6 Wisata Lombok yang Mampu Mengobati Stressmu. Ayo Angkat Ranselmu!

Liburan adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan diri dari segala pekerjaan atau materi-materi sekolahan maupun perkuliahan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu liburan, salah satunya tentulah jalan-jalan. Yup, jalan-jalan menjadi satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan saat liburan datang. Jalan-jalan semacam terapi alami yang sangat manjur untuk mengobati penat, lelah, bosan dan beban pikiran. Di Indonesia sendiri banyak tempat eksotis yang bisa dijadikan destinasi liburan, salah satu tempat  eksotis tersebut adalah Lombok.

Lombok merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok ini memiliki luas mencapai 5.435 km². Karena ukurannya tersebut, pulau Lombok ini mendapat peringakt ke-108 sebagai salah satu pulau terluas di dunia.

Tahukah kamu, Lombok memiliki keindahan yang luar biasa. Bahkan keindahan pulau Lombok sudah tersebar sampar ke seluruh pelosok dunia. Banyak hal mengasikan yang bisa kamu lakukan di Lombok. Nah, buat kamu yang baru pertama kali datang ke Lombok, berikut ini tempat-tempat yang harus kamu kunjungi ketika liburan ke Lombok. Yuk simak.

1. Gunung Tunak, tempat recommended untuk menghabiskan liburan di akhir pekan.

Gunung Tunak via www.youtube.com

Gunung Tunak terletak di bagian selatan Lombok Tengah. Tempat ini menjadi sasaran para wisatawan saat akhir pekan datang baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak bisa dipungkiri, keindahan yang ditawarkan taman wisata gunung Tunak ini memang indah dan lengkap sekali, mulai dari pantai berpasir, hutan, dinding kapur, rerumputan sampai dengan pesona perbukitan yang begitu elegan.

Gunung Tunak ini menyajikan sisi lain dari pulau Lombok. Sehingga tempat ini recommended sekali untuk kamu  yang  ingin menghabiskan liburan akhir pekan. Dijamin deh, berada disini bisa membuatmu bahagia lahir batin.

2. Gili Kedis, tempat yang cocok untuk kamu yang sedang galau.

Gili Kedis via www.kaskus.co.id

Gili Kedis via www.kaskus.co.id

Pulau yang terkenal dengan jejeran pantanya yang cantik ini berada di Sekotong, Lombok.  Pulau ini terbilang cukup kecil dibanding pulau-pulau lainnya yang ada di Lombok, bahkan kamu hanya membutuhkan 10 menit untuk menelusuri keindahannya. Jadi, kamu tidak perlu merasa takut kelelahan atau kecapekan. Air laut disini sangat bening dan bersih sekali, saking bersihnya kamu bahkan bisa melihat dengan mata telanjang sekumpulan terumbu karang dan sekawanan biota laut yang mengagumkan.

Kecantikan Gili Kedis ini mampu menyihir siapa saja yang ada di dalamnya. Tempat ini juga sangat cocok untuk untuk kamu yang sedang galau atau putus cinta. Karena tempatnya yang terbilang baru membuat susana juga masih cukup sepi sehingga cocok untuk menenangkan diri. Datang saja.

3. Tanjung Aan, tempat asik untuk menikmati jejeran pantai eksotis di Lombok.

Tanjung Aan via dhannysurya.blogspot.com

Tanjung Aan via dhannysurya.blogspot.com

Obyek wisata Tanjung Aan ini berada di kawasan selatan Lombok Tengah, tepatnya 1,5 jam dari pusat Kota Mataram. Fasilitas di sini terbilang cukup komplit dan akses jalanya pun terbilang cukup baik. Buat kamu yang tertarik berkunjung kesini, beruntunglah kamu karena kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk seperpun alias gratis (kecuali biaya parkir).  Saat tiba di tempat ini, kamu akan di sapa oleh pemandangan laut yang biru dan pemandangan pantai yang begitu syahdu. Sungguh indah sekali Tuhan menciptakan alam semesta ini.

Nah, tidak jauh dari lokasi wisata Tanjung Aan,  ada Bukit Merese yang keindahannya cukup mampu memanjakan matamu. Untuk sampai ke puncak, kamu harus bercapek-capek dahulu. Meski begitu, keindahan yang disuguhkan dari Bukit Merese mampu meluruhkan segala capek dan lelahmu. Dari atas bukit, kamu bisa menikamti panorama Lombok yang begitu khas. Sempatkanlah untuk mampir kesini.

4. Selain Bukit Merese, Lombok juga punya Bukit Anak Dara.

Bukit Anak Dara via harryhermanan.blogspot.com

Bukit Anak Dara via harryhermanan.blogspot.com

Bukit Anak Dara yang memiliki ketinggan sekitar 1.921 mdpl ini terletak di Dsa. Sembalun, Lombok Timur. Pesona yang ditawarkan bukit yang satu ini cukup mampu menghipnotis para wisatawan yang datang. Akses menuju tempat ini terbilang cukup mudah, tapi jika takut kesasar siapakan GPS dan jangan malu bertanya pada orang sekitar.

Hal-hal yang bisa kamu nikmati di tempat ini, yaitu kamu bisa melihat pemadangan gunung Rinjani yang begitu melagena dan elegan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa merasakan sensasi berdiiri di atas lautan awan. Wow! Sungguh mengasikan, bukan? Tak usah menunggu lama, ayo lekas berkunjung.

5. Buat kamu yang suka tantangan, coba datang ke Air Terjun Tibu Ijo.

Air Terjun Tibu Ijo via ngadem.com

Air Terjun Tibu Ijo via ngadem.com

Air Terjun Tibu Ijo terletak di Dsa. Kekait, Kec. Gunungsari, Kab. Lombok Barat. Tepatnya 20 menit dari pusat Kota Mattaram. Air terjun Tabu Ijo ini cocok buat kamu yang suka tantangan, karena akses menuju lokasi yang satu ini memang terbialng ekstrim, menantang dan cukup membuat jantung berdebar kencang. Meski demikian, percayalah, pemandangan di tempat ini sangat sayang sekali bila dilewatkan. Buat para pecinta alam,  tempat ini cocok sekali menjadi pilihan.

Keindahan-keindahan yang bisa kamu nikmati di tempat ini selain pesona air terjunnya yang aduhai yaitu deretan perbukitan, hamparan kebun aren dan suasana asri nan alami pulau Lombok yang begitu khas. Setelah menempun perjalanan yang melelahkan, kamu bisa langsung berendam. Tenang saja, kolam yang ada di dasar air terjun aman kok untuk berendam ataupun berenang.

6. Jika di Lombok Barat ada Air Terjun Tibu Ijo, maka di Lombok Timur ada Air Terjun Mangku Sakti.

Air Terjun Mangku Sakti via www.pinterest.com

Air Terjun Mangku Sakti via www.pinterest.com

Jika kamu berkunjung ke Lombok jangan lupa untuk menyambangi air terjun  Terjun Mangku Sakti. Air Terjun Mangku Sakti ini terletak di Dsa. Sajang, Lombok Timur, tapatnya sekitar 5 jam dari pusat Kota Mataram. Air terjun cantik yang satu ini terbilang masih baru dan mungkin masih asing di kalangan para wisatawan di luar Lombok.

Meski terbilang masih baru, tapi keindahan pemandangan yang ditawarkan patut untuk diperhitungkan. Warna airnya yang hijau nan bening dan susananya yang sejuk seolah menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun Mangku Sakti. Keindahan tidak sampai disitu, selama perjalanan menjuju lokasi, kamu juga akan disuguhi pemandangan padang sabana yang mampu membuatmu merasa damai dan tentram.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Lombok? Pesona wisata Lombok memang tak pernah ada matinya. Semoga pemerintah setempat bisa semakin mengembangkan potensi wisata alam yang ada di Lombok. Semoga informasi ini bermanfaat. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Selamat jalan-jalan.

Leave a Reply