8 Gerakan yang Bisa Bakar Lemakmu Dalam Waktu 10 Menit Saja

Tahukah kamu kalau proses pembakaran lemak bisa dilakukan tanpa menghabiskan banyak waktu? Kamu bisa melakukannya, hanya dalam waktu 10 menit saja. Proses pembakaran lemak ini bisa membantu mempertahankan berat badan pada posisi yang ideal. Ada beberapa jenis gerakan yang sangat efektif membakar lemak-lemak tubuh. Kamu pun bisa melakukannya di dalam rumah, tanpa harus pergi ke pusat kebugaran.

Nah, bila kamu tertarik mencoba, berikut beberapa gerakan yang efektif membakar lemak tubuh hanya dalam waktu 10 menit saja.

Untuk catatan, lakukan gerakan di bawah ini selama 20 detik dengan istirahat 30 detik setelah kamu menyelesaikan dua gerakan. Dan lakukan secara berulang selama 10 menit.

1. Squats

Squat adalah jenis latihan yang banyak disarankan ahli kebugaran dan mampu menguatkan otot-otot bagian tubuh, mulai dari pinggul, paha, sampai bokong. Gerakan squat juga merupakan gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan di mana saja. Jadi tanpa harus keluar rumah pun kamu sudah bisa membakar lemak yang mengganggu. Contoh gerakannya seperti gambar di bawah ini:

Squats via squatgirl.com

Squats via squatgirl.com

2. Squats Jump

Pada dasarnya gerakan ini mirip dengan gerakan squats, perbedaannya hanya pada gerakan terakhir di mana kamu harus melompat. Gerakan ini efektif membakar hingga 18-31 kalori. Sangat disarankan buat kamu yang memiliki bentuk tubuh tak ideal. Atau kalau kamu ingin ramping, bisa mencoba gerakan ini. Untuk melakukannya kamu tak harus keluar rumah, kok. Ikuti saja gerakan seperti di bawah ini:

Squats Jump via www.popsugar.com.au

Squats Jump via www.popsugar.com.au

3. Push up

Push up merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk membesarkan otot-otot tangan, lengan, dan perut. Gerakan ini pun melibatkan punggung bagian atas, lengan dan bahu. Selain itu, push up juga memiliki manfaat menguatkan otot bagian leher. Jadi kalau kamu ingin mendapatkan otot yang kencang, kamu bisa melakukan olahraga push up, terutama di pagi hari. Kamu bisa melakukannya seperti gambar di bawah ini:

Push up via ohiofitclub.com

Push up via ohiofitclub.com

4. Mountain climbers

Olahraga jenis ini sebenarnya hampir sama dengan push up, hanya saja gerakanmu harus mirip seperti mendaki gunung. Gerakan ini pun sangat efektif membakar lemak dengan cepat. Tubuh jadi ideal dan bebas lemak jahat. Untuk bagaimana cara gerakannya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini:

Mountain climbers via symphonyofawesomeness.tumblr.com

Mountain climbers via symphonyofawesomeness.tumblr.com

5. High Knees

Gerakan ini diawali dengan posisi berdiri. Punggungmu harus tetap lurus dan santai. Dengan melakukan gerakan ini, lemak akan terbakar dengan cepat. Agar lebih maksimal, kamu bisa melakukan gerakan lari di tampat dengan mengangkat lutut setinggi perut. Oh ya, jangan lupa untuk pemansan dulu ya… untuk gerakannya, kamu bisa melihatnya pada gambar di bawah ini:

High Knees viaworkouttrends.com

High Knees viaworkouttrends.com

6. Butt Kicks

Gerakan ini mengharuskan kamu untuk berada pada posisi berdiri tegak, kedua tangan menggenggam dan diangkat ke atas. Setelah itu, mundurkan kaki kanan ke belakang hingga mendekati bokong. Turunkan kaki kanan dan lakukan bergantian pada kaki kiri. Dengan gerakan ini lemak tubuh yang mengganggu pun akan segera terbakar. Untuk contoh gerakannya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini:

Butt Kicks via dunialari.com

Butt Kicks via dunialari.com

7. Jumping Jacks

Jumping Jacks merupakan gerakan mengangkat kedua tangan ke atas sambil melompat. Lakukan gerakan ini selama 20 detik agar lemak bisa terbakar sempurna. Untuk catatan, kamu bisa meliukkan tubuh ke kiri dan kanan. Hal ini agar tiap otot yang kencang akan kembali kendur. Untuk gerakannya kamu bisa melihat gambar di bawah ini:

Jumping Jacks via www.ketv.com

Jumping Jacks via www.ketv.com

8. Squat Thrust

Gerakan ini mengharusan kamu dalam posisi berdiri, dan turunkan tubuh seperti melakukan gerakan squat, kedua tanganmu pun harus lurus ke bawah menempel pada lantai. Setelah itu kedua kaki melompat ke belakang sampai pada posisi push up. Nah, dari posisi push up, kedua kakimu pun harus melompat ke depan hingga kembali ke posisi pertama. Ulangi gerakan ini selama 20 detik, di jamin lemakmu pun akan terbakar. Untuk lebih jelas, kamu bisa lihat gambar di bawah ini:

Squat Thrust viabarretohealthcare.blogspot.com

Squat Thrust viabarretohealthcare.blogspot.com

Dengan mengkombinasikan seluruh gerakan di atas, istirahatlah selama 1 menit. Kemudian ulangi lagi gerakan selama 10 menit. Hal ini untuk memberikan otot ruang untuk melepas ketegangan. Tertarik mencoba?

Leave a Reply