih menarik lagi, di area kolam tersebut banyak dijumpai kupu-kupu warna kuning yang beterbangan kian-kemari.

2. Dari Air Terjun Tujuh Kenangan, Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Embun.

Air Terjun Tujuh Kenangan via zyeo.wordpress.com

Air Terjun Tujuh Kenangan via zyeo.wordpress.com

Puas menikmati Air terjun Tujuh Kenangan, cobalah bergeser sedikit untuk menikmati kemolekan air terjun Embun. Terletak di kaki gunung Dampo, tepatnya di Ds. Pematang Bango, Pagaralam, Sumatera Selatan. Memiliki ketinggian 100 meter dengan debit air yang sangat deras dan udara yang sangat menyejukan membuat air terjun embun ini layak untuk dijadikan destinasi wisata bargi para pecinta alam. Jika beruntung, kita bisa melihat pelangi yang terbentang cantik menghiasi air terjun.

3. Air Terjun Bedegung, Salah Satu Air Terjun Tertinggi di Sumatera Selatan.

Air Terjun Bedegung via palembang.tribunnews.commblusuk.com

Air Terjun Bedegung via palembang.tribunnews.commblusuk.com

Berada di Sumatera Selatan belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi kecantikan air tejun Bedegung. Air terjun yang letaknya di Ds. Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim ini menjadi salah satu air tejun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 99 meter. Dengan ketinggiannya yang demikian itu dan dengan keelokan wilayah di sekitarnya menjadikan air terjun Bedegung begitu digilai para wisatawan sekarang. Jika ingin berkunjung, jangan lupa membawa bekal makan. Dan, jangan lupa bawa baju ganti jika ingin basah-basahan.

4. Danau Ranau, Tempat Menyenangkan untuk Menghabsikan Waktu Luang.

Danau Ranau via google image

Danau Ranau via google image

Danau seluas kurang lebih 8 x 9 km ini terletak di perbatasan Ogan Komering Ulu Selatan (Sumatera Selatan) dan Lampung Barat (Lampung). Danau Ranau menjadi danau terluas di Sumatera Selatan. Danau ini di pagari kegagahan bukit Barisan, ditambah sejumlah wahana wisata yang ada seperti pulau Marisa dan wisata air panas. Danau Ranau cukup termasyhur dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Salah satu tujuan wisata yang paling digemari di Danau Ranau adalah obyek wisata pemandian air panas. Air panas tersebut berasal dari mata air gunung Seminung yang ditampung di kolam pemandian air panas ini.

5. Danau Air Batu, Spot Kece Untuk Berfoto Selfie.

Danau Air Batu via www.tekatekimalam.com

Danau Air Batu via www.tekatekimalam.com

Danau Air Batu adalah salah satu wisata alam di Sumatera Selatan yang kini sedang hits-hitsnya di kalang para wisatawan, khususnya para penggila selfie. Pemandangannya yang cantik kerap menjadi latar foto favorit para wisatawsan yang datang ke Sumatera Selatan. Penasaran dengan lokasi aslinya apakah seindah di foto yang kini banyak tersebar di instagram? Datang saja ke desa Air Batu, kecamatan talang kelapa, kabupaten banyuasin, Sumatera Selatan. Banyak yang penasaran dengan Danau air Batu ini, para wisatawan berlomba-lomba mencapai tujuan untuk melihat keindahan Danau Air Batu. Ingin berfoto selfie dengan latar yang ciamik? Datang saja ke Danau Air Batu.

6. Curug Maung, Tempat Keren untuk Menghabiskan Akhir Pekan.

Curug Maung via www.youtube.com

Curug Maung via www.youtube.com

Selain terkenal dengan sungainya dan situs sejarahnya, Kabupaten Lahat juga terkenal dengan air terjunnya. Ada sekitar 76 air terjun di kabupaten ini, salah satunya adalah air terjun curug Maung. Terletak di Gumay Ulu, Lahat, Sumatera Selatan, air terjun ini ditunjuk sebagai salah satu air terjun tercantik di dunia. Memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan keindahan sekitar yang asri nan menawan menjadikan curug Maung ini begitu digandrungi para wisatawan asing maupun lokal, terlebih bagi para pecinta fotografi alam.

7. Bukit Salero, Tempat Asik untuk Menenangkan Diri.

Bukit Salero via knowledgejee.blogspot.com

Bukit Salero via knowledgejee.blogspot.com

Bukit Salero yang dikenal juga dengan bukit Jempol terletak kurang lebih 20 km dari pusat kota Lahat, Sumatera Selatan. Di bukit yang memiliki ketinggian 900 mdpl ini udara sejuk mudah sekali didapatkan, seolah menjadi bius bagi siapa saja yang kerap disergap bosan dan letih berkepanjangan. Menikmati pemandangan yang masih begitu asri dari atas bukit menghadirkan sensasi berbeda dalam hati, semacam perasaan damai dan bebas.  Buat yang ingin mencari inspirasi atau ingin melarikan diri dari bisingnya kota, Bukit Salero tempatnya.

Demikianlah informasi mengenai 8 spot menarik di Sumatera Selatan yang tidak boleh terlewatkan. Jika ada informasi yang kurang tepat atau keliru, mohon dimaafkan. Silahkan bantu untuk membenarkannya di kolom komentar. Terimakasih. Dan, selamat liburan, selamat jalan-jalan. Salam hijau.

Leave a Reply