7 Aktifitas Menyenangkan yang Harus Kamu Lakukan Saat Tiba di Ujung Kulon

Wisata Ujung Kulon merupakan taman nasional yang terletak di kabupaten Banten. Tepatnya di antara dua kecamatan, yaitu kecamatan Sumur dan kecamatan Cimanggu. Taman wisata yang penuh keelokan ini memberikan perjalanan yang unik, mengasyikan, dan sulit terlupakan. Pada tahun 1991, taman nasional Ujung Kulon ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO di Indonesia.

Buat kamu yang belum sempat menginjakan kaki di bumi wisata Ujung Kulon, semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan. Nah, berikut ini hal-hal menarik yang harus kamu lakukan saat tiba di wisata Ujung Kulon.

1. Menyapa kemolekan Pulau Peucang.

Pulau Peucang via www.jelajahinegeri.com

Pulau Peucang via www.jelajahinegeri.com

Pulau Peucang yang terletak di Kecamatan Sumur ini menjadi gerbang utama setibanya di Taman Nasional Ujung Kulon. Hamparan pasir putih, deru angin, dan debur ombak yang tenang seolah menyambutmu penuh riang. Banyak wisatawan yang betah berlama-lama menghabiskan waktu d isini, sekedar untuk menyusuri pantai atau bikin istana pasir di bibir pantai. Bukan hanya itu, kamu pun bisa melakukan aktivitas diving maupun snorkeling di pulau peucang.

Fasilitas yang terdapat di sini, antara lain; rumah makan, kamar mandi, tempat ibadah, home stay, dan lain sebagainya. Jika beruntung, kamu bisa bertemu rusa dan monyet ekor panjang lhi di tempat ini.

2. Suka olahraga air? Datang aja ke Pulau Panaitan. Dijamin mengasyikan.

Pulau Panaitan via log.viva.co.id

Pulau Panaitan via log.viva.co.id

Pulau Panaitan menjadi surga bagi para pecinta olahraga air, seperti; surfing, diving, dan snorkeling. Pulau ini berada di sebelah barat Pulau Peucang.  Jadi setelah puas menghabiskan waktu di pulau Peucang, kamu bisa langsung melipir pulau Panaitan.

Hamparan pasir putihnya, ombak yang tenang, serta airnya yang biru bersih, menjadi magnet tersendiri bagi para wistawan. Di pulau ini, ada spot-spot asik buat para pecinta diving maupun snorkeling, keindahan alam bawah lautnya pun begitu luar biasa. Kamu langsung mendatangi Karang jajar dan  Legon Samadang di sebelah selatan atau Legon Kadam dan Legon Lentah di sebelah Utara.

3. Menghabiskan senja di padang rumput Cidaon semabri menikmati sunset dan kawanan satwa dari atas menara.

padang rumput Cideon via pennylaneonline.blogspot.com

padang rumput Cideon via pennylaneonline.blogspot.com

Tempat paling asik menghabiskan senja di Taman Nasional Ujung Kulon yaitu di padang rumput Cidaon. Di sini, selain bisa menikmati keindahan panorama sunset, kamu juga bisa menikmati  aktivitas kawanan satwa seperti; banteng, rusa dan sebagainya. Untuk keamanan, pengelola padang rumput Cidaon sudah menyediakan fasilitas gardu pandang (menara). Dari gardu pandang tersebut, kamu bisa dengan leluasanya melihat kawanan satwa di atas hamparan padang rumput yang hijau.

Hal menarik lainnya yang bisa kamu nikmati dari gardu pandang tersebut yaitu keeksotisan cahaya matahari sore yang membanjiri padang rumput, seolah ingin memberitahukan betapa agungnya ciptahan Tuhan. Sungguh, membahagiakan sekali menghabiskan senja di sini.

4. Dari padang rumput Cidaon lanjut ke padang rumput Cibunar.

padang rumput Cibunar via google image

padang rumput Cibunar via google image

Buat yang suka hiking, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke padang rumput Cibunar, menikmati matahari sore pada detik-detik penghabisan. Cahaya kuning keemasannya semacam sihir Tuhan yang bisa membuatmu lupa untuk pulang. Bukan hanya di padang rumput Cideon, di padang rumput Cibunar juga kamu akan dimanjakan oleh ratusan flora dan fauna yang akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan.

Hanya saja, kamu harus lebih berhati-hati, sebab perjalanan menuju padang rumput Cibunar ini mengkhawatirkan sekali. Terlebih buat keluarga yang membawa anak-anak, untuk keselematan, sangat tidak dianjurkan berkunjung ke padang rumput Cibunar ini. Tapi, buat kamu yang merasa muda dan suka akan tantangan, bisa banget nih hiking ke padang rumput Cibunar.

5. Menyusuri sungai Cigenter “Amazon-nya Indonesia” di Kepulauan Handeleum.

sungai Cigenter via getlostmagz.com

sungai Cigenter via getlostmagz.com

Sungai Cigenter terletak di kepulauan Handeleum. Para wisatawan menyebut sungai ini sebagai Amazon-nya Indonesia. Sebab, bentuknya nyaris menyerupai sungai Amazon. Jika kamu tertarik menyusuri pantai ini, kamu bisa menggunakan jasa perahu dayung kecil atau yang lebih dikenal dengan nama kano (canoeing) yang sudah dilengkapi para rangers handal.

Konon, sungai yang berada diantara hutan bakau dan hutan hujan ini dihuni oleh berbagai jenis satwa, seperti; ikan, kepiting, buaya dan ular. Serem juga ya. Tapi, tenang saja, dijamin  canoeingmu aman terkendali karena sudah dilindungi oleh para rangers sejati. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan pemandngan air tejun dan pemandangan lainnya yang berada di sekitar sungai  yang begitu memesona.

6. Pulihkan lelahmu di pemandian air panas Cibiuk desa Tamanjaya.

pemandian air panas Cibiuk via www.trendezia.com

pemandian air panas Cibiuk via www.trendezia.com

Kamu lelah? Lepaskan saja lelahmu dengan mandi di pemandian air panas Cibiuk. Letaknya sekitar 2 KM dari desa Tamanjaya. Tempat ini cukup ramai diburu para wisatawan, terlebih saat akhir pekan. Pemandian air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit kulit.

7. Buat kamu yang menyukai wildlife viewing, mampirlah ke Curug Cikacang.

Curug Cikacang via www.flickr.com

Curug Cikacang via www.flickr.com

Buat kamu yang menyukai wildlife viewing, mampirlah ke Curug Cikacang. Di curug ini kerap dijadikan objek penelitian. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kawasan ini memiliki flora yang bermanfaat untuk pengobatan. Oleh karena itu, kawasan ini lebih sering didatangi para peneliti daripada para wisatawan. Jika beruntung, kamu bertemu sejumlah satwa liar, Owa salah satunya. Tetap hati-hati saja.

Curug Cikacang ini masih berada di kawasan desa Tamanjaya. Jadi, sebelum ke pemandian air panas Cibiuk, kamu bisa mampir dulu kesini. Nah, setelah berlelah-lelah ria kamu bisa langsung meluncur ke pemanian air panas Cibiuk untuk mandi. untuk wildlife viewing di curug ini.

Selain ke 7 tempat tadi, ada juga goa Hyang Sira yang akan membuat tak pernah berhenti bedecak kagum. Untuk memasuki goa ini tidak sembarangan, bahkan kamu harus berwudhu terlebih dahulu sebelum memasukinya. Kamu juga harus dipandu oleh kuncen setempat.

Betapa banyak keindahan yang ditawarkan oleh taman Nasional Ujung Kulon. Mari bantu pemerintah untuk menjaganya. Jangan dirusak! Tetap jaga kebesihan. Semoga harimu menyenangkan. Selamat jalan-jalan.

Leave a Reply