6 Saran Dari Rasulullah SAW Agar Segala Hutangmu Cepat Dilunaskan

Tidak ada manusia yang tidak memiliki masalah dalam hidupnya. Ya, Allah SWT memberikan cobaan hidup berupa masalah bagi para hamba-hamba-Nya. Semakin kuat iman seseorang, maka semakin berat ujian hidup yang dialaminya. Setiap masalah yang dialami setiap orang juga berbeda-beda, ada yang memiliki permasalahan mengenai rumah tangganya, kesehatannya, pekerjaannya, hingga permasalahan ekonomi yang membebani hidupnya. Bahkan ada sebagian orang ada yang bermasalah dengan ekonomi atau kondisi keuangannya, hingga membuatnya masuk dalam jeratan hutang.

Ketika seseorang berada dalam himpitan hutang, hidupnya cenderung akan terus gelisah dan tersiksa karena menghadapi kondisi yang seba sulit. Belum lagi perasaan ketakutan kaena setiap harinya dikejar-kejar oleh para penagih hutang.

Namun tahukah  kamu, bahwa ada cara yang diajarkan Rasululluah SAW bagi kita agar keluar dari jeratan hutang. Berikut penjelasannya.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita sebuah doa yang dapat membebaskan kita dari beban hutang. Doanya adalah sebagai berikut.

Ya Allah, aku berlindung dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari belenggu hutang dan tekanan manusia. “ (HR. Bukhari)

Namun kita pasti memahami bahwa doa saja tidaklah cukup untuk menyelesaikan masalah. Dan uang pun tidak mungkin datang dengan sendirinya jika kita hanya berdoa tanpa berusaha untuk mendapatkannya. Maka selain berdoa ada beberapa langkah yang perlu kita buat apabila ingin keluar dari beban hutang. Diantaranya adalah:

1. Hilangkan perasaan sedih dan susah

Hilangkan perasaan sedih via womensenews.org

Hilangkan perasaan sedih via womensenews.org

Jika kita masuk dalam jeratan hutang, perasaan hati kita pasti akan selalu merasa sedih dan susah karena memikirkan beban hutang yang menghimpit tersebut. Namun perasaan sedih dan susah yang kita alami tidak akan memberi solusi apapun, maka sebaiknya bagi hamba Allah kita bertawaqal dan menyerahkan seluruh urusan hidup kita hanya kepadanya. Karena orang yang bertawaqal akan diberikan Allah kecukupan seperti dalam firmanNya berikut ini.

Barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka Dia mencukupinya.” (QS. Ath Thalaq:3)

2. Selalu tanamkan sifat rajin

tanamkan sifat rajin via kumpulan-doamuslim.blogspot.co.id

Langkah berikutnya yang perlu kita lakukan untuk membebaskan diri dari hutang adalah dengan menanamkan sifat rajin. Ya, setelah berlaku jujur dengan diri sendiri maka langkah seterusnya adalah dengan menjadi orang yang rajin. Karena sebuah kesuksesan dibangun dari diri seseorang yang rajin. Rasulullah SAW bahkan memerintahkan umatnya untuk rajin dan bersungguh-sungguh. Beliau bersabda:

“Bersemangatlah kepada apa yang bermanfaat untukmu dan mintalah tolong kepada Allah dan jangan lemah.” (HR. Muslim)

3. Berani

Berani untuk menunjukan identitas via musmus.me

Berani untuk menunjukan identitas via musmus.me

Keberanian sangat dibutuhkan dalam banyak keadaan, contohnya jika kita bekerja disebuah perusahaan yang memberikan gaji yang tak cukup untuk memenuhi kebutuhan maka kita harus berani memutuskan untuk berhenti bekerja dan mencari pekerjaan di tempat lain. Contoh lainnya, jika bisnis pertam kita gagal kitapun harus berani untuk memulai bisnis yang baru.

4. Banyak bersedekah

Banyak bersedekah via ide-muslim.blogspot.com

Banyak bersedekah via ide-muslim.blogspot.com

Dan pada masa yang sama, perbanyaklah bersedekah untuk membantu orang lain walaupun kita belum merasa kelaur dari belenggu hutang sepenuhnya. Karena dengan bersedekah, Insyaallah Allah akan memberikan kita jalan keluar dari beban hutang yang memblenggu.

5. Bersungguh-sungguh untuk melunasi hutang

Bersungguh-sungguh via www.hidayatullah.com

Bersungguh-sungguh via www.hidayatullah.com

Langkah lainnya adalah harus kita niatkan dengan kuat dan bersungguh-sungguh untuk melunasi hutang-hutang kita. Dan percaya bahwa Allah SWT pasti akan membantu kita keluar dari masalah tersebut. Dari Abu Hurairrah, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Barangsipa yang mengambil harta orang lain (berhutang) dengan tujuan membayarnya (mengembalikannya) maka Allah akan tunaikan untuknya. Dan barangsiapa mengembalikannya untuk menghabiskannya (tidak melunasinya) maka Allah akan membinasakannya.” (HR. Bukhari)

6. Berdoa agar dimudahkan untuk melunasi hutang

Berdoa agar dimudahkan via google image

Berdoa agar dimudahkan via google image

Dan yang terakhir adalah berdoa agar dimudahkan untuk melunasi hutang. Diantaranya doa yang Rasulullah SAW ajarkan kepada kita adalah:

“Ya Allah, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang haram…,…dan perkayalah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak meminta kepada selain-Mu.”(HR.Tirmidzi, Ahmad dan Al Hakim)

Memang kalau kita berhutang dan tidak sampai sanggup untuk membayarnya dalam waktu yang dekat kadang perasaan sedih itu muncul. Tapi tadi susah dijelaskan seperti yang dianjurkan Rasulullah di atas, beberapa diantaranya yaitu hilangkan rasa sedihmu, bertawakal kepada Allah SWT., bersedekah dan perbenayak berdoa.

Seperti yang tadi sudah disebutkan juga bahwa siapa yang bersungguh-sungguh mengembalikan hutang maka Allah akan membantu kita. Tetapi ketika kita berhutang tapi kita tidak ada niat untuk mengembalikannya dan justru menghabiskannya maka Allah akan murka. Semoga kita dijauhkan dari lilitan hutang yang membuat hidup kita tidak tenang. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang merugikan. Tetaplah menjadi hamba Allah yang bertakwa dan beriman.

Demikianlah penjelasan cara yang diajarkan Rasulullah agar keluar dari beban hutang. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Leave a Reply