6 Kebiasaan yang Perlahan Tapi Pasti Akan Menumpulkan Kinerja Otakmu

Jika kamu pernah merasakan adanya perubahan kinerja otak, seperti tak mampu menemukan ide-ide kreatif, tak mampu berpikir secara cepat, atau sering mengalami kesalahan dalam hal mengetik atau menulis, mungkin itu adalah indikasi menurunnya sel-sel pada otak. Memang, di jaman sekarang, kondisi stress sering dialami orang-orang yang memiliki waktu super sibuk. Bahkan, tekanan batin dari hubungan atau pekerjaan pun sering mempengaruhi sensor kognitif seseorang. Kondisi stress kebanyakan tak dirasakan secara langsung oleh si penderita. Biasanya mereka tiba-tiba drop atau kehilangan akal sehat.

Selain itu, berbagai kebiasaan sehari-hari pun sering memberikan dampak jangka panjang otak manusia. Nah, agar kamu terhindar dari stress dan daya ingatmu semakin tajam, berikut 6 kebiasaan yang jangan sampai kamu lakukan:

1. Jangan memaksakan otak untuk berpikir ketika tubuh sedang drop.

Berfikir keras via www.timesofmalta.com

Berfikir keras via www.timesofmalta.com

Ketika tubuh dalam kondisi drop, sangat tidak disarankan untuk berpikir terlalu keras. Hal ini mempunyai hubungan yang erat dengan kinerja otak. Dalam kondisi karena infeksi, otak dipaksa mengirim sinyal ke kelenjar getah bening guna melawan infeksi, nah saat otak dipakai berpikir terlalu keras, otak justru akan menghancurkan banyak sel abu-abu. Sel abu-abu ini berfungsi untuk mengingat hal-hal yang telah dilakukan, kesadaran persepsei, alam sadar, dan bahasa.

Sama halnya dengan demam. Ketika tubuh drop dan dipaksa untuk berpikir, justru akan memperburuk suhu tubuh menjadi lebih tinggi, bahkan pada akhrinya otak akan memanas. Jadi, ketika suhu tubuh drop, cobalah untuk beristirahat dengan situasi yang nyaman dan tenang untuk memperbaiki kondisi tubuh.

2. Jangan malas untuk melewatkan sarapan pagi.

Sarapan pagi via www.thetimes.co.uk

Sarapan pagi via www.thetimes.co.uk

Melakukan kegiatan sehari-hari pastinya membutuhkan tenaga fisik dan otak yang seimbang. Banyak orang yang melewatkan sarapan pagi dan akhirnya berdampak hilangnya fungsi otak untuk berpikir. Yang perlu kamu tahu tentang sarapan pagi adalah; jangan menggabungkan mie instant dengan nasi. Hal ini bisa membuat berat badanmu tak ideal karena kelebihan karbohidrat. Nutrisi pada sarapan pagi pun juga harus cukup, di mana saat tubuh kekurangan tenaga maka kinerja otak akan menurun –bahkan ikut menurunkan tingat gula darah. Jadi mulai sekarang, jangan lagi malas sarapan pagi ya…

3. Karena tubuhmu bukan robot, jangan memaksakan perut menampung banyak makanan.

Makan kebanyakan via www.tripadvisor.com

Makan kebanyakan via www.tripadvisor.com

Makan secara berlebih juga meningkatkan risiko buruk bagi otak. Biasanya, kita sering memakan makanan cepat saji yang kita tak tahu bagaimana proses pembuatannya. Dari segi rasa memang enak, tapi apa kamu yakin terjamin kebersihannya? Nah, agar daya ingatmu semakin tajam, ada baiknya untuk mengurangi makanan cepat saji dan memberikan perutmu ruang untuk bernapas. Bila kamu terus memaksa perut untuk menampung makanan, maka produksi insulin pun jadi tak seimbang.

4. Terlalu sering dehidrasi bisa menurunkan daya ingat.

Dehidrasi via www.l-men.com

Dehidrasi via www.l-men.com

Ketika kamu duduk selama berjam-jam di ruangan ber-AC, sel-sel dalam tubuh akan menyusut. Itulah mengapa, mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan bagi para pekerja kantoran. Bila kamu sering mengalami dehidrasi, maka tubuh akan ‘mengambil’ air dari otak dan membuat otak kesulitan untuk berpikir. Jadi jangan lupa bawa air mineral kemana pun kamu berada ya…

5. Jangan terlalu banyak mengosumsi makanan yang mengandung gula (manis)

Banyak gula via www.merdeka.com

Banyak gula via www.merdeka.com

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tingkat kadar gula darah berdampak pada hilangnya memori dan kemampuan daya ingat seseorang. Dengan kata lain, mengkonsumsi gula berlebih bisa membuat orang jadi bodoh. Itulah mengapa, bila kamu suka yang manis-manis, cobalah menggantinya dengan makanan lain atau dengan mekanan yang mengandung kadar gula rendah, agar daya ingatmu tetap tajam dan tubuh tetap prima.

6. Jangan menganggurkan otak.

Pemalas via www.smartfoxsecurity.com

Pemalas via www.smartfoxsecurity.com

Otak merapakan salah satu organ yang mampu beradaptasi sesuai dengan pemiliknya. Sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan latihan untuk mendapatkan otot yang kecang, otak pun demikian. Syaraf-syaraf otak juga perlu dilatih agar daya ingat semakin menajam. Biasanya, penyebab dari orang menganggurkan otak adalah karena Ia tak memiliki pekerjaan atau hal yang dilakukan. Pertama tubuh jadi malas, dan otak pun jadi ikut malas. Padahal ini adalah kebiasaan yang tidak baik dan membuat kemampuan otak jadi tumpul.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk melatih otak dengan memainkan permainan teka-teki silang atau catur. Dengan begitu otak jadi terbiasa untuk berfikir.

 

Leave a Reply