4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Dalam Berolahraga. Dampaknya Bisa Fatal Banget!

Memiliki tubuh sehat dan langsing adalah dambaan setiap wanita. Selain mengkonsumsi makanan bergizi, berolaharga secara rutin harus dilakukan. Dengan berolahraga tubuh bisa menjaga metebolisme secara tepat dan seimbang. Namun, apakah kamu tahu kalau berolaharga secara asal-asalanya justru bisa membuat tubuh drop?

Pada dasarnya, berloharga haruslah tepat dan teratur. Agar hasil maksimal, maka setiap gerakan yang dilakukan tak bisa ngawur. Cobalah untuk mengikuti ‘hukum’ pada suatu gerakan. Bila mengabaikannya, kemungkinan besar rencanamu mendapatkan tubuh sehat malah berantakan. Misalnya, kamu ingin jogging, tapi tak melakukan pemansan. Hal ini justru akan membuat tubuh kaget dan tidak maksimal.

Nah, contoh di atas adalah salah satu dari banyak kesalahan fatal yang sering dilakukan wanita ketika berolaharaga. Kurangnya pengetahuan membuat kesalahan ini menjadi hal yang biasa. Padahal, bila dilakukan terus menerus akan berakibat fatal. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 kesalahan fatal yang sering dilakukan wanita saat berolahraga.

1. Saking semangatnya, kamu sering melupakan pemanasan.

Mengabaikan pemanasan via gaya.tempo.co

Mengabaikan pemanasan via gaya.tempo.co

Banyak wanita melupakan gerakan pemanasan saat memulai olahraga. Berbagai alasan pun jadi faktor utama, seperti malas, kelamaan, dan takut terlebih dulu cedera. Kenyataannya, pemanasan merupakan gerakan yang wajib sekali dilakukan sebelum memulai olahraga. Bila tak melakukannya, justru kamu bisa cidera. Paling lama, pemansaan memakan waktu 5-10 menit. Jadi, mulai sekarang jangan lagi malas untuk pemanasaan ya… Oh ya, pendinginan pun juga sama. Aktivitas ini berfungsi untuk menormalkan kembali aliran darah serta detak jantung selepas olaharga.

2. Kebalikannya; saking malasnya, kamu sering memilih olahraga dengan intensitas rendah.

Malas berolahraga via husnicahyagumilar.com

Malas berolahraga via husnicahyagumilar.com

Kebanyakan wanita merasa bahwa berolaharga dengan intensitas rendah dengan durasi waktu panjang bisa lebih banyak membakar lemak. Tentu saja hal ini salah. Berolahraga dengan intensitas tinggi justru bisa memaksimalkan metabolisme tubuh dengan catatan waktu yang dibutuhkan juga cukup. Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah kapan kamu akan memulai olahraga. Waktu terbaik saat pagi dan sore hari. Dan untuk kamu yang berusia di atas 35 tahun, disarankan untuk tidak langsung melakukan olaharga dengan intensitas tinggi. Kamu harus melakukannya secara bertahap dan rutin. Selain itu, cobalah untuk menghindari benturan agar risiko cedera bisa diminimalisir.

3. Entah dari mana asal-usul “larangan minum kopi sebelum olahraga itu tidak baik”. Its wrong!

Larangan minum kopi via youqueen.com

Larangan minum kopi via youqueen.com

Banyak wanita –bahkan lelaki, yang mempercayai hal tersebut. Padahal meminum kopi sebelum olahraga justru dianjurkan. Hal ini didasarkan pada penelitian terbaru dari Australian Institute of Sport yang membuktikan bahwa kopi bisa membantu kinerja tubuh saat olahraga. Bahkan tiga kali lebih baik daripada tidak minum kopi sama sekali (dengan catatan tidak berlebihan). Untuk memulainya, kamu bisa meminum segelas kopi hitam 10 menit sebelum latihan. Nah, agar hasil maksimal, minumlah kopi tak bergula. Tapi bila berlebih, bisa menyebabkan sering pipis alias buang air kecil.

4. Kamu terlalu terobsesi dengan gerakan sit-up.

Terobsesi dengan sit-up

Terobsesi dengan sit-up

Tak jarang, obsesi wanita untuk mendapatkan perut yang ramping selalu diantisipasi dengan gerakan sit-up. Padahal, jika dilakukan secara terus menerus akan menghambat penceraan dalam lambung. Memang, gerkan sit-up bisa mengencangkan otot perut, tapi bila kamu melakukannya dengan tak wajar dan tak diimbangi gerakan lain, rasanya impian perut ratamu tak akan tercapai. Kamu harus menyesuaikan berapa banyak kalori yang keluar, dan diimbangin dengan jogging atau push-up.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang sering diabaikan wanita. Bila kamu termasuk salah satu diantaranya, yuk mulai sekarang lebih aware lagi J

Leave a Reply