10 Manfaat Ampas Kopi yang Berguna Banget Untuk Hidupmu

Kadang kita sering membuang sesuatu yang dirasa tidak bermanfaat. Contohnya, ampas kopi. Selepas menikmati nikmatnya kopi, ampas biasanya langsung dibuang begitu saja. Lagi pula untuk apa juga disimpan? Nah, ini yang belum banyak orang tahu. Ternyata ampas kopi punya segudang manfaat yang sungguh tak terduga, mulai dari perawatan kecantikan sampai dengan mengusir binatang.

Setelah kamu membaca artikel ini, dijamin deh ampas kopi nggak akan terbuang sia-sia

1. Ampas Kopi Ampuh Mengusir Berbagai Binatang Kecil yang Menggangu.

Semut via www.feed.id

Semut via www.feed.id

Meja kamu sering dijadikan tempat transit para semut? Atau, tembok kamu sering dijadikan sarana lalulintas siput dan lintah? Untuk mengusir mereka, kamu bisa memanfaatkan ampas kopi. Caranya mudah, cukup dengan menaburkan ampas kopi di area yang kira-kira sering dilalui oleh binatang-binatang tersebut. Dijamin, mereka pasti kapok dan takut untuk kembali.

2. Ampas Kopi Membantu Menyuburkan Tanah Dengan Media Cacing Tanah.

Ampas Kopi Suburkan Tanah via www.kompasiana.com

Ampas Kopi Suburkan Tanah via www.kompasiana.com

Tahukah kamu, ternyata ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah dengan media cacing tanah? Ya, ampas kopi sangat disukai cacing. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk menyuburkan kebun atau tanaman. Caranya mudah, taburkan saja ampas kopi di permukaan tanah. Tak berapa lama, cacing-cacing akan datang dan berdiam di situ. Cara ini terbilang ampuh untuk menggemburan tanah.

3. Paduan Kulit Jeruk dan Ampas Kopi Ampuh Untuk Mengusir Kucing yang Sering Berkeliaran Seenaknya.

Kucing Nakal via google image

Kucing Nakal via google image

Kucing memang binatang yang lucu nan menggemaskan, namun kucing juga seringkali menjengkelkan. Seperti mencuri makanan, pipis sembarangan, bulu-bulu berserakan dan membuat keadaan rumah jadi berantakan. Nah, bagi kamu yang merasa terganggu dengan hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan ampas kopi. Caranya gampang, kok. Taburkan ampas kopi yang sudah dicampur kulit jeruk di area yang sering dilalui kucing. Dijamin kucing tidak akan lagi berkeliaran seenaknya.

4. Kolabirasikan Ampas Kopi dengan Double Tape Untuk Membasmi Kecoa.

Kecoa via www.memobee.com

Kecoa via www.memobee.com

Buat kamu yang benci benget sama kecoa, kamu bisa memanfaatkan ampas kopi untuk membasminya. Karena kecoa suka dengan kopi, kamu bisa membuat jebakan dengan menaruh ampas kopi sebagai umpan. Setelah itu letakkan di lantai atau di area yang biasanya dilalui kecoa. Aroma ampas kopi yang menyengat dijamin bakal menarik kecoa-kecoa untuk datang. Nah, di sekeliling ampas kopi tersebut, kamu pasang double tape yang memiliki daya rekat tinggi. Sebelum mereka menyentuh ampas kopi, mereka pasti akan terlebih dahulu melewati double tape. Kecoa pun terjebak, selanjutya terserah kamu mau dengan cara apa mengeksekusinya.

5. Ampas Kopi Ampuh Menghilangkan Bau Bawang dan Bau Amis yang Menempel di Tangan.

Cuci Tangan via aekanecoffee.com

Cuci Tangan via aekanecoffee.com

Bau bawang atau bau amis ikan yang menempel di tangan seringkali membuat kita tidak percaya diri dan mengganggu. Bahkan, kadang mencuci dengan sabun saja tak cukup menghilangkan bau-bau tersebut. Tapi tenang, tidak perlu khawatir lagi, kamu bisa menghilangkan bebauan tersebut cukup dengan mencuci tangan dengan sabun yang sudah dicampur ampas kopi. Mudah ya?

6. Ampas Kopi Mampu Menghilangkan Aroma Tak Sedap dalam Kulkas.

Ampas Kopi di Kuklas via tips.blogsaya.com

Ampas Kopi di Kuklas via tips.blogsaya.com

Kopi memliliki sifat menyerap bau. Sifatnya yang mampu mem-filter udara ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan aroma tak sedap dalam kulkas. Cukup menaruh ampas kopi dalam kulkas. Beberapa menit kemudian, kamu tidak akan lagi mencium bau-bau aneh dalam kulkas.

7. Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Sebagai Alat Pewarna Alami.

Ampas Kopi untuk Pewarna via trendingtopikpost.blogspot.com

Ampas Kopi untuk Pewarna via trendingtopikpost.blogspot.com

Jika kamu memiliki barang-barang yang warnanya sudah luntur dan lecet, kamu bisa memanfaatkan ampas kopi untuk menutupinya. Caranya mudah, sama seperti cara-cara di atas, cukup dengan mengoleskannya ke permukaan barang-barang yang warnanya sudah luntur atau lecet. Sederhana sekali, bukan? Selain itu, kopi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut hitam berkilau. Kamu bisa memakainya secera langsung atau bisa juga mencampurnya dengan shampoo saat keramas.

8. Selain Bisa Bikin Mata Melek, Ampas Kopi Juga Bisa Menghilangkan Kantung Mata yang Ganggu Banget.

Masker mata via rhizomagoldensea.com

Masker mata via rhizomagoldensea.com

Kita biasanya mengkonsumsi kopi agar mata kita tidak cepat mengantuk. Nah, jika kopi yang kamu minum sudah tandas, ampasnya jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkan ampasnya itu untuk membantu menghilangkan kantung mata karena begadang. Caranya mudah, kok. Aplikasikan kopi sebagai masker lalu tempelkan di daerah kantung mata.

9. Ampas Kopi Bisa Mengempiskan Pipi yang Terlalu Chubby.

Masker wajah via creamspecialbaru.blogspot.com

Masker wajah via creamspecialbaru.blogspot.com

Selain bisa menghilangkan kantung mata, ampas kopi juga mampu mengempiskan pipi yang terlalu chubby. Nah, buat kamu yang nggak suka dengan bentuk pipi terlalu chubby, cobalah gunakan ampas kopi. Caranya gampang banget. Aplikasikan ampas kopi sebagai masker, selanjutnya oleskan ke pipi atau ke seluruh permukaan wajah.

10. Udah Tahu Kalau Paduan Minyak Kelapa dengan Ampas Kopi Bisa Menghaluskan Kulit?

Kulit Halus via nisrina.co.id

Kulit Halus via nisrina.co.id

Ampas kopi bisa kamu manfaatkan sebagai lulur. Resepnya; siapakan ampas kopi, tambahkan garam dan gula secukupnya, tambahkan juga minyak kelapa. Campur semua resep tersebut, aduk-aduk hingga rata, lalu oleskan ke seluruh tubuh saat mandi. Dijamin kulit tubuh semakin bersih dan lembut.

Banyak kan manfaat ampas kopi? Nah, jadi mulai sekarang kalau kamu mengkonsumsi kopi ampasnya jangan langsung dibuang ya…

Leave a Reply