5 Tips yang Harus Kamu Perhatikan Agar Perjalananmu Bersama Hewan Peliharaan Aman dan Nyaman

Liburan biasanya menjadi sebuah kegiatan yang selalu dilakukan bersama keluarg, teman terdekat maupun pasangan. Namun pernahkah kamu berpikir untuk membawa hewan peliharaan kamu selama berlibur? Hal inilah yang pastinya diinginkan oleh setiap pecinta hewan dimana saja. Namun membawa sang peliharaan bersama selama liburan, bisa menjadi kegiatan baru sekaligus membingungkan.

Nah, kira-kira apa saja yang harus kita lakukan agar membuat liburan bersama hewan peliharan menjadi pengalaman yang tak terlupakan? Berikut ini tips menarik berlibur bersama hewan peliharan yang akan membuat liburanmu menyenangkan.

1. Berlibur menggunakan mobil

Berlibur menggunakan mobil via www.datemypet.com

Berlibur menggunakan mobil via www.datemypet.com

Berlibur menggunakan mobil merupakan hal yang paling umum dilakukan banyak orang. Selain memudahkan mobilitas kita dan keluarga, berkendara bersama keluarga juga cenderung lebih aman dan nyaman. Namun sebelum mengajak hewan peliharaan berlibur menggunakan mobil, terlebih dahulu kunjungi dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan peliharaan. Pastikan hewan peliharaan kamu terbebas dari penyakit agar tidak menimbulkan masalah selama perjalanan. Pastikan juga kendaraan kamu memiliki sabuk pengaman atau tempat duduk khusus saat sedang berkendara bersama hewan kesangan kamu.

Selain itu, jika peralanan kamu cukup panjang berhentilah selama beberapa kali sehingga hewan kamu bisa beristirahat sambil berjalan dan merenggangkan otot-ototnya sejenk. Sedangkan jika kamu menggunakan mobil atap terbuka, pastikan dulu hewan peliharaan kamu sudah terikat atau berada di dalam kandang agar mencegah hewan tersebut kabur atau meloncat keluar mobil.

2. Berlibur menggunakan pesawat

Berlibur menggunakan pesawat via comfortableflight.com

Berlibur menggunakan pesawat via comfortableflight.com

Berlibur pastinya tidak terlepas dari transfortasi udara yaitu pesawat. Nah perjalanan menggunakan pesawat cenderung bisa membuat hewan mengalami stress atau trauma. Untuk menghindari hal tersebut lakukanlah beberapa hal berikut ini, seperti; menghubungi maskapai penerbangan tentang peraturan tentang membawa hewan selama penerbangan apakah ada pelarangan atau hewan tertentu yang tidak diperbolehkan memasuki pesawat.

Beberapa maskapai penerbangan terkadanga memberikan kebijakan dengan menempatkan hewan di kargo pesawat yang sebenarnya tidak baik bagi hewan peliharaan. Jadi perhatikan aturan penerbangan sebelum kamu berlibur.

Selanjutnya, jangan memberi makan hewan 6 atau 7 jam sebelum penerbangan. Tetapi berilah hewan peliharaan kamu minum sampai sebelum jam keberangkatan jam penerbangan kamu, sehingga hewan peliharaan kamu tidak mengalami dehidrasi. Dan yang terpenting, cek kesehatan hewan peliharaan kamu sebelum dan sesudah penerbangan.

3. Barang-barang yang wajib dibawa

Barang-barang yang wajib dibawa via petcentralvets.com

Barang-barang yang wajib dibawa via petcentralvets.com

Selain memerhatikan hewan selama perjalanan, kamu juga harus memerhatikan barang-barang yang wajib dibawa untuk dibawa berlibur bersama hewan peliharaan. Untuk mempermudah mobilitas selama berlibur bawalah kandang hewan yang aman dan nyaman, sehingga kemanapun kamu bepergian kamu tidak perlu repot mengarahkan hewan peliharaan kamu ke tempat tujuan. Bawalah juga tempat kotak kecil untuk buang air besar hewan peliharaan kamu. Agar tidak kaget, latihlah hewan peliharaan kamu dalam kotak kecil tersebut sehingga hewan peliharaan kamu bisa terbiasa buang air di tempat yang seharusnya. Bawalah mangkon atau tempat minuman yang anti bocor untuk menghindari kebosanan dan menghibur hewan peliharaan kamu bawalah bola atau mainan kesukaannya. Karena hal tersebut bisa digunakan untuk bermain bersama hewan kamu sampai tiba di kolasi berlibur. Jangan lupa juga bawa obat atau paksin yang disarankan oleh dokter hewan.

Selain perawatan untuk hewan, bawa selalu fotokopi sertifikat kesehatan hewan untuk asuransi jika sewaktu-waktu diperlukan. Yang terakhir pastikan hewan kamu membawa dan menggunakan kalung identifikasi sehingga saat hewan kamu hilang atau tersesat seseorang bisa membantu atau mengembalikan hewan kamu.

4. Hal-hal yang sebaiknya tidak kamu dilakukan

Hal-hal yang sebaiknya tidak kamu dilakukan via uk.virginmoney.com

Hal-hal yang sebaiknya tidak kamu dilakukan via uk.virginmoney.com

Berlibur bersama hewan kesayangan kamu sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah merokok di dalam mobil. Jangan sampai kamu merokok di dalam mobil karena akan membuat hewan peliharaan kamu menjadi tidak nyaman. Jadi sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak merokok. Selain itu, tutuplah jendela mobil saat berkendara dengan hewan peliharaan kamu. Karena hewan sering kali mengeluarkan kepalanya keluar jendela yang dapat membahayakan dirinya dan pengendara mobil lain.

Selanjutnya, jangan meninggalkan  hewan kamu sendirian di dalam mobil saat kamu berhenti di suatu tempat. Hal ini untuk mengindari suatu hal yang membahayakan hewan atau mencegah hewan kabur dari dalam mobil.

5. Kendalikan emosi

Kendalikan emosi via www.united.com

Kendalikan emosi via www.united.com

Buat kamu yang membawa hewan peliharaan saat liburan, tingkatkan lagi kesabaranmu dan jangan mudah emosi. Membawa hewan peliharaan mungkin memang sedikit membuat repot, seperi saat dia kelaparan, stress atau bahkan buang air besar. Itulah mengapa kamu harus bisa lebih sabar lagi dan jangan sampai emosimu terpancing. Usahakan beri dia ruang agar dia tetap merasa nyaman.

Seperti yang sudag disebutkan di atas, tutuplah jendela mobil kamu, berhentilah beberapa kali agar hewan peliharaanmu tidak stress saat ada di dalam mobil, bawa beberapa mainan agar dia tidak merasa bosan saat kamu mengajaknya melakukan perjalanan, bawa juga kotak kecil untuk tempat minum dan makan. Jangan lupa sediakan juga kandang agar dia tidak jelalatan kemana-mana.

Tapi, buat kamu yang belum bisa mengendalikan emosi, sebaiknya jangan pernah sekali-kali membawa hewan peliharaan saat kamu jalan-jalan.

Membawa hewan peliharaan ssaaat liburan memang pasti akan lebih menyenangkan meski ada beberapa hal yang cukup merepotkan. Membawa hewan peliharan saat liburan akan membuat liburanmu menjadi tidak membosankan dengan tikah polahnya yang lucu nan menggemaskan.

Buat kamu yang memang ingin membawa peliharan saat liburan, perhatikan hal-hal seperti yang sudah disebutkan diatas tadi agar perjalananmu lebih aman dan nyaman. Semoga inforamsi ini bisa bermanfaat. Dan selamat mencoba..

Leave a Reply