5 Gunung Ikonik yang Patut Kamu Jelajahi di Malang

Jawa Timur salah satu provinsi di Indonesia ini memang memiliki pesona yang elok luar biasa. Bukan cuma memiliki pantai dan air terjun yang eksotis, Jawa timur juga memiliki gunung-gunung yang cantik. Tak heran, kalau Jawa Timur ini menjadi surga bari para pendaki. Kontur Jawa Timur yang berbukit-bukit membuatnya dikeliling banyak gunung yang menarik untuk dijelajahi. Di Jawa Timur, salah satu destinasi yang sering diburu para pendaki adalah Malang.

Malang merupakan salah satu kabupaten terbesar di Jawa Timur. Banyak wisata elok di dalamnya, wisata gunung misalnya saja. Nah, berikut ini 5 gunung di Malang yang layak banget untuk kamu daki.  Simak yuk.

1. Gunung Panderman, tempat asik buat arek-arek Malang yang ingin melarikan diri dari rutinitas sehari-hari.

Gunung Panderman via elgigit.wordpress.com

Gunung Panderman via elgigit.wordpress.com

Gunung yang memiliki ketinggian 2000mdp ini mungkin belum banyak yang tahu. Tapi bagi warga Malang gunung ini kerap dijadikan tempat untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari, untuk menenangkan diri, menyegarkan pikiran.

Gunung Panderman masih dalam komplek pegunungan Kawi. Untuk sampai di gunung Pandderman, kamu bisa melalui Jalur dari Kota Batu. Dan, untuk sampai puncak biasanya memakan waktu 2 jam perjalanan. Buat kamu yang ingin ngecamp, kamu bisa memasang tenda di Puncak. Atau, kamu juga bisa  memasang tenda di Latar Ombo yang menajdi shelter satu-satunya di Panderman.

2. Gunung Bromo, hiking asik tanpa perlu bersusah payah.

Gunung Bromo via www.twisata.com

Gunung Bromo via www.twisata.com

Gunung yang menjadi salah satu icon objek wisata Malang ini mungkin memang bukan destinasi utama untuk para pendaki, tapi keindahannya yang ada didalamnya sangat sayang bila diabaikan begitu saja.

Banyak wisata lokal maupun mancanegara yang menginjakan kaki di  Bromo. Keindahan yang ada di dalamnya memang sungguh luar biasa. Bahkan banyak film yang sengaja mengambil setting tempat di Bromo, salah satunya adlah film “Pasir Berbisi” yang dibintangi aktris cantik Dian Sastowardoyo dan bunda Kristin Hakim.

Untuk sampai di Bromo ada 3 jalur yang bisa kamu lewati, yaitu jalur Probolinggo, Tumpang dan Nongko Jajar. Jika kamu ingin mengambil jalur dari Malang kamu bisa memilih jalur Tumpang, karena jalur ini yang paling dekat.  Meski demikian, jalur Nongko Jajar malah lebih sering dijadikan jalur pendakian oleh para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan akses jalannya yang masih bagus dan tidak terlalu mengkhawatirkan.

Banyak spot cantik yang bisa dinikmati di Gunung Bromo, seperti; kawah Bromo, Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, Puncak Pananjakan dan Gunung Batok.

3. Puncak Arjuno, pesona gunung yang tiada duanya.

Puncak Arjuno via infopendaki.com

Puncak Arjuno via infopendaki.com

Gunung yang memiliki ketinggian 3339 mdpl ini terletak di sisi barat laut Kota Malang. Gunung Arjuna ini kerap dijadikan spot untuk melakukan Pendidikan Dasar oleh para Pecinta Alam.

Ada 3 jalur pendakian menuju Gunung Arjuno, yaitu jalur Tretes, Batu dan Lawang. Untuk jalur Tretes sebenarnya masuk ke Kabupaten Pasuruan, namun kebanyakan pendaki justru malah memilih lewat jalur Tretes untuk menuju puncak Arjuno. Alasannya karena jika lewat Tretes bisa langsung sekalian mendaki ke Gunung Welirang, persimpangan jalan antara Arjuno-Welirang berada di shelter Pondokan yang dilewati jika mendaki dari Tretes.

Ada keuntungan tersendiri bila kamu memilih jalur Tretes, yaitu banyaknya sumber air pada tiap shelter. Jadi, kamu nggak perlu khawatir bakal kehabisan stok air. Meskipun jalur pendakian Tretes ini sebenarnya jalur trek mobil Jeep bagi para penambang belerang.

4. Gunung Welirang, tempatnya para penembang belerang.

Gunung Welirang via kfk.kompas.com

Gunung Welirang via kfk.kompas.com

Memiliki ketinggian 3156 mdpl, Gunung Welirang ini berada tak jauh dari Gunung Arjuna. Letaknya yang saling berdekatan membuat para pendaki tertarik untuk menaklukan kedua gunung tersebut. Gunung Welirang merupakan gunung aktif, bahkan masih sering memuntahkan cairan beleran dan asap tebal. Sementara Gunung Arjuna sudah tidak aktif lagi.

Di Gunung Welirang banyak sekali penambang belerang. Profesi penambang belerang memang menjadi profesi yang paling banyak digeluti warga sekitar gunung Welirang. Hasil tambang mereka biasanya akan dibawa ke shelter Pondokan, selanjutnya hasil tambang tersebut diangkut oleh mobil Jeep untuk kemudian dijual.

Jika jika kamu mendaki ke gunung Welirang jangan heran kalau sering menjumpai banyak para penambang. Mengingat mereka banyak membawa hasil tambang  yang sangat berat, sebagai pendaki yang baik dan bijak, sebaiknya berikanlah mereka jalan terlebih dulu.

5. Gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa yang patut sekali kamu jelajahi keindahannya.

Gunung Semeru via news.liputan6.com

Gunung Semeru via news.liputan6.com

Bagi para pendaki, gunung Semeru ini pasti sudah tak asing lagi. Gunung yang memiliki ketinggian 3676mdpl ini merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Banyak keindahan yang bisa kamu jumpai di Semeru, salah satunya adalah puncak mahameru dan danau Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo disebut sebagai surganya Gunung Semeru.

Untuk sampai ke puncak, kamu  bisa melewati jalur Ranu Pani yang merupakan satu-satunya jalur menuju puncak Mahameru. Jika kamu start dari Stasiun Kota Baru Malang, kamu harus naik angkot dulu jurusan Terminal Arjosari, lanjut menuju Pasar Tumpang.  Dari Pasar Tumpang tersebut lanjut perjalanan menuju  Rest Area sampai akhirnya tiba di Ranu Pani denga menyewa Jeep.

Banyak orang memilih mendaki gunung untuk sekedar melarikan diri dari rutinas sehari-hari. Kini semua orang-orang seolah tengah berlomba-lomba untuk menghbiskan akhir pekan di gunung. Tpi, perlu di ingat, khusnya bagi para pemula, mendaki gunung itu bukan aktivitas mudah, banyak resiko yang harus siap kamu tanggung. Persiapkan segalanya dengan matang jangan cuma mengandalkan tekat saja. Mulai dari mental, fisik, dan segala macam perlengkapan pendakian harus benar-benar di perhatikan. Bila perlu bawalah partner perjalanan yang sudah berpengalaman untuk keamanan.

Satu hal penting lagi yang harus diperhatikan, yaitu etika. Jangan pernah sekali-kali bertindak sembarangan, di gunung bener-bener harus jaga etika. Jadilah pendaki yang bijak dan bertanggungjawab. Tetap semangat. Tetap jaga kebersihan dan kelestarin alam sekitar. Semoga bermanfaat. Selamat mendaki.

One Response

  1. MayaMedia March 23, 2016

Leave a Reply