5 Titik Akupresur yang Bisa Meredakan Segala Nyeri. Kamu yang Masih Pemula Juga Bisa Melakukannya Kok

Sebagian dari kamu pasti pernah merasa sakit di bagian tertentu dari tubuh. Dan, hal pertama yang akan kamu lakukan adalah menyentuh tempat yang sakit tadi. Tahukah kamu, kalau dilakukan dengan tepat,  sentuhan tersebut bisa benar-benar menyembuhkan? Ini adalah bentuk dasar dari teknik Akupresur.

Akupresur telah dikenal selama lebih dari 5.000 tahun dalam penyembuhan tradisional Cina. Akupresur berusaha untuk menyeimbangkan energi kehidupan (qi) dengan menerapkan tekanan pada titik-titik tertentu di seluruh tubuh. Fokusnya terletak di sepanjang saluran energi dalam tubuh, yang dikenal sebagai meridian.  Nah, kita biasanya mengalami rasa sakit ketika meridian ini tidak seimbang.

Teknik akupresur berusaha untuk membuka meridian dengan menerapkan tekanan ke titik tertentu, yang memicu pelepasan endorfin di otak. Endorfin mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang. Setelah tubuhmu tidak lagi sakit, otot bisa bersantai dan aliran darah akan membaik, sehingga tubuh kembali seimbang.

Akupresur merupakan praktek yang aman untuk pemula, meskipun tidak memijit titik yang tepat, kamu akan tetap baik-baik saja. Namun, khusus untuk wanita hamil dan pasien kanker tidak dianjurkan untuk melakukan akupresur tanpa pengawasan. Pada dasarnya ada ratusan titik di tubuh kita, tapi di sini kita akan membahasnya yang dasar-dasar saja.

1. Sakit kepala

Akupresur Sakit kepala

Titik ini bukan hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, tetapi juga bisa mengobati sakit gigi, nyeri leher, nyeri bahu, arthritis, mabuk dan sembelit.

Lokasi: Antara ibu jari dan telunjuk, pada titik tertinggi dari otot, di mana dua jari bergabung.

Cara tekan: Tekan dan pijat titik di satu sisi selama beberapa menit, kemudian lakukan hal yang sama ke sisi lain. Ulangi sampai rasa sakit menghilang.

2. Mual dan muntah

Akupresur Mual dan muntah

Pijitan ini membantu mencegah mual dan muntah yang disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kehamilan, mabuk perjalanan dan kemoterapi. Selain itu juga membantu mengobati sakit perut, sakit kepala, nyeri dada dan carpel tunnel syndrome.

Lokasi: Titik terletak di antara dua tendon besar di bagian dalam pergelangan tangan, sekitar 3 jari di bawah pangkal telapak tangan.

Cara tekan: Tekan titik dengan telunjuk dan jari tengah selama setengah menit, kemudian lakukan hal yang sama di tangan satunya. Ulangi beberapa kali, sampai rasa mual hilang.

3. Kelelahan dan ketegangan mata

Akupresur Kelelahan dan ketegangan mata

Pijat ini bisa mengurangi kelelahan, ketegangan mata, sakit kepala, insomnia, masalah sinus dan pencernaan. Selain itu juga bisa meningkatkan memori dan meningkatkan kesehatan spiritual dan emosional.

Lokasi: Titik terletak di tengah hidung bawah alis.

Cara tekan: Gunakan jari tengah untuk menekan titik ini selama beberapa detik, sampai satu menit. Cobalah untuk melakukannya selama beberapa kali dalam seminggu.

4. Depresi

Akupresur Depresi

Titik ini uga dikenal sebagai Conception Vessel 17 (CV 17), titik ini membantu dengan masalah kesehatan emosional dan mental seperti depresi, kecemasan, kegelisahan dan histeria. Hal ini juga membantu meningkatkan kekebalan.

Lokasi: Titik terletak di dada, sekitar 3 – 4 jari di atas dasar tulang dada.

Cara tekan: Duduklah di kursi dengan posisi punggung benar-benar tegak. Gandengkan tangan seolah-olah kamu sedang berdoa. Tekan titik tersebut dengan jari-jari mengarah ke atas. Lalu tekan ke bawah selama beberapa menit saat mengambil napas dalam-dalam.

5. Masalah pencernaan

Akupresur Masalah pencernaan

Titik ini digunakan untuk meringankan segala macam masalah pencernaan seperti diare, sembelit, mual, muntah, kembung dan gangguan pencernaan. Titik ini juga meningkatkan kekebalan, mencegah kelelahan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Lokasi: Tekuk kaki, tepat di bawah tempurung lutut. Intinya terletak di mana jari kelingking tangan, tidak di tengah-tengah kaki, tapi di luar tulang kering.

Cara tekan: Terapkan tekanan sedang sampai titik ini selama beberapa detik setiap hari. Kamu bisa menekan titik pada kedua kaki pada waktu yang sama.

Nah, gimana? Daripada kamu harus minum obat pereda atau ke dokter, mending coba akupresur di atas ya? Semoga bermanfaat guys! Keep healthy!

Leave a Reply