12 Tempat Wisata di Sumbawa yang Bisa Jadi Penawar Letihmu

Berbicara tentang keindahan wisata alam di Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Selalu saja ada tempat-tempat cantik nan eksotis yang terus menarik untuk disambangi. Mulai dari jejeran pantai-pantinya cantinya dari ujung Sabang sampai ujung Merauke, kegagahan gunungnya yang menjulang tinggi, keeksotisan deretan air terjunya yang bisa menjadi bius tersendiri, juga pulau-pulau elok yang wajib sekali untuk dijelajahi.

Kali ini, isikulkas.com akan membahas hal-hal menarik dari satu pulau diantara  deretan pulau elok yang ada di Indonesia, yaitu pulau Sumbawa. Selain pesona gunung Tambora, masih banyak hal indah yang ada di Pulau Sumbawa. Yup, di Sumbawa banyak tempat-tempat yang sangat menarik sekali untuk dijelajahi. Apa saja? Yuk simak, gaes.

1. Buat para pecinta alam, kamu bisa camping di Pulau Nisa Pudu. Sekalian menambah pengalaman seru di tempat baru.

Pulau Nisa Pudu via erwansetyawan.wordpress.com

Pulau Nisa Pudu via erwansetyawan.wordpress.com

Pulau yang satu ini terletak di Kec. Kempo, Kab. Dompu. Keindahan bawah lautnya dan pemandangan alam sekitarnya yang memukau membuat pulau Nisa Pudu ini layak untuk kamu acungi jempol.  Bukan hanya keindahan bawah lautnya yang menjadi daya tarik, disini juga terdapat bukit yang bisa kamu jadikan spot untuk camping sambil menikmati pesona sunrise di kala pagi. Tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunsrise.

2. Ingin merasakan sensasi berjalan di tengah laut? Datang saja ke Pulau Lariti.

Pulau Lariti via twitter.com

Pulau Lariti via twitter.com

Pulau ini terletak di Kec. Lambu Sape, Kab. Bima. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang unik dan ajaib. Kok bisa ajaib? Sebab di pulau ini kamu bisa merasakan sensasi berjalan ditengah laut. Jadi, di tengah laut terdapat sebuah jalan berpasir yang bisa dilewati para wisatawan, jalan ini dimanfaatkan untuk menghubungkan dua pulau. Ketika melewati pulau ini memang rasa was-was dan deg-degan, menyergap tanpa ampun, takut kalau-kalau pas kita lagi jalan ditengahnya eh air laut malah datang. Tapi disisi lain juga memeberikan sensasi mengasikan. Pokoknya campur aduk deh perasaannya. Nah, penasaran ingin coba? Datang saja kesini.

3. Yuk sambangi keindahan Pantai Lawar yang memilliki pesona memukau.

Pantai Tawar via @ozone_developments

Pantai Tawar via @ozone_developments

Pantai Lawar ini berada di Pulau Sumbawa ujung barat, tepatnya di Dsa Sekongkang, Kec. Taliwang, Kab. Sumbawa Barat. Pantai ini menyuguhkan pesona pantai yang memukau dengan gradasi warna  elegan hamparan pusir pusir, birunya lautan luas dan hijau pepohonan.  Berada disini memberikan kebahagiaan yang luar biasa.

4. Buat yang suka surfing, bisa datang ke Sumbawa Barat.

Sumbawa Barat via ayokesumbawa.wordpress.com

Sumbawa Barat via ayokesumbawa.wordpress.com

Pantai yang memiliki gradasi warna cantik ini terletak di Dsa. Maluk, Kec. Jereweh, Kab. Sumbawa Barat. Sayangnya, pantai ini mulai berkurang pengunjungnya entah karena apa. Padahal keindahan yang ada di dalamnya bisa menjadi obat buat kamu yang tengan putus cinta. Untuk pemerintah setempat, semoga bisa lebih memberikan kenyamanan pada para pengunjung sehingga para pengunjung bisa merasa nyaman dan betah berlama-lama di pantai ini.

5. Pulau Kenawa, surga kecil di Sumbawa dengan pesona bukit yang berdiri gagah di dalamnya.

Pulau Kenawa via www.pulaumoyo.com

Pulau Kenawa via www.pulaumoyo.com

Pulau yang memiliki luas sekitar 15 h ini merupakan pulau kecil yang berada di pulau Sumbawa bagian barat daya. Pulau tidak berpenghuni ini memilliki pasir putih yang berpadu dengan padang ilalang juga sebuah bukit kecil yang berdiri di tengahnya. Di dalamnya, terdapat juga sejumalah saung kecil untuk bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar. Romantis banget deh pokoknya.

6. Pulau Paserang, padang savana ala Sumbawa yang bisa kamu jamahi sampai puas!

Pulau Paserang via caderabdul.wordpress.com

Pulau Paserang via caderabdul.wordpress.com

Pulau kecil yang terletak di antara Sumbawa dan Pulau Lombok memiliki keidnahan yang akan membuat kamu seperti tengah berada di negeri dongeng nan efic. Berada disini berasam pasangan pasti akan memubuat hubungan kalian makin lengket, bagaimana tidak lengket, tempat ini memang romantis sekali dan dan asik buat ndusel-nduselan. Upsss.. Hehe

7. Bukit Mantar, spot terbaik untuk menikmati harmonisasi epic antara Gunung Rinjani dan Selat Alas.

Bukit Mantar via Google Image

Bukit Mantar via Google Image

Bukit ini berada di Dsa. Mantar, itulah kenapa bukit ini dinamankan bukit Mantar. Disini merupakan tempat terbaik untuk menikmati harmonisasi epic antara Gunung Rinjani dan Selat Alas. Saat senja tiba, pemandangan di atas bukit ini akan jadi lebih memesona dan indah. Disini sering menjadi obyek buat para pencinta potografi. Sayang banget kalau sampai nggak datang kesini.

8. Gili Meriam, pulau kecil yang masih alami nan mendamaikan.

Gili Meriam via ayokesumbawa.wordpress.com

Gili Meriam via ayokesumbawa.wordpress.com

Pulau seluas 3,6 hektar ini merupakan pulau tak berpenghuni. Tempatnya yang sepi membuat kamu yang berada disini seperti tengah berad di pulau pribadi. Tempatnya yang sepi cocok buat kamu yang ingin mengasingkan diri. Buat kamu yang tengah patah hati, tempat ini cocok sekali untuk kamu datangi asal jangan sampai bunuh diri ya. Bunuh diri itu dosa dan sangfat dialrang agama. Damaikanlah hatimu di pulau yang sunyi dan indah ini.  

9. Pulau Keramat dan Pulau Bedil, tempat keren buat kamu yang hobby snorkeling.

Pulau Keramat via iffanhalid.wordpress.com

Pulau Keramat via iffanhalid.wordpress.com

Buat kamu yang suka snorkeling Pulau Keramat dan Pulau Bedil tempatnya. Dua pulau ini memiliki spot snorkeling yang asik dan menyenangkan. Yup, meskipun kedua pulau ini tidak berpenghuni, tapi keindahan Biota laut yang ada di dalamnya mampu banget deh buat manjain matamu. Bisa deh masukin ke list destinasi wisata kamu.

10. Tanjung Menangis tempat romantis untuk pasangan-pasangan yang ingin romantis-romantisan.

Tanjung Menangis via jalan2.com

Tanjung Menangis via jalan2.com

Dinamankan Tanjung Menangis, konon jaman dahulu ada seorang putri dari kerajaan Sumbawa yang selalu menangis di tempat ini karena hubungan dengan kekasihnya tidak direstui oleh ayahnya. Itulah yang menyebabkan tanjung ini dinamakan Tanjung Menangis. Oh iya, tempat ini kerap juga dijadikan lokasi untuk berbulan madu oleh pasangan-pasangan yang baru menikah. Bukan hanya karena menawarakan suasan yang romantis, tapi juga menawarkan suasana yang menenangkan dan pemandangan yang menawan.

11. Danau Satonda, buah karya dari letusan Gunung Tambora.

Danau Satonda via travel.kompas.com

Danau Satonda via travel.kompas.com

Seperti juga Danau Kakaban, Danau Satonda ini juga merupakan buah karya dari hasil letusan Gunung Tambora beberapa ratus tahun lalu. Danau air asin ini menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan untuk berfoto selfie. Hanya saja jangan main-main di area sekitar danau, sebab ditakutkan ada kandungan berbahaya yang ada di dalamnya.

12. Surga bagi para pencinta surfing ya Pantai Lakey.

Pantai Lakey via travel.kompas.com

Pantai Lakey via travel.kompas.com

Pantai Lakey yang terletak di pulau Dompu ini memiliki ombak kidal yang menjadi incaran para pecinta surfing dunia. Ombaknya yang beregrak secara unik membuat sejumlah tempat ini dijadikan salah satu spot terbaik untuk surfing oleh wisatawan dunia yang mencintai kegiatan surfing.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat menarik yang patut kamu sambangi saat berkunjung ke pulau Sumbawa. Buat kamu yang di luar tinggal di luar Jawa dan terbatas  dana, bisalah nabung dulu biar bisa mengunjungi pulau Sumbawa. Atau buat yang lagi mau bulan madu, pulau Sumbawa juga bisa banget jadi pilihan. Selain romantis, tempatnya juga menenangkan. Semoga informasi ini bermafaat. Tetap jaga kebersihan dan selamat liburan.

Leave a Reply