6 Manfaat Ini Menjelaskan Kenapa Wanita Juga Bisa Melakukan Olahraga Tinju

Tentu saja, semua wanita ingin terus merasa bugar dan sehat. Tapi bukankah akan lebih menarik bila kamu juga bisa nampak seperti jagoan ketika melakukannya? Karena inilah yang kemudian membuat banyak wanita jadi begitu terobsesi dengan olaharga tinju. Bila kamu butuh alasan untuk mencobanya, berikut ini 10 alasan mengapa olahraga tinju adalah olahraga yang sangat bagus untuk wanita.

1. Karena harus menggerakkan seluruh badan, tinju sangat baik untuk melatih jantung.

Tinju itu sehat via www.sheknows.com

Tinju itu sehat via www.sheknows.com

Tujuan utama berolahraga adalah supaya badan tetap fit dan bugar. Tapi jangan lupa, bahwa dengan olahraga juga bisa membuat tubuhmu sehat dalam waktu yang lama. Nah, untuk memastikan tubumu tetap sehat, jatung pun harus dijaga selama mungkin. Seorang pelatih kebugaran dari AS mengatakan bahwa dengan bertinju akan membuat tubuh bisa bernapas secara cepat dan meningkatkan detak jantung. Saat bertinju detak jantung pun akan memompa darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan otot-otot jantung. Berolahraga tinju juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular sekaligus stroke.

2. Berolahraga tinju akan membuat kamu sangat-sangat fit setelah drop.

Fit setelah drop via www.telegraph.co.uk

Fit setelah drop via www.telegraph.co.uk

Jika kamu ingin memulihkan kesehatan tubuh, maka olahraga tinju bisa dilakukan. Tinju akan menjaga detak jantung berada pada tingkat yang pas. Namun, bila kebugaran secara menyeluruh adalah tujuan yang ingin kamu capai, maka kamu harus fokus pada latihan anaerobic dan aerobic yang ada di olahraga tinju. Hampir 70-80 persen anaerobic dan 20-30 persen aerobic ada dalam olahraga tinju. Dengan melakukan tinju, bisa membantu jantung berdetang sebanyak 75-85 persen dari biasanya dan ini merupakan angka yang direkomendasikan dalam berolahraga.

3. Dengan melakukan olahraga tinju, kamu bisa membakar kalori dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Tubuh ideal via www.chinadaily.com.cn

Tubuh ideal via www.chinadaily.com.cn

Tinju merupakan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, dan mampu membakar banyak kalori. Dengan melakukan olaharga tinju selama satu jam perhari, kamu akan membakar sebanyak 300-500 kalori. Dengan begitu, tubuh sehat dan bugar pun bisa kamu dapatkan, Oh ya, kamu juga harus mengimbanginya dengan minum air putih ya. Jangan sampai dehidrasi.

4. Melakukan olahraga tinju mampu membakar lemak dengan cepat dan efektif.

Bakar lemak via www.micronesiaforum.org

Bakar lemak via www.micronesiaforum.org

Tahukah kamu tinju tak hanya membakar kalori? Berolahraga tinju bisa membakar lemak visceral, yakni lemak yang ada di sekitar perut. Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan olahraga lain, seperti lunges, press ups, dan jumping squats yang sangat efektif membakar lemak berlebih. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tubuh sehat bebas lemak. Tertarik mencoba?

5. Dengan berolahraga tinju kamu akan mendapatkan tubuh yang kuat.

Tubuh yang kuat via www.boxing.com

Tubuh yang kuat via www.boxing.com

Tujuan lain dari olahraga tinju adalah untuk mendapatkan kekuatan. Nah, untuk membentuk ketahanan otot dan kecepatan, kamu bisa malakukan tinju. Dalam kondisi kesehatan yang kurang prima, kamu butuh menaikkan kekuatan tubuh. Selain itu dengan berolahraga tinju, kamu juga akan mendapatkan tubuh yang ideal dan otot yang kuat. Jadi, kalau kamu ingin melatih otot, kamu bisa berolahraga tinju.

6. Bukan cuma akan mendapatkan otot yang baik, tinju juga bisa menjadi pelepas stress.

Penghilang stress via burlingtoncrosstraining.com

Penghilang stress via burlingtoncrosstraining.com

Kamu mungkin sering melihat orang meninju samsak secara terus menerus untuk menghilangkan stress. Dan ternyata benar, meninju samsak secara berkala dan teratur bisa menurunkan stress karena pada dasarnya tinju bersifat terpatic atau menenangkan. Menurut sebuah penelitian, tinju membantu melepaskan stress pada mental dan fisik dengan menurunkan hormone kartisol, sekaligus meningkatkan hormone endrofin. Bukan hanya itu, bertinju juga bisa mendongkrak mood kamu yang lagi dalam keadaan kacau.

Banyak orang menyangka berolahraga tinju membutuhkan peralatan yang rumit, namun hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan latihan tali skipping dan stopwatch. Jadi tak ada alasan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal ya…

Leave a Reply