6 Wisata Ekstrim di Indonesia yang Patut Kamu Jajal di Akhir Pekan

Bagi sebagian orang akhir minggu adalah saat yang tepat untuk berlibur. Refreshing untuk sejenak menghilangkan kepenatan rutinintas sehari-hari yang menyita sepanjang minggu. Ada banyak pilihan tempat wisata ditanah air namun pernahkah kamu berkeinginan untuk mencoba beberapa wisata esktrim yang memacu adrenalin.

Nah berikut ini beberapa tempat wisata ekstrim di tanah air yang bisa kamu jadikan pilihan untuk liburan. Merasa tertantang? Yuk simak ulasannya.

1. Off Road di Gunung Bromo: Menantang sekaligus menyenangkan.

Off Road di Gunung Bromo via www.indonesiautvclub.com

Off Road di Gunung Bromo via www.indonesiautvclub.com

Eksotika alam gunung Bromo selain menawarkan keindahan ternyata juga memberikan tantangan tersendiri. Wisata off road di lautan pasir dengan memanfaatkan jip menjadi pilihan. Apalagi untuk menikmati matahari terbit di Pananjakan yang menghadap ke arah Bromo. Jip ini bisa kamu sewa di paguyuban jib yang terletak di wisma ojek yang berjarak 7 km dari kawah Bromo. Dengan menyewa mobil jip ini, para wisatawan bisa menglilingi Ngadisari sampai lautan pasir Bromo. Sesampainya di Cemoro Lawang para wisatawan dapat masuk ke Kaldera.

Tantangan selanjunya adalah bukit terjal berliku menuju padang pasir dengan abu yang berhembus kencang, dan dilanjutkan menuju bukit Teletubbis. Namanya yang unik diberikan karena bukit ini jarang tersentuh abu vulaknik sehingga terlihat seperti hamparan permadani hijau di tengah padang pasir yang gersang.

2. Berwisata sambil memacu adrenalin dengan parasailing di Bali.

parasailing di Bali via www.balitourculture.com

parasailing di Bali via www.balitourculture.com

Buat kamu yang suka tantangan, parasailing bisa kamu jadikan pilihan. Salah satu tempat yang menawarkan wisata ini adalah Bali apollo dive & watersports di Tanjung Benua Nusa Dua. Parasailing adalah permainan dimana kamu akan mengenakan parasut. Kemudian ditarik oleh perahu cepat mengelilingi pantai Tanjung Benua. Waktu permainan ini sekitar 5 hingga 10 menit setiap putarannya. Ketinggian tali yang menghubungkan antara parasut dengan perahu cepat kurang lebih sekitar 80 meter. Jadi, permaninan ini pastinya menantang dan menyenagkan, karena kamu bisa menikmati keindahan Tanjung Benua dengan cara yang berbeda. Parasailing memang banyak diminati para wisatawan, selain orang dewasa, anak-anakpun banyak yang ingin menjajal permainan yang menguji nyali ini.

Selain paraseling, di tempat ini juga ada juga permainan flying fish. Flying fish dimainkan oleh maksimal 3 orang dengan menaiki 3 buah banana boat yang  dijadikan satu. Flying fish akan ditarik oleh perahu cepat berkecepatan tinggi dengan melaan arah angin, dengan kata lain permainan ini mirip dengan layangan raksasa. Sungguh permainan yang menegangkan dan menguji nyali.

3. Selanjutnya, pacu lagi adrenalinmu dengan High Rope di Pasuruan.

High Rope di Pasuruan via www.1stoutbound.com

High Rope di Pasuruan via www.1stoutbound.com

High rope adalah aktifitas menggunakan tali di ketinggian yang biasanya menjadi bagian dari kegiatan outbond. Salah satu tempat yang menawarkan aktifitas menantang ini adalah hutan pinus Taman Dayu, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Dalam permainan ini faktor keamanan sangatlah penting.

Jadi, sebelum mulai memanjat kita harus memastikan bahwa semua peralatan keamanan telah terpasang. Peralatan keamanan ini meliputi harness yang merupakan alat pengaman utama yang dipasang di selangkangan, karabiner untuk memasang tali yang biasa digunakan untuk flying fox. Saat melakukan permainan ini kita harus meastikan karabiner selalu ada dalam posisi terpasang pada pengaman. Kunci permainan ini adalah keseimbangan, kekuatan tangan, dan nyali yang kuat. Berayun seperti tarjan pada ketinggian 8m, memanjat tali serta jaring-jaring tali dan juga menyebrang pohon adalah beberapa hal yang ahrus dilalui di dalam permainan ini.

4. Teriak-teriak kencang di wahana Racing Coaster di Trans Studio Bandung.

Racing Coaster di Trans Studio Bandung via travatour.com

Racing Coaster di Trans Studio Bandung via travatour.com

Wisata ekstrim selanjutnya adalah the racing coaster di Trans Studio Bandung. Roller coaster yang satu ini disebut sebagai salah satu roller coaster tercepat di dunia dengan tingkat kecepatan 125 km/jam. Rahasianya terletak pada deretan maghnet di bagian rel yang membuat kereta melesat hingga ketinggian 50 m. Tak hanya itu, adrenalin semakin terpacu saat roller coaster meluncur cepat dalam keadaan mundur. Roller coaster tercepat di dunia dengan kecepat manuper gerakan mundur hanya ada 3 di dunia. 2 buah di Amerika Serikat dan 1 ada di Trans Studio Bandung Indonesia.

Menggunakan teknologi linear injection motor, kamu akan tetap melaju menuju ketinggian 50m dengan kecepatan hingga 120 km/jam dengan waktu 3,5 detik dan kemudian mundur dengan kecepatan yang sama. Sungguh sensasi yang luar biasa yang membuat jantung kamu berdetak kencang.

5. Menaiki pesawat Sport Trike di Jakarta yang begitu mendebarkan.

Pesawat sport trike via www.youtube.com

Pesawat sport trike via www.youtube.com

Selanjutnya berlibur akhir pekan menaiki pesawat sport trike adalah salah satu pilihan menarik bagi kamu yang ingin memacu adrenalin. Menikmati susana ibukota Jakarta dari ketinggian 90 m mungkin harus kamu coba. Pesawat sport trike merupakan pesawat hasil modifikasi dari gantole yang dilengkapi mesin. Meskipun di Indonesia masih tergolong langka, pesawat beroda tiga ini sebenarnya telah cukup populer di beberapa neagra. Karena bentuknya yang kecil, trike hanya bisa dinaiki oleh pilot dan seorang penumpang yang duduk di belakang.

Pesawat sport trike dapat mencapai kecepatan 100km/jam. Kamu yang merasa tertarik untuk merasakan sensasi terbang dengan menggunakan pesawat sport trike ini bisa datang dari pukul 6 sampai 10 pagi setiap hari ke lapangan terbang Wiladatika Bumi Perkemahan Nusantara Cibubur.

6. Rasakan sensasi menaiki Kereta Gantung di Pantai Timang Gunungkidul, Yogyakarta.

Kereta Gantung di Pantai Timang via www.panduanwisatajogja.com

Kereta Gantung di Pantai Timang via www.panduanwisatajogja.com

Pantai Timang adalah salah satu wisata ekstrim masih belum diketahui banyak orang.  Pantai Timag ini berada di Dsa. Purwodadi, Kec. Tempus, Kab. Gunung Kidul. Aksesnya yang sulit bisa menjadi tantangan tersendiri buat para wisatawan yang memang menyukai wisata ekstrim. Bukan hanya itu, di pantai ini juga terdapat kereta gantung yang biasa dimanfaatkan oleh para nelayan lobster untuk menyebrang. Kereta gantung ini sekarang di manfaatkan juga untuk menarik para wisatawan sehingga para wisatwan yang datang diperbolehkan untuk menaiki kereta gantung tersebut.

Kereta gantung pantai Timang berada pada ketinggian 50 m dan membentang sejauh 100 m di atas lautan dengan gulungan ombak yang cukup besar. Kereta gantung ini berbeda dengan kereta gantung yang sering kita lihat pada umumnya. Bentuk dan teknologi mesin tariknya yang terbilang   masih tradisional memberikan sensasi deg-degan, was-was, mencekam, tapi mengasikan, terlebih kereta gantung berjalan perlahan melintasi lautan dengan hembusan ombak yang cukup besar. Yang lebih menantang lagi, kereta gantung ini hanya muat untuk satu orang saja. Berani coba?

Nah itulah beberapa wisata ekstrim dan menantang di Indonesia yang bisa kamu jadiakn destinasi wisata saat liburan tiba. Tertarik untuk mencoba? Dijamin liburanmu akan sangat berkesan. Tetap jaga kebersihan dan keindahan alam sekitar. Selamat jalan-jalan.

Leave a Reply