8 Spot Kece Di Indonesia untuk Melihat Milky Way. Asli Deh Cantik-Cantik Banget!

Hello, apa kabar? Semoga baik-baik selalu ya. Basa-basinya segitu aja deh ya. Langsung aja nih, kali ini isikulkas.com bakal ngulas spot-spot terbaik buat ngelihat Milky Way. Emang apa sih Milky Way?

Dikutip dari wikipedia: Milky Way atau dalam bahasa Indoesia disebut Bima Sakti merupakan pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit. Pita kabut atau “aura” cemerlang ini sebenarnya adalah kumpulan jutaan bintang dan juga sevolume besar debu dan gas yang terletak di piringan/bidang galaksi. Pita ini tampak paling terang di sekitar rasi Sagitarius, dan lokasi tersebut memang diyakini sebagai pusat galaksi.

Nah, sekarang udah tau kan seperti apa gambaran milky way itu. Sekarang kita langsung cari tau nih, kira-kira dimana sich spot-spot terbaik buat bisa ngelihat milky way –khususnya di Indoneisia. Sebelum kita ulas lebih jauh, kamu harus tau dulu nih waktu terbaik buat ngeliat milky way.  Menurut sumber terpercaya, bulan  April – Agustus, tepatnya pas musim kemarau adalah waktu terbaik untuk melihat milky way. Milky way bisa disaksikan dengan mata telanjang saat langit malam dalam keadaan cerah tanpa adanya kabut yang menghalangi. Perlu kamu tahu juga nih, milky way ini susah kamu temuin di pusat kota. Kenapa? karena banyaknya polusi cayaha bisa mengganggu pengelihatan kita saat melihat langit malam.

Kalau dipusat kota atau okota-kota besar susah untuk melihat milky way, terus dimana dong spot-spot terbaik buat bisa ngelihat milky way ini? berikut ulsannya. Yuk gaes simak.

1. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Jawa Timur

Ranu Kumbolo via www.agentwisatabromo.com

Ranu Kumbolo via www.agentwisatabromo.com

Spot pertama buat kamu yang ingin menyaksikan keindahan milky way adalah danau Ranu Kumbolo. Danau air tawar ini berada di kaki Gunung Semeru di Pegunungan Tengger. Danau kece ini menjadi biasa spot untuk transit para pendaki yang sedang melakukan pendakian ke puncak Mahameru. Bukan hanya memiliki pesona pemandangan yang aduhai, di Danau Ranu Kumbolo juga kamu bisa menyaksikan keindahan milky way yang menghisai langit malam. Sembari ngopi di depan tenda, kamu bisa mengabadikan pesona milky way dengan kamera DSLR-mu.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

Milky Way Gunung Bromo via bromotourmalang.com

Milky Way Gunung Bromo via bromotourmalang.com

Spot terbaik kedua untuk melihat pesona milky way adalah Gunung Bromo. Ya, siapa yang belum tahu Gunung Bromo. Kemegahan Gunung Bromo bahkan sudah populer ke seluruh penjuru dunia. Di Bromo, kamu bukan cuma bisa menikmati keepikan hamparan luar pasir berbisik bak Gurun Sahara, sunrise dan juga sunset, di Gunung Bromo ini kamu juga bisa menyaksikan suguhan Milky Way yang begitu indah mewarnai langit malam. Bahkan, Milky Way di Gunung Bromo ini disebut sebagai spot terindah untuk melihat milky way di Indonesia dan menjadi salah satu spot terindah untuk melihat milky way di dunia. Penasaran pingin lihat, kan? Buruan ah ke Bromo.

3. Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur

Milky Way Tanjung Papuma via www.klikhotel.com

Milky Way Tanjung Papuma via www.klikhotel.com

Tanjung Papuma terletak di Kec. Wuluhan, sekitar 45 km dari pusat Kota Jember. Selain memiliki pesona pemandangan yang eksotis, Tanjung Papuma ini juga menyuguhkan pesona milky way yang tak kalah manis dengan pesona milky way yang ada di Ranu Kumbolo dan Gunung Bromo. Di Tanjung Papumaini juga terdapat pulau mungil yang dinamakan Pulau Kodok. Ya, kalau kamu ingin melihat pesona milky way yang berbeda di Jawa Timur, kamu bisa nih datang ke Tanjung Papuma.

4. Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Milky Way Dieng via www.klikhotel.com

Milky Way Dieng via www.klikhotel.com

Selain Danau Ranu Kumbolo, Bromo dan Tanjung Papuma, Dieng juga disebut sebagai salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pesona Milky Way di Indonesia. Hawa dinginnya yang menjadi ciri khas tempat ini rasanya sangat serasi sekali bila dipadukan dengan pesona milky way. Kebayangkan kalau kamu bisa nikmatin pemandangan mikly way disini, sama pasangan kamu. Uhh, pasti bakal romantis banget. Yakin deh bakal tak terlupakan sampai akhir hayat kamu.  Candi Arjuna, bukit Sikunie dan Gunugn Prau menjadi spot favorit untuk  bisa melihat milky way di Dieng ini. Dan untuk bisa menyaksikan fenomena cantik tersebut biasanya kisaran pukul 23.00 – 04.00.

5. Pantai Gunung Kidul, Yogyakarta

Milky Way Pantai Gunung Kidul via www.memotretmilkyway.com

Milky Way Pantai Gunung Kidul via www.memotretmilkyway.com

Yogyakarta juga nggak mau ketinggalan nih. Kalau kamu mau melihat pesona milky way di kawasan Yogyakarta, kamu bisa datang ke dareah Gunungkidul aja, tepatnya di kawasan Pantai Drini, Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Jadi, kamu tak harus mendaki gunung untuk bisa melihat fenomena kece ini, cukup pergi ke pantai aja. Tapi jangan salah, meskipun bukan didataran tinggi, mikly way disini tak aklah cantik kok sama milky way- milky way di kawasn pegunungan. Biar asik,  Fenomena kece ini bisa kamu nikmati sambil camping. Dan makin asik lagi karena kamu bakal ditemani suara angin malam debur ombak yang menghantam bibir pantai, dijamin bakal nggak ngebosenin deh. Dijamin bakal asik banget.

6. Gunung Gede, Jawa Barat

Milky Way Gunung Gede via travel.detik.com

Milky Way Gunung Gede via travel.detik.com

Gunung Gede berada diantara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Bogor, tepatnya di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Suhu udara di kawasan Gunung Gede pada siang hari bekisar 18 derajat celcius sementara pada malam hari suhu udara bisa mencapai 5 derajat celcius. Agar bisa lebih nyaman menikmati fenomena Milky Way ini kamu bisa camping di alun-alun Suryakencana. Kenpa harus di alun-alun Suryakencana? Karena selain bisa melihat milky way, kamu juga bisa melihat hamparan bunga edelweiss.

7. Segara Anakan, Lombok

Milky Way Segara Anakan via bersabda.com

Milky Way Segara Anakan via bersabda.com

Dari pulau Jawa bergeser ke timur, yaitu Lombok, Nusa Tenggara Timur. Ya, untuk bisa menikmati Milky Way di Lombok kamu cukup mendatangi Segara Anakan. Segara Anakan ini merupakan danau kawah di Gunung Rinjani. Milky Way di Danau Segara Anakan ini juga menjadi salah satu spot terbaik di indonesia untuk menyaksikan fenomena Milky Way.

8. Desa Wae Rebo dan Pulau Kepa -Alor,  Nusa Tenggara Timur

Milky Way Desa Wae Rebo via google image

Milky Way Desa Wae Rebo via google image

Lanjut ke Nusa Tenggara Timur, tepatnya di kawasan desa wisata Wae Rebo. Di Desa Wae Rebo, kamu bisa juga nih lihat milky way karena kawasan ini memang masih terbebas dari polusi cahaya.  Bisa kamu bayangkan betapa indahnya milky way di kawasan ini, hamparan ribuan bintang yang membentang membentuk lautan di atas 7 rumah kerucut. Benar-benar harmonisai yang efic.

Untuk bisa menikmati milky way di Nusa Tenggara Timur, selain Desa Wae Rebo, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Kepa -Alor. Bukan hanya bisa melihat pesona milky way, disini juga kamu bisa melihat ratusan plankton yang kelap-kelip di lautan. Perpaduan kelap-kelip biru plankton dengan  Milky Way membuat  malam di pulau Kepa ini terasa begitu puitis. Nyesel deh kalau sampai melewatkan fenomena kece badai ini.

Oke deh, itu tadi 8 spot terbaik di Indonesia untuk melihat keindahan milky way. Buat para pecinta fotografi, 8 spot di atas bisa nih masuk destinasi buruan kamu. Semoga bermanfaat ya. Dan selamat jalan-jalan. Selamat foto-foto. Tetap jaga kebersihan pokoknya.

Leave a Reply