4 Rumus Ini Akan Membantu Seberapa Banyak Air yang Harus Kamu Minum Perharinya

Tips menambah cairan via Popsugar

Tips menambah cairan via Popsugar

Mungkin sebagian dari kamu pernah mendengar istilah “minum 8 gelas perhari”. Istilah ini memang sangat dianjurkan banyak dokter dunia. Tapi tahukah kamu tidak semua orang harus minum 8 gelas perhari? Pada dasarnya. minum adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan. Karena hampir 80 persen dari tubuh kita adalah cairan, maka akan muncul banyak gangguan bila tubuh kekurangan cairan.

Sebenarnya, istilah minum 8 gelas perhari tidak untuk semua orang. Salah satu cara untuk mengetahui berapa banyak air yang harus kamu minum adalah dengan menggunakan rumus di bawah ini. Yuk, cek sama-sama.

Langkah 1: Periksa berat badanmu.

Cara ini menghitung asupan air berdasarkan berat badanmu, Misalnya, berat badanmu 45 kilo, kamu tidak harus minum dengan jumlah yang sama pada orang dengan berat 85 kilo. Kamu hanya membutuhkan asupan air sebanyak 5 gelas perhari. Selain itu, dengan mengecek berat badan juga bisa membantu untuk mengetahui berapa banyak makanan yang mengandung air bisa masuk dalam tubuh.

Langkah 2: Bagilah jumlah berat badanmu dengan angka 30.

Kalau kamu masih bingung, cobalah dengan membagi jumlah berat badanmu dengan angka 30. Hasil yang kamu dapat adalah jumlah liter air yang harus minum per harinya. Misalnya, kalau berat badanmu 60 kg, kamu harus minum 2 liter air sehari, sedangkan bila berat badanmu 80 kg, kamu harus minum 2,60 liter (2 liter dan 600 ml) per hari.

Langkah 3: Tambahkan jumlah air saat kamu sedang olahraga.

Jika kamu sering berolahraga, kamu akan kehilangan banyak cairan yang keluar melalui keringat. Untuk mendapatkan asupan cairan yang tepat, kamu bisa minum 0,350 liter (350 ml) air setiap setengah jam. Jadi, bila kamu berolahraga selama satu jam setiap hari, tambahkan 0,7 liter (700 ml) air untuk asupan harianmu.

Langkah 4: Ingat bahwa setiap makanan yang kamu makan juga memiliki air.

Untungnya, kamu tidak harus minum semua bahwa air dalam bentuk cair, karena makanan yang sering kamu makan memiliki kadar air di dalamnya. Bahkan, sekitar 20 – 25% dari asupan air dalam tubuhmu berasal dari makanan yang kamu makan. Agar lebih jelas, kamu bisa lihat tabel berikut:

Formula minum air

Tabel di atas menunjukkan berapa banyak kadar air dalam buah-buahan dan sayuran. Kolom yang harus kamu perhatikan adalah kolom water weight, di mana 1 gram air = 1 ml air. Misalnya, jika kamu makan apel yang memiliki 116 gram air, maka kamu bisa minum air sebanyak 116 ml (0,116 liter) setiap harinya.

Pada dasarnya, mengkonsumsi cairan adalah cara yang paling tepat untuk membuat tubuh tetap segar. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit. Tapi, tentu saja, asupan air yang harus kamu minum juga harus sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi mulai sekarang, cek dulu 4 hal di atas bila kamu ingin menambah asupan cairan ya.

Leave a Reply