3 Metode Pengobatan Ala Rasulullah yang Kemanjurannya Sudah Dibuktikan Dokter Muslim Dunia

Dalam Al-Qur’an disebutkan ada dua macam penyakit, yaitu penyakit jasmani dan penyakit hati. Penyakit hati ini sebenarnya bisa disembuhkan dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Sementara untuk menyembuhkan penyakit jasmani bisa dengan mengikuti metode pengobatan Nabi SAW yang dikenal dengan nama Thibbun Nabawi.

Thibbun Nabawi merupakan metode pengobatan Nabi SAW yang dipopulerkan oleh para dokter muslim pada abad 13 M yang sesuai dengan kaidah Islam, sehingga terjaga dari takhayul, kesyirikan, dan khurofat. Nah, berikut ini beberapa metode pengobatan islam yang harus kamu tahu.

1. Habbatus Sauda atau Jinten Hitam.

Jinten Hitam via log.viva.co.id

Jinten Hitam via log.viva.co.id

Habbatus sauda atau jinten hitam berkhasiat mengobati segala macam jenis penyakit. Sejumlah hasil penelitian ilmiah membuktikan bahwa habbatus sauda bermanfaat untuk meningkatkan kadar sel-sel darah putih. Biji habbatus sauda mengandung 15 jenis asam amino, 1,4% minyak atsiri, 40% minyak takasiri, protein, Fe, Ca, Na dan K. kandungan aktifnya dithymouinone (DTQ), thymoquinone (TQ), thymol (THY) dan thymohydroquimone (THQ).

Beberapa cara mengkonsumsi Habbatus Sauda dan manfaatnya:

  • Ditumbuk, dibentuk adonan, campurkan madu dan air panas, lalu minum. Lakukan setiap hari. Manfaatnya, memperlancar ASI, air seni, dan haid. Selain itu, bermnafaat juga untuk menghancurkan batu kandung dan kencing batu ginjal.
  • Dibuat adonan dengan campuran tepung yang sudah dimasak, bermanfaat mengeluarkan cacing.
  • Minum minyaknya sekitar satu sendok teh yang dicampur sedikit air bermanfaat untuk menghilangkan sesak napas.
  • Dimasak dengan air cuka, lalu digunakan untuk berkumur-kumur bermanfaat untuk mengobati sakit gigi.
  • Digunakan sebagai pembalut yang dicampur cuka bermanfaat untuk mengatasi kudis bernanah dan jerawat.

Resep yang dianjurkan dokter dalam mengkonsumsi Habbatus Sauda yaitu dua sendok saja. Sebab, sejumlah kalangan medis memaparkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi Habbatus Sauda bisa menimbulkan kematian.

2. Madu atau Asl.

Madu via keperawatanreligionwendarizki.wordpress.com

Madu via keperawatanreligionwendarizki.wordpress.com

Madu kaya akan antioksidan dan gizi. Madu memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan, hal tersebut disebukan juga dalam Al quran.

“Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

Beberapa manfaat madu menurut sejumlah penelitian,  yaitu:  kaya akan antioksidan, untuk melawan bakteri, mengobati luka bakar, melindungi tubuh dari serangan stress, menyehatkan gigi, mengobati sariawan, menghilangkan ketombe, membunuh kutu, memanjangkan rambut, melembutkan rambut, membantu menyembuhkan penyakit kulit kepala, menurunkan kadar glukosa, mengobati kencing manis, mampu melemahkan bakteri pylori, mengobati tukak lambung, mencegah terjadinya colitis (radang usus besar), melindungi kolon dari berbagai luka yang ditimbulkan oleh asam asetat, membantu pengobatan infeksi lambung, dan mengobati maag.

Selain itu, madu juga bermanfaat untuk membersihkan liver, melembutkan sistem alami tubuh, meredakan pahit atau rasa obat yang tak enak, memperlancar buang air kecil, mengobati batuk berdahak, sebagai bahan pengawet alami buah-buahan.

Madu terbaik adalah madu yang paling manis, paling jernih dan tidak tajam. Madu yang diambil dari kawasan pegunungan dan pepohonan liar dipercaya memiliki manfaat lebih tinggi.

3. Minyak Zaitun.

Minyak Zaitun via manfaatminyakzaitun.com

Minyak Zaitun via manfaatminyakzaitun.com

Bukan hanya Habbatus Sauda dan madu yang memiliki banyak manfaat, minyak zaitun juga. Keutamaan minya zaitun turut disebutkan dalalm sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah.

“Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Manfaat minyak zaitun menurut para medis, yaitu: mengurangi kadar kolesterol jahat tanpa mengurangi kandungan kolesterol baik, mengurangi risiko trombosis, mengurangi penebalan pembuluh darah (ateriosklerosis), mengurangi resiko tekanan darah tinggi, mengurangi serangan kanker, mencegah kanker payudara, menurunkan risiko kanker rahim, mencegah kanker kulit, mencegah kanker kolon, mencegah kanker lambung, dan melindungi tubuh dari resiko tukak lambung.

Selain itu, mengkonsumsi minyak zaitun, buah-buahan dan sayuran, sangat baik untuk melindungi tubuh terutama dari serangan kanker. Sementara lemak yang terkandung dalam minyak zaitun bermanfaat untuk melancarkan ASI.  Tak ada penyakit yang tak bisa disembuhkan kecuali kematian. Rasulullah SAW. bersabda:

“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga kita selalu dilindungi Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala penyakit yang tak ada obatnya. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang memang sedang membutuhkan.

Leave a Reply