4 Action Camera Paling Ciamik dan Recommended Buat Kamu yang Hobby Traveling

Traveling rasanya kurang lengkap tanpa foto-foto. Iya, kan? Yup, dengan berfoto, kita bisa mengabadikan setiap moment yang ada. Nah, biasanya ya, sebagai traveler, kamera berkualitas bagus itu perlu. Bener, nggak? Iya, jelas. Dengan kamera yang kualitasnya bagus, hasil foto juga pasti bagus alias nggak abal-abal. Biasanya lagi nih ya, kamera jenis DSLR sering digunakan para traveller buat hunting foto atau video pas jalan-jalan. Cuma sayanganya, kamera DSLR ini kurang simpel dan terlalu merepotkan buat dibawa ke tempat-tempat yang memiliki medan mengkhawatirkan. Saat trekking, diving dan bungee jumping, misalnya.

Nah, kamu pasti butuh kamera yang lebih simpel dan mudah untuk dibawa kemana-mana, kan? Karena hal tersebut juga, kini banyak bermunculan action camera untuk para traveller. Seperti GoPro, Xiaomi Yi, Brica B-Pro5 AE dan beberapa action camera lainnya. Kamera-kamera mungil tersebut mampu mengambil view dari sudut-sudut yang berbeda dan unik, ya meskipun kualitas gambarnya tak setajam kamera DSLR atau mirrorless. Mau tau lebih jelas seperti apa spesipikasi kamera-kamera mungil tersebut? Yuk simak ulasannya.

1. GoPro, pelopor action camera di kalangan para traveller.

GoPro via www.goprofanatics.com

GoPro via www.goprofanatics.com

Ya, GoPro bisa dikatakan pelopor jenis Action Camera di kalangan para traveller. Meskipun bentukya mungil, tapi memiliki kualitas videonya baik dan ciamik. untuk menghubungkan GoPro dengan Android atau I-Phone  menggunakan WiFi. Kualitas videonya yang sangat ciamik dan bagus membuat GoPro lebih sering dimanfaatkan untuk mendokumentasikan video daripada foto.

Jika ingin medapatkan kualitas yang lebih bagus, sebaiknya pakailah GoPro Hero 4. GoPro Hero 4 ini mempunyai 2 versi yaitu black dan silver edition. Dan tiap versi mempunyai spesifikasi yang berbeda.

GoPro Hero4 Black yang dihargai $499 (sekitar Rp6,7 Juta) memiliki kemampuan merekam gambar yang sangat jernih dan bagus. Resolusi mencapai 4K dengan kecepatan 30 fps. Untuk foto, GoPro Hero jenis yang satu ini dilengkapi dengan kepadatan 12 MP.

Untuk pengambilan video, GoPro Hero 4 Black bisa diatur pada kecepatan 120 fps jika kualitas video berada di titik rendah. GoPro Hero 4 Black  juga memiliki audio yang lebih baik dibanding versi terdahulunya yaitu GoPro Hero3. Sementara untuk GoPro Hero4 Silver yang diharagai $ 399 (sekitar Rp5,3 Juta), ia hanya mampu merekan gambar dengan resolusi  2,7K dengan kecepatan 30 fps.

2. Xiaomi Yi, action camera seharga 1 jutaan dengan kualitas memuaskan.

Xiaomi Yi via www.tokopedia.com

Xiaomi Yi via www.tokopedia.com

Xiaomi Yi yang dibandor dengan harga 1 jutaan ini disebut sebagai rival-nya GoPro. Meskipun harganya terbilang sangat murah, namun kualitas Xiaomi Yi mampu memuaskan para penggunanya. Terlebih bagi para pecinta foto selfie yang ingin mempunyai hasil gambar berkualitas tinggi. Selain menghasilkan gambar berkualitas tinggi, Xiaomi Yi juga dilengkapi Bluetooth v4.0 yang bisa digunakan untuk mengirim data ke perangkat lain.

Untuk menguhubungkan Xiaomi Yi ke smartphone cukup menggunakan WiFi. Caranya, instal aplikasi kamera yang sudah tersedia di smartphone, kemudian tekan tombol Wi-Fi yang terdapat disamping kiri.

Xiaomi Yi  memiliki tampilan bentuk yang simpel yaitu 60.4 × 42 × 21.2 mm dengan berat 72 gram. Memiliki 2 pilihan warna, yaitu warna hijau jungle dan putih. Material berbahan plastik Polycarbonat  dan ABS yang sudah teruji ketahanannya. Cocoklah untuk kegiatan travelingmu.

Xiaomi Yi terdiri dari 2 versi, yaitu versi travel edition dan basic editon. Perbedaannya  terletak pada paket penjualannya, untuk versi basic edition tidak dilengkapi monopod, sedengkan versi travel edition sudah dilengkapi dengan monopod. Jadi wajar kalau harga Xiaomi Yi versi Travel Edition memiliki harga jual lebih mahal daripada harga Xiaomi Yi vesi Basic Editon.

3. Selain Xiaomi Yi, ada juga Brica B-Pro5 AE yang bisa kamu jadikan perbandingan.

Brica B-Pro5 via olx.co.id

Brica B-Pro5 via olx.co.id

Action camera jenis Brica B-Pro5  AE ini juga diharga sekitar 1 jutaan. Action cam jenis ini sering dibanding-bandingkan dengan Xiaomi Yi yang juga dibandrol dengan harga 1 jutaan. Seperti action cam lainnya, Brica B-Pro5  AE ini juga sudah dilengkapi dengan WIFI. Selain itu, Brica B-Pro5  AE  ini juga dilengkapi menu LiveStream. Jadi, kamu bisa langsung melihat lewat smartphone apa yang lensa BPro-5AE lihat. Keren, kan?

Brica B-Pro5  AE  memiliki bentuk yang mungil yaitu 59.27 x 41 13 x 29 28 mm. Lensa lebar 170 derajat, baterai Li-Ion 1000mAh, kepadatan piksel 13 MP. Sayanganya, resolusi perekaman video hanya mencapai Full HD (1920×1080).

4. SJ Cam, action camera dibawah 1 jutaan. Wow, murah bingit ya.

SJ Cam via www.sjcam.com.au

SJ Cam via www.sjcam.com.au

Buat para traveller (yang kebetulan) memiliki budget tipis, SJ cam ini bisa nih jadi pilihan. Produk action camera keluaran Tiongkok ini dibandrol dengan harga di bawah 1 jutaan aja. Wow, murah bingit kan ya.  SJ Cam yang recommended untuk kamu beli adalah SJ Cam tipe SJ4000 dan sudah dilengkapi WiFi. Meski harganya sangat murah, tapi kualitasnya tak kalah oke dengan action camera lainnya.

Untuk video, SJCam menghasilkan video kualitas HD, kepadatan piksel 12 MP. Kecepatan sangst abik dalam menangkap gambar bisa memudahkan kamu dalam mengabadikan moment-moment  traveling.

Kamera yang satu ini menggunakan baterai lithium 900 mAh, dimensi kamera 25x25x10 cm, dan mampu dibawa ke dalam air. Untuk pengambilan video, kamera ini bisa dibilang kurang memuaskan jika dibandin dengan action cam yang sudah dibahas di atas.

Nah, itulah ulasan singkat tentang  beberapa action camera yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktifitas travelingmu. Oh iya, buat kamu yang menggunakan action camera, ada beberapa hal yang harus kamu diperhatikan.

Pertama, untuk memberikan efek cembung  (wide), atur settingan ke mode foto 5 MP  atau bisa juga 8 MP.

Kedua, Setting ISO rendah untuk pengambilan gambar di siang hari, kenapa? pengambilan gambar di siang hari dengan ISO tinggi akan menimbulkan noise.  Setting ISO tinggi hanya cocok untuk pengambilan gambar di malam hari.

Keempat, gunakan setting exposure di +07 atau +1. Karena makin tinggi settingan exposure makin terang gambar yang akan dihasilkan.

Kelima, aktifkan anti getar untuk selfie atau wolfie agar pengambilan gambar tetap fokus. Akan lebih baik jika action cam yang kamu punya sudah dilengkapi monopod atau tripo.

Oke deh. Sudah dulu ya. Semoga bermanfaat. Dan, selamat jalan-jalan.

Leave a Reply