6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan dari Pasangan Jika Ingin Menuju ke Jenjang Pernikahan

Memang, butuh perjuangan ekstra mencari sosok yang pas untuk pendamping hidup kita. Semua orang pasti ingin memilih pasangan untuk sekali seumur hidup, inilah yang sering menjadi beban hampir setiap orang dalam mencari pendamping hidup. Buat yang sudah memiliki kekasih hati, pastinya ingin hubungannya bisa menuju ke jenjang  yang lebih serius, kan?

Tapi kita kadang juga dibuat ragu apakah memang dia pasangan yang tepat untuk jadi pendamping kita, apakah dia bisa menjadi pasangan yang bisa menyempurnakan kekurangan kita, apakah dia bisa begini, apakah dia bisa begitu. Pada akhirnya, kamu menjadi takut untuk menuju ke arah yang lebih serius.

Nah, buat kamu yang masih suka ragu dengan pasanganmu, berikut ini 8 hal yang harus kamu cari tahu untuk membunuh segala ragu.

1. Pandai mengatur keuangan untuk hal-hal yang lebih diperlukan.

Mengatur uang viaindianexpress.com

Mengatur uang viaindianexpress.com

Sebuah fase manis pastinya selalu muncul  diawal pacaran. Kamu selalu menunjukan sifak baik di depan pasanganmu, memajankannya, menjadikannya bak ratu atau raja. Sebisa mungkin kamu tidak akan mengecewakan pasanganmu. Setiap hari ingin menghabiskan waktu bersama pasanganmu dengan menghabiskan waktu di cafe, jalan-jalan, nonton bioskop, nonton konser, dll. Namun, seiring berjalannya waktu, pemikiran kalianpun mulai berubah menjadi lebih dewasa. Pasanganmu menjadi orang pertama yang tak bosan-bosannya mengingatkanmu untuk berhemat, mengaloksikan uang ke dalam hal-hal yang lebih bermanfaat. Point pertama sudah kamu dapatkan, dia masuk dalam kriterian pasangan yang bisa diandalkan karena bisa mengatur keuangan.

2. Kenyamanan adalah harga mati dalam sebuah hubungan.

Kenyamanan via www.lovesystems.com

Kenyamanan via www.lovesystems.com

Untuk bisa bertahan dengan pasangan, tentu kamu butuh kenyamanan. Tanpa adanya kenyamanan, menghabiskan waktu sejam saja rasanya seperti berbulan-bulan lamanya. Tanpa adanya kenyamanan, hubungan sangat terasa hambar dan membosankan. Dan, yang menakutkan, jika salah satu pasangan sudah tidak lagi mendapatkan kenyamanan, dia mencari kenyamanan pada diri orang lain yang berujung perselingkuhan. Mengerikan, bukan? Kenyaman adalah harga mati dalam sebuah hubungan.

Namun, jika pasanganmu mampu bertahan di sebelahmu tanpa banyak mengeluh dan selalu memberikan perhatian penuh, itu artinya dia sudah nyaman menjadi pasanganmu. Pasangan seperti inilah yang wajib dipertahankan.

3. Menjadi suporter terbaik dalam situasi dan kondisi apapun.

Saling menyemangati via fosteringawareness.org

Saling menyemangati via fosteringawareness.org

Saling menghargai pekerjaan masing-masing merupakan salah satu hal yang juga harus dimiliki setiap pasangan. Ketika pasanganmu sedang sakit, sedih, atau tertimpa masalah, berilah dia semangat, hiburlah dia. Tetaplah berada di sisinnya dalam keadaan apapun juga. Teruslah semangati pasanganmu meski dia tak meminta. Pasangan yang bisa memosisikian dirinya dengan baik di depan pasangannya adalah pasangan yang wajib dipertahankan. Jika dia lebih mementingkan dirinya sendiri, jangan segan untuk mencoretnya dari daftar calon pasangan ideal.

4. Memiliki peran penting dalam perubahanmu menuju arah yang lebih baik.

Menuju perubahan viawww.123rf.com

Menuju perubahan viawww.123rf.com

Kamu selalu mengabiskan hidupmu dengan hura-hura, bersenang-senang, menghambur-hamburkan uang, malas-malasan, dan hal-hal lain negatif lainnya. Bagimu, memikirkan masa masih sangat jauh dari angan-angan. Namun, setelah kamu memutuskan untuk menjalin suatu hubungan, tiba-tiba kehidupan kamu berubah 360 derajat. Kamu menjadi pribadi yang lebih baik, hidupnya jadi lebih terarah dan teratur, dan kamu juga mulai merancang kehidupanmu dimasa depan. Hal tersebut tak lepas dari campur tangan pasanganmu yang begitu sabar dan pengertian mengajakmu untuk berubah ke kehidupan yang lebih bermanfaat. Nah, pasangan yang seperti ini jangan sampai kamu sia-siakan. Masukanlah dia ke dalam daftar calon pasangan ideal.

5. Mau membicarakan hal-hal kecil tentang masa depan.

Masa depan viablogs.webmd.com

Masa depan viablogs.webmd.com

Obrolan-obrolan sederhana seperti:

“Nanti setelah menikah kamu pingin punya anak berapa, beib?”

Atau

“Sayang, nanti acara nikahan kita outdoor aja gimana?” 

Mengkhayalan masa depan yang indah dan membahagiakan menjadi hal wajah dan bukanlah hal yang aneh dalam suatu hubungan. Akan tiba masanya obrolan-obrolan tantang masa depan menghinggapi dua sejoli yang akan menuju jenjang pernikahan. Nah, saat kamu membicarakan segala tetek bengek tentang masa depan, dan pasanganmu memberi respon penuh antusias, itu tandanya dia sudah mantap menjadi psangan sehidup sematimu. Bahkan, pasanganmu tidak segan mengawali perbincangan tentang hal-hal yang berkaitan dengan masa depan kalian berdua.

6. Berani meminangmu di hadapan Tuhan, bapak penghulu, dan tentunya kedua orangtuamu.

Pernikahan via wedding.poetrafoto.com

Pernikahan via wedding.poetrafoto.com

Tanpa adanya usaha, doa, komitmen, dan keberanian, hal-hal besar yang sudah direncakan bisa gagal. Ya,  gagal itu wajar.  Tapi, berusaha untuk bangkit lagi dan berani berjuang sampa mati adalah sikap yang jarang ada dalam diri seseorang. Jika kamu sudah mendapatkan pasangan yang sesuai dengan kriteriamu yaitu bisa membuat nyaman, mau menjadi lebih baik, selalu ada setiap waktu, maka sekarang adalah waktu tepat untuk meminang pasanganmu: mengikat tali cinta dengan sebuah pernikahan yang syahdu.

Menyelenggarakan acara sakral seperti acara pernikahan memang bukanlah perjuangan yang mudah.  Ikatan pernikahan bukan hanya menyatukan dua hati tapi juga dua keluarga. Jelas itu bukan sesuatu yang remeh-temeh. Pasangan yang berani membawamu ke jenjang yang lebih serius patut untuk dijadikan pasangan sehidup sematimu. Hingga akhirnya, angan-angan masa depan yang sudah dirajut pun bisa terlaksana juga.

Mencari sosok yang pas untuk dijadikan pasangan sekali seumur hidup dengan segala macam kelebihan dan kekurangannya memang bukanlah hal yang mudah. Tapi setidaknya, dengan ini kamu bisa tahu apakah pasanganmu itu benar-benar  pasangan yang tepat untuk menjadi pasangan dunia-akhiratmu. Jangan ragu. Kuatkan komitmenmu. Lekas pinang kekasihmu. Semoga berkah selalu.

Leave a Reply