12 Spot di Pacitan yang Asik Banget Buat Merelaksasikan Diri. Yuk Meluncur!

Dilihat dari petan dunia, Pacitan hanya setitik wilayah kecil di selatan pulau Jawa. Tetapi wilayah Pacitan memiliki posisi strategis dalam konstelasi pariwisata Nasional dan global. Kota Pacitan memiliki keindahan yang mampu menghinotis siapapun yang datang; kota-kota yang bersih dan tamna-taman yang menghiasi alun-alun seolah memberi inspirasi yang menyejukan hati.

Banyak orang yang penasaran melihat pariwisata Pacitan lebih dekat. Luas wilayah Pacitan  1389,87 km, wilayahnya terdiri dari daerah bergelombang, perbukitan, dan pegunungan yang merupakan kawasan karst dunia. Selebihnya merupakan dataran rendah yang cocok untuk pertanian dan perkebunan. Nah, kamu penasaran juga keindahan seperti apa saja yang ada di Pacitan? Berikut ulasannya.

1. Pantai Telaga Ria, tempat yang akan membuat hatimu ceria.

Pantai Telaga Ria via jalankemana.com

Pantai Telaga Ria via jalankemana.com

Pantai Telaga Ria adalah pantai yang paling populer dan paling sering dikunjungi para wisatawan. Keindahannya terletak pada teluk Pacitan yang membentang dan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai ini terletak  di Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur. Pesona yang indah membuat siapapun yang berkunjung kesini menjadi enggan untuk pergi. Nah, buat kamu yang ingin suasana akhir pekannya terasa berbeda, coba nih mengunjungi pantai Telaga Ria.

2. Dari pantai Telaga Ria, yuk cus ke Pantai Pancer Dorr.

Pantai Pancer Dorr via indolah.com

Pantai Pancer Dorr via indolah.com

Pantai ini terletak di sisi timur pantai Telaga Ria. Pantai Pancer Dorr adalah salah satu spot terbaik bagi para pecinta surfing. Ombaknya yang panjang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta surfing untuk mencobanya. Nah, jadi selain bisa bermain-main air di tepian pantai, kamu juga bisa njajal surfing nih di pantai ini. dijamin deh gundah kamu langsung pergi dengan mengunjungi pantai ini. bukan Cuma asik buat surfing, pantai ini juga memiliki view yang ciamik abis buat para pecinta fotografi.

3. Pantai Srau, pantai dengan pasir putihnya yang sangat memikat.

Pantai Srau via unrevealerror.wordpress.comi Srau via unrevealerror.wordpress.com

Pantai Srau via unrevealerror.wordpress.comi Srau via unrevealerror.wordpress.com

Pantai ini berada di sebelah barat wilayah Pacitan. Pantai ini merupakan salah satu pantai diantara sekian pantai yang berada di sebelah barat Pacitan atau berada sekitar 25 km dari pusat kota, tepatnya berada di Kecamatan Pringkuku. Pasir putih dan bebatuan karang yang indah disekitarnya mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di pantai Srau juga terdapat area pancing samudra. So, instagramable banget  deh.

4. Pantai Watu Karung, pantai asik buat para pecinta surfing.

Pantai Watu Karung via www.emakmbolang.com

Pantai Watu Karung via www.emakmbolang.com

Untuk sampai ke pantai ini, kamu hanya memakan waktu 15 menit dari pantai Srau. Pantai Watu Karung terletak 30 km dari pusat kota Pacitan. Keindahannya terletak pada pulau-pulau karang dan deburan ombak yang menantang. Sehingga para pecinta surfing kelas dunia kerap menjadikan pantai ini sebagai destinasi utama untuk menaklukan ombak. Bisa kebayangkan kamu mengunjunfi pantai kece ini, kamu bukan cuma bisa mandi, tapi juga bisa melihat aksi-aksi keren dari para surfer kelas dunia.

5. Pantai Klayar, seruling samudera yang bersiul diantara celah-celah bebatuan karang.

Pantai Klayar via www.nativeindonesia.com

Pantai Klayar via www.nativeindonesia.com

Pantai Klayar berada di wilayah kecamatan Donorojo. Terletak 35 km ke arah barat kota Pacitan. Daya tarik utamanya adalah pulau-pulau karang menjulang megah yang menyerupai spinx di Mesir. Dan yang membuat penasaran wisatawan yang datang adalah adanya seruling samudera yang bersiul diantara celah-celah bebatuan karang. Pantai Klayar ini juga menjadi salah satu wisata pantai yang sering diburu para wisatawan lokal maupun mancanegara.

6. Pantai Buyutan dan pantai Banyu Tibo, dua pantai yang aduhai indahnya.

Pantai Buyutan via wisatapriangan.co.id

Pantai Buyutan via wisatapriangan.co.id

Kedua pantai ini terletak di desa Widoro, Kec. Donorojo, Pacitan. Keindahan pantainya terletak pada pasir putih yang membentang bak mutiara. Daya tarik pantai Banyu Tibo terdapat air terjun yang menuju ke laut. Seleps puas mengunjungi pantai Banyu Tibo, kamu bisa bergeser ke sebelah untuk memanjakan diri di pantai Buyutan. puaskan dirimu dengan mandi di pantai ini. hilangkan segala penat dan letihmu dengan mengunjungi tempat ini.

7. Sungai Maron, Amazon-nya Pacitan.

Sungai Maron via fajarayusetyacom.wordpress.com

Sungai Maron via fajarayusetyacom.wordpress.com

Sungai Maron terletak di Dsa. Dersono, Kec. Pringkuku, Pacitan. Sungainya  yang tenang dan panjang menarik perhatian para wisatawan untuk menyusurinya. Di pinggir sungai Maron tumbuh beberapa pohon kelapa dan tanaman tropis yang memberikan keindahan tersendiri bagi para wisatawan. Beberapa wisatawan asing menjukinya sebagai Amazo-nya Pacitan.

8. Jangan lupa mampir juga nih ke Pelabuhan Tamperan.

Pelabuhan Tamperan via log.viva.co.id

Pelabuhan Tamperan via log.viva.co.id

Pelabuhan ini berada di sisi barat pantai Telaga Ria. Jadi selepas bermain air di Pantai Telaga Ria, kamu bisa mempir sejenak di Pelabuhan Tamperan ini. Pelabuhan ini merupakan pusat aktivitas nelayan sebagai tempat pendaratan ikan dan kapal. Dari pelabuhan Tamperan, kita juga bisa melihat view keindahan Teluk pacitan dari atas. Waktu terbaik beerada di tempat ini adalah sore hari.

9. Luaskan wawasanmu dengan mengunjungi museum Geopark.

Geopark via pacitankabmuseumjatim.wordpress.com

Geopark via pacitankabmuseumjatim.wordpress.com

Selanjutnya adalah museum Geopark, Pacitan. Pacitan memang kaya akan karst dan geopark. Dengan koleksi dan informasi yang lengkap di museum geopark, kita akan dapat pengetahuan dan banyak hal tentang geopark. Meusem yang satu ini bisa disebut juga museum edukasi.

10. Mendangarkan bebunyian merdu di Goa Gong dan Goa Tabuhan.

Goa Gong via www.initempatwisata.com

Goa Gong via www.initempatwisata.com

Goa Gong terletak di Dsa. Gomo, Kec. Punung, Pacitan. Goa Gong sangat fenomenal dan banyak dikunjungi para wisatawan karena stalaktit dan stalakmitnya didominasikan terindah di Asia ternggara. Selain goa Gong yang fenomena, ada juga goa Tabuhan. Goa Tabuhan mempunyai daya tarik tersendiri. Dinamika goa Tabuhan karena stalaktit dan stalakmignya yang dapat ditabuh berbunyi layaknya irama gamelan.

11. Relaksasikan badanmu di Pemandian air hangat Tirtohusodo.

Pemandian air hangat Tirtohusodo via www.habbadzaonline.com

Pemandian air hangat Tirtohusodo via www.habbadzaonline.com

Pemandian air hangat Tirtohusodo terdiri dari bebrapa kolam dengan kehangatan yang berbeda-beda. Yang menjadi daya tarik adalah kehangatan airnya yang mengandung belerang yang menyimpan berbagai khasiat maupun manfaat utamanya bagi kesehatan.

12. Kediaman Bapak Susilo Bambang Yudhoyono semasa remaja.

Kediaman Bapak Susilo Bambang Yudhoyono via travel.detik.com

Kediaman Bapak Susilo Bambang Yudhoyono via travel.detik.com

Buat kamu yang ingin lebih mengakrabi mantan Presiden Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, tempat ini bisa menjadi pilihan. Di tempat ini, bapak SBY mengahabiskan masa remajanya. Dan di tempat ini juga beliau menuntut ilmu dan mempunyai mimpi besar untuk mmenjadi pemimpin besar. Di dalamnya terdapat foto-foto bapak SBY ketika menjabat sebagai prisiden Indoonesia. Di ruangan paling dalam, tampak suasana rumah yang belum banyak mengalami perubahan dari dulu hingga sekarang.

Demikianlah informasi mengenai tempat wisata yang ada di Pacitan. Indah-indah bukan? Semoga bermanfaat. Dan selamat jalan-jalan.

Leave a Reply